Hitung Keuntungan UKM Anda Dengan Benar

Hitung Keuntungan UKM Anda Dengan Benar

BERDESA.COM – Tujuan utama Anda membuka usaha adalah tentu saja memperoleh keuntungan. Namun seringkali para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) tidak tahu keuntungan apa yang telah didapatkan? Menghitung keuntungan dengan tepat sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri. Bagian paling penting dalam menghitung keuntungan adalah menghitung biaya-biaya. Sebagian besar biaya dapat diketahui karena menggunakan pembayaran tunai. Sebagian yang lain berupa uang kas, seperti penyusutan dan amortasi. Sebagian lagi belum terjadi namun perlu dicadangkan untuk pengeluaran di masa mendatang, seperti pajak dan bunga.

Jangan hanya berpusat pada keuntungan. Manajemen keuangan juga meliputi bagaimana Anda mengelola hutang, piutang dan persediaan. Perhatikan bagaimana Anda memutar kas. Pemutaran kas Anda melambat jika termin penjualan kredit Anda lebih lama daripada kulakannya, atau jika Anda harus menyimpan persediaan barang dagangan. Usahakan termin penjualan kredit sama dengan pembelian kredit. Anda juga harus mampu menekan tingkat persediaan sedemikian rupa agar tetap dapat memenuhi order tanpa membebani keuangan.

Secara berkala lakukan pemeriksaan terhadap persediaan yang ada di gudang dan memastikan semuanya dalam keadaan lengkap dan baik-baik saja. Hal yang sama juga perlu dilakukan terhadap piutang-piutang kepada pembeli serta tagihan-tagihan dari suplier. Anda tentu tidak menginginkan kemacetan pembayaran tagihan atau bahkan terjadi dobel pembayaran dikarenakan catatan administrasi Anda berantakan. Jika tidak mampu melakukan itu sendiri ada baiknya Anda mempekerjakan bagian keuangandan menetapkan prosedur keuangan yang cukup untuk memastikan bahwa harta kekayaan usaha Anda baik-baik saja.

Menikmati keuntungan dari usaha tentu saja adalah hal yang wajar. Tapi bukan berarti Anda boleh menghabiskannya begitu saja. Sisihkan sebagian keuntungan yang Anda miliki untuk mengembangkan usaha, atau untuk menjaga kelangsungan usaha ada baiknya juga melakukan investasi dalam bidang-bidang lain yang menguntungkan.

Semakin besar sebuah usaha, akan semakin kompleks pula cara pengelolaan keuangannya. Apalagi jika Anda sudah mulai memiliki kreditor dan investor maka semakin tinggi pula tuntutan untuk memiliki catatan keuangan yang baik.

Keberhasilan sebuah usaha tidak hanya ditentukan oleh cara penjualan, namun juga bagaimana cara usaha tersebut mengelola keuangannya.(bd04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*