Hal Yang Dapat Dilakukan Dalam Meningkatkan Kehidupan Ekonomi Masyarakat Desa

0
2081
Hal Yang Dapat Dilakukan Dalam Meningkatkan Kehidupan Ekonomi Masyarakat Desa

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak selalu mencerminkan pendapatan yang adil dan merata. Pada umumnya pertumbuhan ekonomi yang tinggi hanya di nikmati oleh sekelompok kecil masyarakat. Seperti masyarakat perkotaan, sementara kehidupan ekonomi masyarakat desa mendapat porsi kecil dan tertinggal. Hal ini karena adanya kesenjangan kemajuan dan perkembangan antara kota dan desa.

Saat ini, penduduk desa cenderung lebih memiliki kesejahteraan lebih rendah jika dibandingkan penduduk kota. Persentase kemiskinan di pedesaan tercatat mencapai 13,96 % hampir dua kali lipat persentase penduduk miskin yang terdapat di kota yaitu hanya sebesar 7,7 persen.

Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Dalam Pengembangan Desa?

kehidupan dan pertumbuhan ekonomi desa sangat penting untuk di perhatikan. Ada beberapa hal yang dapat di lakukan untuk kehidupan ekonomi masyarakat desa,  apa saja itu? berikut ulasannya.

  1. Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

Alasan utama yang membuat kehidupan ekonomi masyarakat desa lebih tertinggal yaitu karena kurangnya tersedia lapangan pekerjaan. Di daerah perkotaan lebih banyak lapangan pekerjaan dan serta beragam sesuai dengan kekreativan masyarakat kota. Sementara di desa lapangan kerja terbatas, sehingga banyak pengangguran yang akhirnya berdampak pada ekonomi masyarakat itu sendiri.

Baca Juga  Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Menurut Permen No. 16 Tahun 2018

Banyak masyarakat desa yang bahkan pindah ke kota untuk mencari pekerjaan. Namun jika lapangan pekerjaan di desa lebih di perhatikan sama halnya dengan di kota maka perekonomian desa pun akan lebih terbantu.

  1. Membangun Sarana Dan Prasarana

Hal yang membuat perekonomian desa tertinggal dibandingkan kota yaitu sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana atau infrastruktur yang dapat di kembangkan yaitu  seperti listrik, transportasi, telekomunikasi, irigasi, serta pemukiman dan perumahan.

Dengan kurang memadai sarana dan prasarana di desa tentu akan menghambat pertumbuhan ekonomi di desa tersebut. Missal. Infratruktur jalan yang kurang memadai, tentu akan menghambat proses jalannya usaha atau para petani desa.

  1. Kurangnya Transportasi

Transportasi merupakan hal penting untuk pertumbuhan ekonomi baik di desa maupun kota. Dengan transportasi yang memadai, maka pendistribusian barang bisa dilakukan lebih mudah. Namun hal ini belum terpenuhi di beberapa desa, sehingga menghambat perkembangan ekonomi desa tersebut dalam pendistribusian barang. Dengan begitu hal ini perlu untuk di pertimbangkan dalam pengembangan ekonomi desa.

  1. Menyeimbangkan Pertumbuhan Pembangunan
Baca Juga  5 Kunci Sukses Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyeimbangkan pertumbuhan antar desa dan kota. Meski hal ini cukup susah untuk menyeimbangkan pembangunan antar kota metropolitan, besar, menengah dan kecil secara hierarki dalam suatu sistem pembangunan perkotaan nasional. Namun tentunya pemerintah punya cara dan akan melakukan usaha terbaik untuk bisa menyeimbangkan hal tersebut.

  1. Meningkatkan Keterkaitan Kegiatan Ekonomi

Meningkatkan keterkaitan kegiatan ekonomi adalah hal yang dapat dilakukan selanjutnya. Kegiatan ekonomi yang terdapat di pedesaan serta diperkotaan harus ditingkatkan sekaligus terintegrasi. Hal ini untuk memudahkan proses produksi, distribusi, hingga sampai ke tangan masyarakat. Semakin mudah kegiatan ekonomi antara desa dan kota, maka laju pertumbuhan ekonomi di desa juga akan semakin membaik.

  1. Pemerataan Kesempatan Memperoleh Pendidikan Dan Pelayanan Kesehatan

Ini yang perlu di perhatikan, karena masih banyak anak-anak yang belum menerima pendidikan yang layak di beberapa desa. Jika banyak anak-anak yang tidak bersekolah, lalu bagaimana kehidupan perekonomian desa tersebut kedepannya.

Oleh sebab itu ini menjadi hal yang perlu untuk di perhatikan dalam mengembangkan perekonomian desa. Selain itu pelayanan kesehatan juga kurang memadai di desa-desa pada umumnya. Sehingga masyarakat desa akan berobat ke kota dan tentu akan memakan waktu.

  1. Mengembangkan Wilayah-Wilayah Perbatasan
Baca Juga  Apa Saja yang Harus Dilakukan Pendamping Desa

Wilayah-wilayah perbatasan di Indonesia umumnya kurang mendapatkan perhatian dibanding dengan wilayah lain. Nah, untuk mengembangkan wilayah perbatasan tersebut dapat dilakukan dengan mengubah arah kebijakan pembangunan yang selama ini berorientasi melihat ke dalam menjadi melihat keluar.

Maksudnya, pemerintah harus bisa melakukan harmonisasi dengan negara tetangga yang ada di perbatasan tersebut. Sehingga hal ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi desa perbatasan tersebut.

Nah, Itulah informasi tentang beberapa yang dapat dilakukan untuk  meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat desa. Meski sulit untuk menyama ratakan kehidupan kota dengan desa. Paling tidak jangan jauh tertinggal kehidupan ekonomi yang di desa dan kehidupan ekonomi yang terdapat di kota. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here