Yang Harus Ada Dalam Rencana Usaha BUMDesa

Yang Harus Ada Dalam Rencana Usaha BUMDesa

BERDESA.COM – Rencana usaha alias Business Plan adalah sebuah dokumen lengkap yang menjelaskan mengenai keyakinan si pembuat rencana untuk menghasilkan keuntungan memadai dari usaha yang akan dibangunnya. Dokumen inilah yang akan menentukan setuju dan tidaknya si penyandang dana pada realisasi usaha tersebut.

Pun dalam perencanaan usaha BUMDesa. Harus ada penjelasan yang prospektif berdasarkan rasionalitas bahwa usaha itu prospektif dan akan memberikan pendapatan yang menarik. Apa saja isi rencana usaha yang harus disusun BUMDesa?

  1. Tentu saja halaman judul harus berisi nama BUMDesa, alamat, nomor telepon serta para pengelolanya
  2. Daftar isi, menunjukkan apa saja isi tiap halaman
  3. Halaman visi misi, penjelasan singkat mengenai visi dan misi yang ingin dicapai
  4. Memberikan pemaparan pandangan BUMDesa mengenai bentuk usaha, sistem organisasi, tujuan pendirian usaha, apa yang dihasilkan dari unit usaha dan jangan lupa keterangan tentang landasan hukum BUMDesa Anda.
  5. Menjelaskan pilihan usaha secara detail, termasuk keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan, apa yang akan dihasilkan oleh usaha, siapakah konsumen yang disasar dan keyakinan apa yang melatari penjelasan ini..
  6. Soal pemasaran, pemaparan mengenai strategi yang dipakai untuk memasarkan produk, mengenai strategi harga, spesifikasi produk, model distribusi dan promosi.
  7. Menjelaskan seperti apa bentuk manajemen yang diibutuhkan disesuaikan dengan kualitas sumber daya manusia yang ada.
  8. Rencana operasional, menjelaskan sistem kerja, sistem produksi, bagaimana suplai barang baku didapatkan
  9. Sistem keuangan, harus menyajikan kebutuhan keuangan sebagai modal, sumber yang bisa dibidik untuk mendapatkan modal, berapa target pendapatan dan harus pula sudah dihitung target waktu pengembalian modal.
  10. Lampiran legalitas pendukung seperti fotokopi akte pendirian BUMDesa, Perda dan Perdes mengenai BUMDesa yang akan dibangun atau dimulai.

Seluruh bagian itu akan menentukan berhasil dan tidaknya BUMDesa meyakinkan warga desa, calon stakeholder bahkan investor sehingga tertarik dengan konsep usaha yang Anda tawarkan. Tetapi, kenapa perencanaan kerja harus dibuat selengkap dan serapi itu?

  1. Business plan akan berfungsi sebagai acuan dalam mendirikan dan menjalankan usaha. Tim manajemen menjadi memiliki arah yang jelas sejak awal menjalankan usaha
  2. Sebagai Rencana Aksi (Action Plan), Rencana usaha mendorong unit usaha untu segera bergerak menuju target yang ditentukan sejak awal dan memecahkan berbagai persoalan yang terjadi dalam proses manajemen kemudian.
  3. Sebagai Peta Jalan alias Roadmap sehingga tim manajemen tidak salah arah dan fokus pada apa yan telah tertulis pada rencana usaha
  4. Sebagai alat untuk menarik minat investor agar berpartisipasi dalam usaha tersebut.

Jika sudah memiliki rencana usaha yang jelas, tim manajemen juga akan lebih mudah menjalankan operasonal usaha yang didirikan BUMDesa. (aryadji/berdesa/dari berbagai sumber)

Foto: www.shopify.com

 

cd desa wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*