Informasi Lengkap Seputar Ekonomi Masyarakat Desa

0
1140
Informasi Lengkap Seputar Ekonomi Masyarakat Desa

Memajukan perekonomian di desa adalah tugas yang sangat penting. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia adalah masyarakat pedesaan. Dalam memutar roda perekonomian, jelas ada perbedaan yang jauh antara masyarakat desa dengan masyarakat kota. Ekonomi masyarakat desa ditopang oleh beberapa sektor pendapatan. Semua sektor inilah yang harus ditingkatkan agar ekonomi masyarakat desa bisa maju dan berkembang.

Sektor Yang Menopang Ekonomi Masyarakat Desa

Pada umumnya, ada 5 sektor yang menopang ekonomi masyarakat di desa. Jika kelima sektor ini mengalami kendala, maka akan membuat penurunan pendapatan ekonomi. Berikut ini kelima sektor tersebut dan penjelasannya:

  1. Sektor Pertanian

Sektor pertanian adalah bidang utama yang menjadi mata pencarian penduduk desa. Desa memberikan peranan yang sangat vital sebagai pertahanan pangan suatu negara. Kemajuan ekonomi dalam sektor pertanian akan menghindarkan negara dari kondisi impor. Komoditi di pertanian ini beragam mulai dari padi, sayuran, sawit dan karet.

  1. Sektor Peternakan

Selain bergantung pada sektor pertanian, ekonomi masyarakat desa juga bergantung pada sektor peternakan. Ada banyak peternakan yang ada di desa-desa. Semua peternakan ini biasanya masih bersifat konvensional. Beberapa binatang diternak di desa seperti kambing, sapi, ayam, bebek dan beberapa jenis ikan tertentu.

  1. Sektor Industri Kreatif
Baca Juga  Informasi Mengenai Desain Pertanian Subak Yang Menguntungkan Petani

Industri kreatif nyatanya juga menjadi pendapatan ekonomi masyarakat di desa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya usaha dalam bidang kreatif di Indonesia. Industri kreatif ini biasanya akan menghasilan sebuah karya kerajinan tangan. Contoh komoditi dari industri ini seperti kursi rotan, tas dari bambu, sarung tenun dan beberapa komoditi lainnya.

  1. Sektor Perikanan

Sektor perikanan berbeda dengan sektor peternakan. Pada sektor ini, masyarakat desa tidak melakukan kegiatan ternak untuk mendapatkan ikan melainkan langsung mencarinya di alam. Contoh pekerjaan pada sektor ini adalah nelayan yang mencari ikan di laut. Oleh sebab itu, sektor ini biasanya berkembang di desa-desa yang berada pada kawasan pesisir.

  1. Sektor Pariwisata

Mayoritas tempat wisata yang ada di Indonesia berada di kawasan pedesaan. Tentu saja hal ini berimbas pada geliat ekonomi masyarakat yang ada di desa. Adanya tempat wisata di suatu desa akan menambah variasi mata pencaharian masyarakat desa. Masyarakat desa yang tinggal di kawasan wisata biasanya bekerja sebagai pemandu dan penawaran jasa lainnya untuk wisatawan yang datang.

Baca Juga  4 Program Prioritas Kementerian Desa Beserta Tujuannya

Itulah 5 sektor yang menopang perekonomian masyarakat desa. Kondisi perekonomian di desa juga dipengaruhi banyak faktor. Faktor-faktor ini bahkan bersifat vital dan harus dijaga dengan baik.

Faktor Yang Mempengaruhi Kondisi Ekonomi Masyarakat Desa

Ada 5 faktor yang mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat di desa. Berikut ini kelima faktor tersebut:

  1. Sumber Daya Alam Yang Ada

Faktor sumber daya alam yang ada sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat. Desa yang kaya akan sumber daya alam perekonomiannya akan lebih maju. Sumber daya alam ini bisa berupa kondisi tanah yang subur, kondisi laut yang banyak ikannya dan juga beberapa lainnya.

  1. Regulasi Dari Pemerintah

Regulasi atau kebijakan dari pemerintah juga sangat berpengaruh pada ekonomi desa. Tentu saja masyarakat desa mengharapkan sebuah kebijakan yang menguntungkan masyarakat desa. Kebijakan yang dianggap menguntungkan seperti subsidi pupuk dan penurunan pajak untuk petani.

  1. Jumlah Penduduk Desa

Sadar atai tidak, jumlah penduduk desa juga mempengaruhi kesejahteraan. Masyarakat di desa umumnya lebih menyukai memiliki banyak anak dibandingkan masyarakat di kota. Jumlah anggota keluarga yang banyak ini secara tidak langsung mempengaruhi ekonomi di desa.

  1. Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa
Baca Juga  Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian Di Desa Terpencil

Untuk urusan kualitas pendidikan, masyarakat desa masih jauh tertinggal dengan masyarakat perkotaan. Padahal jelas jika tingkat pendidikan masyarakat desa mempengaruhi kondisi ekonomi pada masyarakat tersebut. Desa yang pendidikannya sudah maju, perekonomiannya akan mudah berkembang. Sebaliknya, desa yang pendidikannya kurang akan lesu dalam perekonomian.

  1. Adat Dan Tradisi Setempat

Harus diakui jika adat dan tradisi setempat akan mempengaruhi bagaimana penduduk desa akan memenuhi kebutuhan ekonominya. Masyarakat desa yang memiliki adat dan tradisi yang mendukung kerja keras akan lebih mudah berkembang. Setiap desa  tentunya memiliki adat dan tradisi masing-masing.

Semua informasi lengkap seputar ekonomi masyarakat desa di atas sangat penting untuk diketahui. Bagaimanapun juga, kemajuan ekonomi masyarakat desa adalah tanggung jawab bersama. Jika ekonomi di desa maju, maka rakyat akan sejahtera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here