Inilah Tanda-tanda Anda Sudah Siap Memulai Usaha

0
1283

BERDESA.COM – Memulai bisnis sebaiknya penuh rencana matang sehingga resiko gagalnya menjadi kecil. Masalahnya, apa dan situasi seperti apa yang menandakan Anda memang sudah menemukan peluang untuk memulai bisnis. Berikut ini beberapa tanda yang berarti Anda sudah siap menjadi pelaku usaha alias entrepreneur:

  1. Anda terus memikirkan mengenai bisnis dan bisnis

Seringkali jika kita menginginkan sesuatu maka pikiran kita tidak pernah bisa lepas dari esuatu yang kita inginkan. Tak peduli apapun situasinya, pikirna itu tetap saja datang dan datang lagi. Demikian pula dalam proses memulai usaha. Biasanya seorang yang siap menyambut peluang usaha adalah ketika orang itu tidak bisa berhenti berpikir mengenai bisnis yang ingin digelutinya. Ini adalah salahsatu pertanda Anda sudah mulai siap menjadi pelaku usaha.

  1. Apa ‘passion’ tertinggi Anda

Coba melihat diri kita sendiri, adakah kita memiliki hasrat yang begitu menggebu terhadap sesuatu hal. Misalnya, Anda seorang yang sangat menyenangi olah raga alam seperti naik gunung, camping, panjat tebing dan berbagai aktivitas yang menyangkut tantangan dan kegiatan di alam terbuka. Maka bakal lebih mudah bagi Anda memulai bisnis yang berhubungan dengan hal itu mulai dari membuka toko perlengkapan olah raga out door misalnya. Soalnya, olah raga ini butuh banyak peralatan unik yang juga berfungsi sebagai aksesori fesyen anak muda. Atau memulai bisnis dengan menyabet peluang usaha membuka layanan traveling alam, mengelola fasilitas outbound dan sebagainya.

  1. Anda tidak suka terikat
Baca Juga  Peluang Usaha Dagang di Desa Yang Sangat Menjanjikan

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak suka diperintah, tidak suka terikat dalam satu tata aturan organisasi yang Anda tidak bisa mengendalikannya. Itu sama sekali bukan berarti Anda orang yang tak bisa diatur atau anti sosial. Melainkan karena Anda sebenarnya seorang yang mampu mengelola atau mengorganisir orang lain dan Anda bahkan memiliki kemampuan menjawab kebutuhan orang. Ini adalah bakat kuat sebagai calon pengusaha hebat.

  1. Apakah Anda seorang yang pintar memotivasi diri

Seorang yang pintar memotivasi diri adalah orang yang mampu membangun pola hidup yang baik tanpa perlu kehadiran orang lain. Misalnya, Anda terbiasa bangun pagi dan merencanakan berbaga rencana kegiatan dengan jadwal yang rapi berikut target dan deadline-nya. Mungkin Anda juga memiliki kemampuan mendorong orang lain untuk mencapai sesuatu yang lebih baik dalam hal pekerjaan dan sebagainya. Kemampuan mengkonsolidasi diri dan memotivasi orang seperti itu menunjukkan bahwa Anda memiliki peluang besar membangun usaha yang sukses.

  1. Pintar Mengorganisir

Apakah Anda seorang yang pintar menjalankan sebuah proses kerja dengan cara yang efektif. Orang yang mampu menangani sebuah pekerjaan komplek dengan cara yang efektif adalah orang yang sangat berbakat mengelola sebuah manajemen. Peluang usaha orang-orang seperti ini sangat luas karena dirinya memiliki potensi untuk menyulap sebuah usaha menjadi besar melalui kemampuannya mengorganisir berbagai aspek dalam sebuah usaha.

  1. Anda suka membantu orang lain?
Baca Juga  Peluang Usaha Makanan di Desa Nan Menggiurkan

Suka membantu orang lain menandakan Anda memiliki energi yang besar karena memiliki kemampuan melayani yang baik. Membantu orang lain juga menandakan Anda memiliki kemampuan untuk mengatasi segala persoalan diri sendiri, itu adalah tanda Anda sudah tiba pada waktunya memulai usaha dan menyabet peluang usaha yang telah Anda pikirkan berhari-hari atau berbulan-bulan lamanya.

Kesiapan mentalitas seperti ini sangat penting bagi orang yang menerjuni usaha dan memiliki pengaruh yang sangat utama yang akan mempengaruhi keberhasilan seseorang ketika memulai usahanya. Jika Anda memiliki beberapa tanda itu, tunggu apalagi? (aryadji/berdesa)

Foto: www.liputan6.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here