Indonesia segera Menjadi Negeri Broadband

Indonesia segera Menjadi Negeri Broadband

Berdesa.com – Untuk mendorong kemajuan berbagai daerah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ngebut menyelesaikan pemasangan jaringan internet di 57 kabupaten yang selama ini kesulitan mendapatkan jaringan internet. Akibatnya, daerah-daerah itu kesulitan mengakses berbagai informasi yang bisa mendukung kemajuan.

Kemenkominfo menargetkan sebelum 2019 ke-57 kabupaten/kota sudah bisa menikmati jangkauan frekuensi luas berkecepatan tinggi. Jika program sudah berjalan maka Indonesia bakal menjadi broadbrand country alias negara yang hampir seluruh wilayahnya memiliki kemampuan menjangkau jaringan internet.

Data dari Kemenkominfo menyebut, 57 kabupaten itu tersebar di berbagai daerah khususnys Indonesia bagian barat, tengah dan timur. Indonesia bagian timur yang paling banyak mendapakan support pemasangan jaringan ini. Proyek ini berjalan karena didukung Palapa Ring dengan membangun jaringan serat optic nasional sehingga pada 2019 seluruh wilayah kabupaten di Indonesia sudah bisa mendapatkan akses internet.

Menteri Komunikasi dan Informastika Rudiantara mengatakan, teknologi infomasi dan komunikasi berkembang dengan cepat sehingga perlu pemerataan pembangunan sarana dan prasarana khususnya untuk wilayah terluar Indonesia. Saahsatunya adalah dengan membangun fasilitas internet agar bisa diakses dari Pulau Miangas, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Pulau Miangas adalah wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) yang terletak paling utara di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Philipina. Di Miangas, Menkominfo meresmikan Stasiun Radio Republik Indonesia (RRI). Selain siaran radio hadir pula siaran TVRI Digital sehingga masyarakat mendapatkan berbagai informasi dengan mudah. Pembangunan beberapa sarana ini adalah bukti dari komitmen pemerintah untuk memberikan akses informasi sebagainya yang didapatkan warga di kabupaten-kabupaten lainnya.

Program internet broadband adalah program pemerintah untuk menghubungkan semua sekolah dasar dan menengah pada 2021 harus sudah memiliki akses internet kecepatan tinggi di seluruh wilayah negeri. Karena kehadiran internet secara luas mampu memberikan beragam asupan pengetahuan yang sangat penting bagi warga terutama di wilayah-wilayah  pedesaan. Ketika internet terus meluas se-Indonesia.

Interkoneksi internet tak bisa dipungkiri sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai berbagai hal. Internet sekaligus juga menjadi arus besar sebagai sistem masa depan bagi perekonomian dunia. Karenanya warga desa harus belajar dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi. Internet juga membuka peluang seluas-luasnya membantu masyarakat membangun jejaring  dan membangun sistem  ekonomi terutama pedesaan.(aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*