Fakta-fakta Seputar Crowdfunding Indonesia yang Wajib Diketahui

0
739
Fakta-fakta Seputar Crowdfunding Indonesia yang Wajib Diketahui

Crowdfunding merupakan sebuah gerakan pengumpulan dana bersama untuk digunakan sebagai tujuan tertentu. Saat ini mekanisme penggalangan dana melalui crowdfunding sudah meningkat pesat. Apalagi ditunjang dengan seiring meningkatnya kemajuan teknologi, utamanya internet yang membuat para pendana di seluruh dunia terhubung. Crowdfunding Indonesia sendiri sudah dikenal dalam waktu yang cukup lama.

Perkembangan crowdfunding di Indonesia juga memiliki tren semakin naik. Hal ini terpengaruh oleh banyak hal. Kasusnya berbeda-beda untuk tiap platform crowdfunding. Ada beragam platform crowdfunding di Indonesia. Salah satu yang telah memiliki nama adalah kitabisa.com. Berbicara tentang crowdfunding sebenarnya ada fakta seputar crowdfunding di Indonesia. Berikut ini ada fakta-fakta yang wajib diketahui seputar Crowdfunding.

  1. Pendanaan Lewat Crowdfunding Meningkat Setiap Tahunnya

Fakta yang pertama perlu diketahui adalah masalah pendanaan crowdfunding. Jadi sebenarnya pendanaan crowdfunding di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Grafik peningkatan pendanaan melalui crowdfunding pun cukup signifikan. Tak heran mengingat dengan semakin majunya teknologi, perihal crowdfunding ini semakin banyak dikenal masyarakat.

Tren peningkatan penyumbang dana melalui crowdfunding ini utamanya untuk kegiatan sosial. Ada banyak pihak yang dapat memperoleh dana kegiatan sosial dari crowdfunding yang digalangnya. Meskipun tak sedikit juga yang justru memiliki hasil sebaliknya. Sebenarnya peningkatan jumlah pendana pada crowdfunding tergantung pada cara kita untuk mengkampanyekan gerakan penggalangan dana tersebut.

  1. Crowdfunding Indonesia Memiliki Beragam Konsentrasi
Baca Juga  9 Kumpulan Startup Pertanian Di Indonesia Yang Bisa Diandalkan

Perlu diketahui jika ternyata crowdfunding yang bergerak di Indonesia tidak hanya di bidang sosial saja. Melainkan ada banyak crowdfunding yang bergerak diberbagai macam lini. Mulai bisnis hingga project seni. Untuk bisnis misalnya, tentu banyak dari kita yang mengetahui crowdfunding seputar pertanian atau bisnis lainnya. Metode sharing modal dengan keuntungan tertentu diterapkan di sini.

Sedangkan untuk metode crowdfunding Indonesia bidang film ada banyak contohnya. Salah satunya crowdfunding  untuk tujuan karya adalah yang dilakukan Mira Lesmana dan Riri Riza untuk filmnya yang berjudul Atambua 39ᵒ. Biaya untuk produksi film ini diperoleh dengan cara crowdfunding pada 2012 lalu.

  1. Terdapat Crowdfunding Syariah

Siapa sangkan jika dalam dunia crowdfunding Indonesia terdapat crowdfunding syariah. Croowd menjadi crowdfunding yang mendedikasikan diri sebagai crowdfunding syariah pertama di Indonesia. Pihak dari croowd di sini bertugas sebagai wakil yang akan mempertemukan kedua belah pihak. Jadi pihak yang dimaksud di sini adalah pendana dan pihak yang membutuhkan dana.

Akad-akad transaksi yang sesuai hukum islam di klaim diterapkan oleh crowdfunding ini. Jadi tak akan ada bunga atau riba yang hadir dalam transaksi tersebut. Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) menjadi pihak yang berada di balik crowdfunding syariah ini.

  1. Mulai Populer Pada Tahun 2009
Baca Juga  Contoh Crowdfunding Yang Terkenal Di Indonesia

Mungkin masih banyak yang penasaran, sebenarnya sejak kapan crowdfunding meledak di Indonesia? Jika dilihat dari perkembangan crowdfunding di Indonesia, sebenarnya crowdfunding mulai meledak pada 2009 lalu. Populernya crowdfunding ini akibat penggalangan dana yang ditujukan untuk Prita saat itu. Gerakan crowdfunding yang hadir di sini adalah gerakan koin untuk Prita.

Adanya gerakan koin untuk Prita ini kemudian menghadirkan beragam gerakan-gerakan crowdfunding yang serupa. Bahkan salah satu gerakan yang populer lagi adalah gerakan koin untuk KPK. Ini gerakan yang ditujukan untuk pengumpulan dana gedung baru milik KPK. Sejak saat itu gerakan crowdfunding pun mulai populer di Indonesia apalagi dengan hadirnya platform-platform crowdfunding yang ada di internet.

  1. Memiliki Persaingan Tinggi

Ternyata dunia crowdfunding tidak hanya memiliki bagian ‘bersinar’ saja. Namun, di sisi lain dunia ini juga memiliki sisi tersembunyinya sendiri. Sisi yang dimaksud adalah sisi persaingan yang keras antar platform crowdfunding. Persaingan ini tak jarang membuat berbagai platform crowdfunding yang tidak dapat bertahan untuk gulung tikar.

Baca Juga  7 Startup Agribisnis Yang Ada Di Indonesia

Tak terhitung banyaknya crowdfunding yang berakhir hanya dalam hitungan tahun. Sisanya yang ada pun harus benar-benar putar otak untuk tetap bertahan dalam dunia crowdfunding. Konten yang menarik serta berbagai macam hal baru lain wajib ditawarkan pada calon pendana. Ini guna memberikan pendana ‘kesenangan’ berdonasi. Tentu hal tersebut berlaku untuk semua jenis crowdfunding yang ada di Indonesia.

Rupanya ada berbagai fakta yang mungkin belum banyak diketahui oleh pengguna crowdfunding Indonesia. Kelima fakta di atas adalah sedikit di antaranya. Sebenarnya crowdfunding menawarkan alternatif baru pendanaan di era digital seperti sekarang ini. Melalui crowdfunding dana dapat terkumpul dan pihak pendana pun dapat memperoleh keuntungan yang sepadan. Keuntungan tersebut dapat berupa kebanggaan, karya hingga uang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here