Enam Rahasia Memulai Usaha Baru Bagi UKM

Enam Rahasia Memulai Usaha Baru Bagi UKM

BERDESA.COM- Sebesar apapun modal yang Anda punya, tanpa konsep yang jelas, bakal dengan cepat ambruk dan modal Anda tandas. Sebaliknya, usaha yang berangkat dengan modal kecil tetapi disiapkan dengan matang justru bisa membuat pelaku UKM menjadi jutawan.

Kreativitas adalah hal penting yang harus Anda lakukan begitu usaha Anda mulai berjalan. Soalnya di dunia UKM, persiangannya sangat ketat. Tetap para pelaku UKM juga sangat terbuka untuk membangun kerjasama satu sama lain. Apa saja kreativitas dan strategi yang harus disiapkan para pengusaha pemula? Berikut ini beberapa ide sederhana yang harus dirumuskan sebelum melahirkan usaha.

  1. Pastikan segmen pasar anda. Apa produk yang Anda jual dari sanalah penentuan segmen bisa dilakukan. Jika sudah ditentukan, bakal mudah bagi Anda untuk menentukan harga, cara berpromosi, alat promosi dan dengan siapa Anda ingin bersinegi untuk mencapai pasar itu.
  1. Promosi yang efektif. Jangan sampai menghabiskan uang untuk promosi yang tidak tepat sasaran.
  1. Membuat paket produk. Buat beberapa paket produk sehingga konsumen bisa memilih pembelian dalam jumlah banyak. Pancing konsumen dengan paket yang harga per bijinya lebih murah dengan membeli banyak.
  1. Hadiah dan diskon khusus sangat disukai konsumen. Buatlah program seperti ini.
  1. Variasi dan pengembangan produk agar bisa menjawab kebutuhan konsumen dari hari ke hari. Hal-hal baru selalu diinginkan semua orang. 
  1. Kerjasama dengan pengusaha lain. Misalnya dengan bersama-sama menjual produk secara bundling. Misalnya antara produk sabun mandi dengan perlengkapan mandi lainnya. Ini akan mempercepat penjualan karena rekanan perusahaan juga akan menjualkan produk Anda. Selamat mencoba.

Foto: www.atjeh.biz

alterntif text

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*