Hebatnya Peran Perempuan pada UMKM di Desa

Hebatnya Peran Perempuan pada UMKM di Desa

BERDESA.COM – Sekali lagi, jangan pernah remehkan kaum perempuan. Di tengah kesibukannya mengurus anak dan rumah, sebagian besar mereka masih mampu memproduksi beragam jenis produk UMKM untuk menambah pendapatan keluarga. Kini sebagian dari mereka sedang ancang-ancang memperluas jaringan pemasarannya lewat toko online.

Seperti yang terungkap dalam pelatihan Desapreneur di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kamis (28/4). Acara yang dihelat Desa Panggungharjo kerjasama dengan Usahadesa.com itu dibanjiri minat ibu-ibu yang ingin mengusung beragam produk buatan mereka ke toko online di www.usahadesa.com. Ternyata, dari 60-an ibu-ibu peserta pelatihan itu, hampir 90 persen memiliki sambilan menciptakan aneka produk untuk tambahan pendapatan rumah tangga mereka. Ada yang menjalankan UMKM-nya sendiri, ada pula dengan cara berkelompok.

Seperti diungkapkan  Sulastri, pelaku UMKM pengrajin sepatu rajut handmade yang produknya mulai banyak diminati orang. Hingga kini Tri masih mengandalkan sistem penjualan offline dan menjalankan sosial media untuk menjual produk sepatu hasil karyanya. “ Saya sudah mendengar besarnya peluang menjual produk lewat toko online. Tapi saya tidak yakin bisa karena rumit. Tapi sekarang saya tahu ternyata itu tidak sulit,” katanya kepada Berdesa.com, usai pelatihan di Balai Desa Panggungharjo. Tri adalah salahsatu peserta yang langsung melakukan proses pendaftaran sebagai penjual dan bakal segera merilis produk-produk sepatu cantiknya di usahadesa.com.

Widanti, peserta yang lain juga langsung mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran Usahadesa.com dalam jagad E-dagang Indonesia. “ Karena menjadi vendor atau penjual di Usahadesa.com itu gratis. Saya sudah mendaftar pada E-commerce yang katanya sudah mendunia dan membayar sejumlah uang tapi sampai hari ini produk saya tidak pernah muncul dan belum ada respon dari pembeli,” kata pengusaha mainan kreatif dari kayu-kayu limbah ini.

Dua perempuan ini hanyalah sebagian saja produk yang bisa diciptakan kaum Kartini ini. Hampir tiap peserta yang mewakili dusun-dusun di Desa Panggungharjo itu membawa beragam produk mulai dari kuliner hingga boneka dan herbal. Sebagian besar mereka belum ‘bermain’ di jalur toko online. Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm., Apt menyatakan, pemerintahan desa sangat serius mendorong penguatan UMKM dan industri kreatif di wilayah desanya. “ Kami menyediakan ruangan khusus bagi UMKM-UMKM di Balai Desa untuk berkonsultasi dan berkomunikasi. Jika ada UMKM memiliki kesulitan dalam pemasaran, pemenuhan bahan baku dan sebagainya, tinggal datang saja ke balai desa untuk mendapatkan cara dan jalan keluarnya,” kata Wahyudi.

Usahadesa.com adalah E-dagang yang memfokuskan diri pada penjualan produk-produk desa dan UMKM se-Indonesia. Untuk mempercepat UMKM masuk pasar online-nya, Usahadesa.com menggelar pelatihan. Managing Director PT Usaha Desa Sejahtera yang membesut E commerce Usahadesa.com Mohammad Najib menyatakan, sebagian besar UMKM memiliki keterbatasan untuk bisa jualan online. “ Potensi UMKM luar biasa besar tapi sebagian mereka kesulitan karena keterbatasan sumberdaya, sebagian adalah ibu-ibu yang kesulitan mengaplikasikan internet, karenanya kami membantu mereka dengan pelatihan ini,” katanya.

Bukan itu saja, Usahadesa juga membuka pendidikan Desapreneur yakni mencetak anak-anak muda untuk terjun menjadi para Reseller produk-produk desa sekaligus mengembangkan potensi produk desanya masing-masing untuk diusung ke toko online melalui Usahadesa.com. “ Desapreneur akan menjadi jembatan yang membuat produk desa dan UMKM menjadi mudah masuk online. Para Desapreneur akan mendapatkan fee dari fungsi konsultasi dan jasa pemasaran yang mereka jalankan,” kata Najib. (aryadji)

Foto: Berdesa.dok

Baca juga: Perempuan Berperan Besar di UMKM Pedesaan

1 Komentar

  1. izin bookmark gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*