Inilah Peluang Usaha di Desa dengan Keuntungan yang Menjanjikan dan Modal Relatif Kecil     

0
2131

Berbagai peluang usaha bisa datang dimana saja, jangan berfikiran hanya di kota saja peluang usaha tersedia. Di desa pun juga banyak tersedia peluang usaha. Apalagi di desa masih tersedia lahan yang luas. Inilah beberapa peluang usaha yang dapat Anda tiru, antara lain sebagai berikut :

1. Peluang usaha di bidang pertanian

Di desa masih tersedia banyak sawah. Lahan persawahan tersebut dapat menjadi sebuah peluang usaha untuk anda. Apabila anda memiliki modal yang cukup banyak, anda dapat membeli sawah tersebut. Namun apabila modal anda hanya beberapa saja, anda dapat menggunakan peluang sistem sewa sawah. Yaitu caranya berdiskusi dengan pemilik sawah. Apabila pemilik sawah masih memiliki sisa lahan dan tidak bisa mengelolanya, anda dapat bergabung di dalamnya. Dengan sistem bagi hasil. Anda yang mengelola dan menghasilkan panen, ketika sudah panen, tinggal dibagi mau bagaimana bagiannya sesuai hasil kesepakatan.

2. Peluang usaha di perkebunan

Jika di desa terdapat banyak perkebunan, anda dapat berkebun dengan menanam segala macam sayuran, seperti jagung, singkong, teh, kelapa, tebu dan lain sebagainya. Setelah panen anda dapat menjualnya di kota. Hasil keuntungannya akan lebih banyak.

Baca Juga  Bisnis Kekinian di Desa? Bisa

3. Peluang usaha perternakan

Bukan hanya kebutuhan nabati saja, kebutuhan seperti ikan, atau ayam juga dibutuhkan. Apalagi di desa tersedia lahan yang cukup besar. Sehingga untuk budidaya ikan maupun unggas dapat dilakukan. Selain unggas, kambing dan sapi juga dapat dibudidayakan. Setelah hasil, dagingnya atau ayam, telur dan hasil lainnya dapat dijual ke kota.

4. Peluang usaha budidaya rumput laut

Jika desa anda dekat dengan laut, anda dapat membudidayakan hasil laut, salah satunya rumput laut. Selain untuk dikonsumsi, rumput laut juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan lain sebagainya. Ketika telah panen, pemasaran paling pas adalah dijual ke kota.

5. Peluang usaha membuat kerajinan tangan

Biasanya di desa masih kental dengan adat istiadatnya. Serta memiliki kerajinan tangan yang menjadi ciri khasnya. Kerajinan tangan biasanya akan menjadi oleh-oleh khas desa, apabila desa tersebut memang sebuah destinasi wisata. Dan bisa juga kerajinan tangan tersebut, dikirim ke kota untuk dijual. Misalnya tinggal di dekat pantai kerajinannya berupa rumah kerang dapat dijual ke perkotaan. Sehingga desa menjadi terkenal dan dapat meraup keuntungan yang lumayan. Contoh lainnya adalah desa yang memproduksi kain tenun, selain tetap menjaga kelestarian budaya desa, juga dapat menambah pendapatan desa.

Baca Juga  Empuknya Peluang Usaha Penginapan di Desa Wisata

6. Peluang usaha menjadi pengepul

Pengepul merupakan orang yang membeli berbagai hasil pertanian, perkebunan, peternakan dan lain sebagainya untuk dijual kembali ke kota. Pengepul juga dapat diartikan sebagai perantara antara petani menuju ke konsumen.

7. Peluang usaha menjual makanan dan minuman khas desa

Setiap desa atau daerah memiliki kuliner yang khas, berbeda satu sama lain. Maka dari itu hal ini dapat dimanfaatkan sebagai penambah pendapatan anda. Dengan cara menjual berbagai makanan dan minuman khas daerah atau desa anda ke kota. Apabila desa anda merupakan destinasi wisata, anda dapat mengenalkan makanan dan minuman khas tersebut kepada para wisatawan.

8. Peluang usaha berternak jangkrik

Berternak jangkrik di desa sangatlah menguntungkan, selain kebutuhan jangkrik yang cukup banyak di desa, cara budidaya juga terbilang mudah, dan modal yang dibutuhkan relatif sangat kecil. Modal yang kecil dikarenakan pakan jangkrik yang memang sudah tersedia di desa, seperti daun singkong dan daun yang lainnya.

Modal awal untuk berternak jangkrik adalah sekitar 500 ribu rupiah saja. Uang tersebut digunakan untuk membeli bibit jangkrik terbaik. Hasil panen dari jangkrik per satu kilogramnya dapat memberikan untung sekitar 2 juta rupiah hingga 5 juta rupiah.

Baca Juga  Peluang Usaha Jasa Menguntungkan Yang Layak Anda Lirik

Demikianlah beberapa peluang usaha di desa yang dapat dilakukan agar dapat mengembangkan desa, membuka lapangan kerja baru dan menambah penghasilan anda.

Jangan menyerah ketika masih berjuang menaikkan usaha, memang berat, tetapi lebih berat ketika anda tidak ada actionnya. Apalagi jika anda memang berbakat. Sayang apabila disia-siakan. Tetap berjuang, jangan putus asa, tidak ada yang mustahil ketika anda berdoa dan berjuang. Semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here