Gampangnya Menjadi Desapreneur, Dapat Duit Sekaligus Membangun Desa

Gampangnya Menjadi Desapreneur, Dapat Duit Sekaligus Membangun Desa

BERDESA.COM – Anda seorang pemuda, tinggal di desa dan bingung mencari kerja? Sama sekali tidak perlu pusing, siapkan Hape-mu dan simak tulisan ini maka Anda akan tahu pekerjaan dan pendapatan itu sudah ada dihadapan kita, mulai hari ini. Kok bisa? Ya, karena Anda hanya perlu menjadi seorang Desapreneur, maka Anda akan memiliki pekerjaan yang tidak hanya menghasilkan uang tetapi sekaligus membangun desa menjadi lebih maju. Tak perlu antri melamar kerja, tidak perlu menyodorkan ijazah. Apa yang harus dilakukan seorang Desapreneur?

Pertama, perhatikan lingkungan sekitar Anda dan catatlah berbagai produk yang dihasilkan warga di desa Anda atau desa tetangga. Mereka disebut  kelompok Usaha Kecil dan Menengah alias UKM. Bisa produk makanan, produk pertanian, peternakan, bahan mentah atau produk kerajinan tangan dari kulit, rotan atau apa saja. Syaratnya, produk itu harus memiliki nilai jual karena menarik, unik, langka, cantik, multi fungsi dan lain lain. Ukuran nilai jual yang paling mudah adalah jika selama ini produk itu sudah diserap pasar, meskipun lokal sekalipun.

Dalam waktu yang sama tanyakan pada mereka apa saja yang mereka butuhkan untuk mendukung produk mereka. Misalnya bahan baku yang mereka gunakan untuk membuat produk itu dan berbagai kebutuhan lain. Tawarkan pada mereka karena nanti Anda bisa mendapatkan berbagai bahan atau produk itu juga dari Usahadesa.com.

Selanjutnya dikusikan dengan si pemilik atau produsen produk dan katakan Anda akan menjualkan produk-produk itu melalui online alias internet. Mintalah harga dari mereka lalu membuat patokan harga jual Anda sendiri. Tentu saja harganya harus rasional, wajar sesuai dengan kualifikasi produk. Jangan salah, di ranah online semua orang bisa memperbandingkan harga hanya dalam hitungan menit. Maka, harga yang Anda tawarkan haruslah bisa bersaing dengan produk yang sama di lapak yang lain.

Yang penting diperhatikan, karena Anda akan bermain di wilayah jual beli online, maka Anda harus tahu berapa lama produk bisa bertahan, mampukah kualitas produk tetap terjaga selama masa pengiriman yang membutuhkan beberapa hari itu. Anda juga harus bisa memastikan stok alias ketersediaan produk, jangan sampai produk tidak tersedia ketika ada pembeli datang dan memesannya. Jangan kawatir, dengan krativitas, seorang ibu lulusan SD di Jawa Timur bisa menjual pecel secara online dan mendapat income Rp. 3 juta per hari.

Maka saatnya Anda mendata seluruh produk yang berhasil Anda kumpulkan. Lalu daftarkan diri Anda sebagai penjual di www.usahadesa.com. Tinggal buka website ini dan carilah fitur menjadi penjual lalu isi form yang tersedia di sana, beres. Agar produk Anda segera dilirik orang, promosikan produk yang Anda jual melalui media sosial. Kabar baiknya, Usahadesa.com juga bakal membantu Anda melakukan promosi secara terus-menerus. Bahkan, perusahaan internet ini akan membuatkan untuk Anda beragam akun sosial media untuk memperlancar promosi. Jadi jangan kaget kalau tiba-tiba muncul pemberitahuan dari Usahadesa.com, ada orang tertarik membeli produk Anda. Jika ini terjadi, ikuti seluruh aturan main transaksi. Semuanya ada pada bagian bawah badan toko online ini.

Sembari menunggu pembeli datang, sebaiknya Anda mulai mencari produk yang dibutuhkan UMKM lokal yang telah Anda kumpulkan tadi. Misalnya sebuah kelompok ibu-ibu pembuat panganan atau roti tertentu di desamu butuh secara rutin tepung jagung 40 Kg sehari. Coba cari tepung sesuai kebutuhan UMKM tadi di Usahadesa.com dan tawarkan pada kelompok UMKM agar membeli produk dari Anda. Soalnya, di Usahadesa.com Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding toko lainnya dengan kualifikasi yang bisa dipesan sesuai kebutuhan. Kenapa begitu, karena Usahadesa menghubungkan penjual dan pembeli secara langsung, tidak melalui tangan-tangan yang lain sehingga harganya bisa lebih murah.

Jika di halaman-halaman Usahadesa tidak Anda temukan produk itu. Bukalah fasilitas ‘permintaan; yang ada dalam halaman website Usahadesa.com. Tulis apa yang Anda butuhkan dan dengan cepat bakal bermunculan tawaran dari banyak orang menawarkan barang atau produk yang Anda minta. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan. Silakan bertransaksisesuai prosedur yang ada.

Mengenai cara pengiriman, sudah tersedia berbagai pilihan yang bisa digunakan untuk mengirim beragam produk. Untuk jenis produk tertentu seperti hasil pertanian dan sebagainya yang jangka waktunya terbatas, Anda akan dihubungkan dengan penjual atau pembeli mengenai mekanisme pengirimannya.

Keistimewaan Usahadesa adalah ada banyak produk di pasar online ini yang tidak dijual di toko online lainnya. Ada fasilitas untuk bisa memesan, pre order bahkan penawaran barang atau produk desa jauh hari sebelum barang itu ada, ini diberlakukan untuk berbagai jenis produk seperti pertanian, perkebunan, peternakan dan lain-lain.  Seorang petani jambu di Yogyakarta sudah menawarkan jambu Dalhari beberapa bulan sebelum masa panen sehinga ketika panen tiba, si penjual bakal mendapat harga yang cocok untuk jambu-jambunya itu.

Hebatnya, semua fasilitas ini bisa Anda manfaatkan dengan gratis hanya dengan menjadi penjual di Usahadesa.com. Jangan lupa, untuk bisa menjalankan aktivitas Desapreneur ini, Hape Anda harus bisa terkoneksi dengan internet baik melalui internet langanan maupun wifi di rumah Anda. Gampang bukan? Jadi, tunggu apa lagi, persiapkan Hape Anda dan mulailah langkah-langkah tadi. Mari bersama-sama membangun desa dengan cara yang luar biasa.

Foto: www.suaradesa.timesindonesia.co.id

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*