Ini Dia Ide Lomba Menyambut Kemeriahan Kemerdekaan RI Di Desa

0
300
Ini Dia Ide Lomba Menyambut Kemeriahan Kemerdekaan RI Di Desa

Bulan Agustus selalu menjadi bulan yang ramai bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, di bulan ke delapan tersebut dirayakan hari ulang tahun Kemerdekaan RI yang dirayakan setiap tanggal 17. Berbagai elemen masyarakat mulai dari kantor pemerintahan, sekolah, dan instasi lainnya pun tidak absen dalam merayakan peringatan Hari Kemerdekaan RI ini dengan berbagai kegiatan.

Oleh karena itu, di desa-desa meskipun jauh dari pusat keramaian jangan sampai kalah dengan kreatifitas warga kota dalam kegiatan tahunan ini. Hanya saja, untuk meningkatkan partisipasi warga dalam merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, panitia perlu memikirkan ide baru.

Berikut ini ada beberapa ide lomba menyambut Kemerdekaan RI yang bisa ditiru di wilayah anda untuk dipertandingkan antar dusun atau antar RT.

Lomba Baca Puisi Kemerdekaan

Salah satu ide lomba menyambut Kemerdekaan RI yang bisa Anda sarankan pada panitia lomba yang pertama adalah lomba baca puisi kemerdekaan. Kapan anda terakhir kali membaca puisi atau mendengar orang membaca puisi?

Sudah lama bukan? oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukkan salah satu kegiatan yang memiliki unsur seni dalam perayaan Kemerdekaan RI meskipun hanya di desa namun tetap dapat menginspirasi bagi sesama warga.

Baca Juga  Inilah 157 Unicorn Desa alias Desa Berpenghasilan di Atas Rp. 1 M Per Tahun

Selain karena mengandung unsur seni didalamnya, lomba membaca puisi tersebut juga bisa dijadikan ajang untuk memupuk nasionalisme atau rasa kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

Juga, selain sebagai ajang pemupuk nasionalisme, lomba membaca puisi ini bisa juga dikombinasikan dengan lomba menulis puisi kemerdekaan yang bisa bermanfaat sebagai media penyalur aspirasi rakyat secara sehat melalui ide lomba menyambut Kemerdekaan RI ini.

Senam Sehat Bersama

Selanjutnya, selain membaca atau menulis puisi kemerdekaan, ide lomba menyambut Kemerdekaan RI yang bisa anda sarankan untuk diadakan adalah senam sehat bersama yang juga bisa dilombakan agar partisipasi warga dapat semakin meningkat.

Alasannya adalah selain untuk memberikan kebugaran jasmani bersama dengan warga desa, ini juga bisa digunakan sebagai ajang untuk berkumpul dengan seluruh warga dalam sebuah lokasi yang luas bersama.

Tak hanya itu saja, ide lomba menyambut Kemerdekaan RI ini juga seirama dengan turut menyemarakkan event internasional yakni Asian Games yang diadakan di Jakarta dan Lampung tahun ini.

Baca Juga  Pemerintah dan Rumah Zakat Bentuk 5323 Desa Berdaya

Sebelumnya, senam poco-poco dengan jumlah penari terbanyak pun telah dilaksanakan di Jakarta dan di berbagai tempat di Indonesia yang mana kemudian memecahkan rekor MURI untuk jumlah penari poco-poco terbanyak.

Lomba Masak dan Hias Tumpeng

Tidak nikmat rasanya apabila kumpul-kumpul bersama dengan warga namun tidak ada yang bisa dihidangkan dan juga dinikmati. Nah, untuk menghemat dana kegiatan lomba ini ada sebuah ide lomba menyambut Kemerdekaan RI yakni dengan mengadakan lomba masak dan hias tumpeng.

Idenya agar tumpeng dihias sesuai dengan semangat kemerdekaan dan juga mungkin menyertakan hasil bumi yang ada. Selain itu, setelah tumpeng dimasak, dihias dan juga dinilai oleh juri, tumpeng bisa dinikmati oleh warga yang datang.

Ukuran tumpeng dapat disesuaikan dengan jumlah asal peserta lomba, misal antar RT atau antar dusun. Jikalau masih kurang, tumpeng bisa dibuat dalam beberapa jumlah yang mana salah satunya dikumpulkan untuk lomba dan dinilai oleh juri.

Itulah beberapa ide lomba menyambut Kemerdekaan RI yang bisa direkomendasikan atau disarankan kepada panitia lomba perayaan Kemerdekaan RI. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi untuk pembaca.

Baca Juga  Kenapa Dana Desa Belum Maksimal Mengentaskan Kemiskinan, Ini Sebagian Jawabannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here