Ini Dia Peluang Usaha Waralaba Pengeruk Laba, Anda Wajib Tahu

0
4235
Peluang usaha waralaba

Peluang usaha waralaba adalah pilihan bisnis yang saat ini sedang sangat cerah prospeknya. Waralaba berarti badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usahanya.

Jika Anda pingin menjadi pewaralaa alias pihak yang mengembangkan merek dagang untuk bisa dikembangkan orang lain dengan sistem perjanjian dan pembiayaan tertentu, maka Anda harus lebih dahulu membuktikan bahwa unit usaha yang Anda kelola berhasil.

Misalnya, Anda terbukti berhasil mengembangkan kios Susu Cokelat nan Sehat yang Anda buka di berbagai tempat, sukses meraup untung. Maka, bisa saja Anda mulai menawarkan merek Susu Cekelat nan Sehat sebagai waralaba yang bisa dikembangkan orang lain.

Bagi seoran yang ingin mengembangkan usaha sebagai pengguna waralaba maka ini adalah sebuah cara berbisnis yang memang menggiurkan. Soalnya, peluang usaha waralaba menjanjikan sederet kemudahan bagi siapapun yang ingin menjalankannya.

Maraknya bisnis waralaba disebabkan beberapa keuntungan yang memudahkan bagi setiap orang mendapatkan hasil yang cepat dari usaha yang dilakukannya. Berikut ini beberapa keuntungan denan sistem bisnis waralaba yang membuat banyak orang jatuh cinta pada model bisnis ini.

1. Sistem ini memungkinkan usaha tumbuh dengan cepat karena kita membuka usaha yang sudah terbukti berjalan di tempat lain. Kecermatan Anda melihat dan membentuk jaringan konsumen pada area yang Anda bidik adalah kunci utamanya.

Waralaba juga sangat memungkinkan Anda mengembangkan perluasan jaringan usaha dengan cepat yakni dengan membuka unit usaha baru di tempat yang lain. Cara ini jauh lebih efisien dibanding membangun usaha secara organik atau cara biasa.

2. Bagi pemilik frachise atau merek waralaba, usaha ini sama saja dengan memperbesar usaha dengan menggunakan modal orang lain, manajemen yang melibatkan orang lain untuk semakin memperbesar brading dan kapasitas bisnis milik sendiri. Kok bisa?

Karena ketika mrek usaha Anda di buka oleh orang lain dengan lebih dahulu menyetor franchise (harga beli merek dan beberapa standar manajemen yang Anda tetapkan), itu sama saja memperbesar nama usaha Anda sendiri.

Baca Juga  Contoh Usaha Kecil Kecilan Yang Bisa Mendulang Rupiah Di Desa

3. Semakin banyak usaha yang Anda dirikan dengan model waralaba, semakin kuat dan mudah bagi unit si unit usaha baru untuk segera masuk dan menguasai pasar. Soalnya, brand-nya sudah hinggap di benak banyak orang.

4. Membuka usaha secara waralaba memperkecil resiko karena Anda berbagai sistem manajemen dengan pihak lain sehingga dukungan pengembangan usaha ini juga disupport orang lain.

Itulah mengapa banyak orang suka menuliskan toko atau rummah makannya sebagai ‘Cabang dari..’. Soalnya kata ‘cabang’ menunjukkan rumah makan itu sudah berdiri, besar dan disukai orang.

5. Bagi pemilik franchise atau waralaba, selain melahirkan jaringan usaha baru, waralaba sangat jtu menghasilkan duit dari pelatihan, royalty dan berbagai pendapatan pasif lainnya.

6. Membuka bisnis melalui cara waralaba membuat Anda tidak perlu pusing membuat SOP bagi usaha itu karena semua urusan SOP sudah ditangani perusahaan yang menawarkan franchise. Keunggulan ini menciptakan efisiensi yang sangat besar bagi Anda.

Terkesan tidak terlalu penting, SOP sesungguhnya justru kunci besar mengenai bagaimana sebuah unit usaha akan berjalan sesuai rel dan target yang ditetapkan.

Tak mudah membuat Sistem Operasional yang sangt detail itu. Dengan sistem membeli franchise, Anda tk perlu lagi puyeng dengan urusan SOP ini.

7. Menjalankan usaha waralaba berarti Anda juga tak perlu membayar konsultan jika hasil penjualan Anda oleng atau tak sesuai target. Soalnya, pihak pewaralaba sudah menyiapkan tim khusus untuk menangani masalah manajerial seperti itu.

Ini adalah fasililtas yang sangat penting karena jika Anda membayar konsultan maka bakl memakan biaya yang tidak sedikit.

8. Membangun usaha dengan cara waralaba berarti Anda tidak perlu belajar bisnis sejak awal karena sebagia besar urusan bisnis sudah dijalankan perusahaan franchise-nya) misalnya masalah promosi, bahan baku, resep khusus dan berbagai teknik pengembangan usaha.

Baca Juga  Produk Kerajinan Boneka Kaus Kaki Lia-Nurhadi

9. Peluang usaha ini juga memungkinkan Anda mendapatkan pendanaan dari Perbankan karena kekuatan merek atau branding yang sudah terbangun dari merek dagang si pengembang franchise (pewaralaba). Ini sangat memudahkan Anda mengembangkan jaringan usaha.

Itulah sederet keuntungan mengembangka bisnis dengan model waralaba. Sistem ini membuat semua orang menjadi memiliki kesempatan yang lebih mudah untuk berwirausaha. Soalnya, sederet kemudahan membangun usaha memang ditawarkan sistem ini.

Namun peuang usaha waraaba juga mengandung kelemahan bagi Anda sebagai orang yang menggunakan waralaba. Beberapa sisi lemahnya seperti berikut ini:

1. Anda tidak memiliki kesempatan leluasa untuk mengembangkan usaha misalnya menciptakan berbagai varian baru apalagi merek baru. Soalnya Anda sudah teken kontrak untuk hanya menggunakan merek yang hak waralabanya Anda beli.

JIka Anda ingin mengembangkan bisnis serupa versi Anda sendiri maka Anda harus menciptakan nama sendiri, brand sendiri dan sistem sendiri. Tetapi pengalaman Anda menjalankan usaha sistem waralaba pasti akan banyak membantu Anda untuk mewujudkan itu.

2. Sebesar apapun usaha yang Anda jalankan dengan cara franchise atau waralaba ini, Anda hanya akan mendapatkan bagian yang sudah sangat terukur. Anda tidak bisa menciptakan lompatan besar karena semuanya sudah diatur manajemen pusat.

Jika mau embuat lompatan besar misalnya, melipat-gandakan kapasitas usaha (scale up) maka yang bisa Anda lakukan adalah membuka unit cabang yang baru sebanyak-banyaknya. Tetapi cara ini malah membuat si pewaralaba tambah untung.

Cara lainnya adalah Anda mempelajari dengan baik setiap detail dari usaha waralaba yang Anda kelola lalu menciptakan duplikasi-nya dalam bentuk yang tentu harus berbeda. Produk Anda haruslah memiliki berbagai keunggulan dari apa yang sudah ada.

Lalu gunakanlah pengalaman pengembangan waralaba yang telah Anda miliki untuk mengembangkan usaha Anda sendiri ini. Dengan cara ini Anda sudah memiliki modal penting misalnya SOP aias sistem kerja, selera konsumen dan sebagainya.

Baca Juga  Manisnya Peluang Budidaya Jambu Air Manis Madu, Begini Cara Mendapatkan Peluangnya

Manfaatkan pengalaman dan informasi itu sebagai salahsatu acuan untuk usaha baru Anda. Dengan cara ini Anda bahkan sangat berpeluang membangun merek dagang yang kemudian Anda franchise-kan sendiri.

Jangan nkawatir, dalam bisnis sistem ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) adalah hal yang lumrah asal tidak melanggar hak cipta yang sudah ditetapkan secara hukum oleh merek yang sudah ada. Selebihnya, biarlah konsumen yang memilihnya.

3. Dalam sistem ini, posisi Anda hanyalah salahsatu dari sekian banyak orang yang menjalankan waralaba itu. Kapasitas keuntungan Anda juga sangat ditentukan kapasitas modal yang anda setorkan pada saat awal membuka usaha ini. Apa pasal?

Soalnya, Anda tidak mungkin mendapatkan keuntungan besar dari penjualan produk jika jumlah produk yang disediakan hanya berkisar pada jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya. Kecuali Anda membuka lagi unit baru dengan membayar sejumlah royati pada Pewaralaba. Jadi keuntungan terbesar tetap pada perusahaan utama pewaralaba.

4. Meski Anda mendapatkan keuntungan, tetapi sesungguhnya masih ada banyak keuntungan lain yang dikantungi pewaralaba seperti fungsi supplier, pemegang resep dan sebagainya. Umumnya ini pada waralaba jenis makanan.

Ada banyak sekali merek waralaba yang bisa Anda temukan di berbagai tempat terutama pusat keramaian. Dari makanan tradisional hingga makanan khas negeri orang misalya kebab ukri, Hamburger dan menu lainnya.

Nah, saahsatu kunci dari keberhasilan merek-merek itu adalah karena jaringan waralaba mampu menyuguhkan cita rasa yang sama di seluruh outlet-nya. Ini dikarenakan bumbu dan materi utama makanan itu memang di ciptakan di tempat yang sama yakni perusahaan pusatnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan peluang usaha waralaba. Anda tinggal menyesuaikan dengan peluang pasar dengan cara melakukan analisa, momen dan modal. Setelah itu segeralah memulai. Soalnya, salahsatu hal yang paling sulit bagi calo wirausahawan sukses adalah: memutuskan untuk memulai. Apakah Anda termasuk di dalamnya? (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here