Enam Kunci yang Wajib Dipegang Calon Pebisnis Kuliner

0
470

BERDESA.COM – Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang tidak ada matinya. Soalnya, setiap orang selalu tertarik jenis makanan yang baru setiap hari. Maka tak heran jika bisnis kuliner merebak bagai jamur di musim hujan. Anehnya, sebagian besar hidup dan berkembang meski tak jarang ada yang mati.

Kegagalan bisnis kuliner utamanya bagi pebisnis pemula bisa disebabkan berbagai hal karenanya memulai bisnis kuliner harus dengan hati-hati. Selain persaingan nan ketat, bisnis jenis ini mengharuskan pebisnis pemula menyiapkan makanan yang sebagian tak bertahan lama di ruang penyimpanan dan harus dibuang ketika tidak ada pengunjung datang. Jika tidak tebal kantung tamatlah usaha yang dicita-citakan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan pebisnis pemula sebelum menerjuni bisnis ini:

  1. Punya Konsep yang Menarik

Jangan pernah berpikir memulai bisnis kuliner jika tidak memiliki konsep yang menarik. Menarik bisa berarti unik, langka, aneh dan yang pasti membuat orang menjadi penasaran. Misalnya Mie Nyonyor karena bakal membuat orang basah keringat karena pedasnya. Rumah Sambal karena menyajikan aneka sambal. Atau membuat istilah yang membuat orang heran seperti “Pedasnya Level Mematikan”.

Baca Juga  Saat Tepat Jadi Wirausahawan, Pemerintah Siapkan Bantuan Modal

Unik juga bisa dari sisi tempat misalnya rumah makan atau kedai Anda berada di pinggiran tebing yang indah dan maka Anda harus menata tempat duduk menjadi tempat menikmati pemandangan itu. Anda juga bisa menciptakan menu berdasar jam buka. Misalnya, kafe yang hanya buka mulai jam 9 malam hingga jam 3 pagi karena diperuntukkan bagi orang-orang yang betah begadang.

  1. Bidik Pasar yang Jelas

Siapa yang Anda bidik menjadi pembeli makanan yang Anda ciptakan. Kedai kopi menyasar golongan profesional muda. Kedai seperti ini tepat berdiri di daerah perkantoran karena para profesional butuh waktu khusus menikmati kopi sambil merumuskan ide-ide bisnisnya. Ini berbeda dengan segmen mahasiswa yang memiliki dinamika tingkat tinggi tetapi kantungnya cekak. Mahasiswa bakal tertarik dengan model tempat makan yang ramai, Wifi gratis dan harga miring. Jangan sampai Anda salah bidik pasar, itu bisa menyebabkan bisnis kuliner Anda gulung tikar pada bulan-bulan pertama.

  1. Inovatif

Apalagi jika Anda pebisnis pemula maka Anda harus menciptakan model bisnis sebagaimana telah dijalankan orang-orang lain yang sukses. Cara paling mudah menciptakan inovasi adalah dengan mengamati, meniru dan memodifikasinya menjadi lebih baik. Ini adalah cara yang paling simpel dan paling banyak dilakukan para pebisnis pemula. Beberapa model inovasi misalnya siapapun bakal gratis makan jika hari itu merupakan hari ulang tahunnya. Atau buat kejutan kue ulang tahun bagi pengunjung yang hari itu ulang tahun.

  1. Lokasi Strategis
Baca Juga  Risiko yang dihadapi BUM-Desa-LKM

Lokasi tempat usaha kuliner Anda berdiri adalah salahsatu penentu keberhasilan usaha. Carilah tempat yangs trategis sesuai dengan konsep dan segmen yang Anda bidik. Tempat yang ramai dilewati orang misalnya akan memberi kemungkinan warung Anda didatangi pembeli ketimbang tempat nan sepi. Bahkan meski Anda tidak melakukan promosi besar-besaran sekalipun. Sebaliknya, sehebat apapun konsep Anda jika tempatnya tidak mendukung karena terlalu jauh misalnya, kemungkinan usaha kuliner bisa berkembang, sangat kecil.

  1. Harga Terjangkau

Perang harga adalah salahsatu strategi memenangi persaingan. Tetapi jangan sampai muncul kesan ‘murah karena memang tidak enak’.Untuk mendapatkan makanan yang enak semua orang sudah sadar pastilah tak bisa murah. Tetapi mereka ingin jangan sampai harganya kelewat mahal. Cara yang bisa Anda pakai adalah melakukan survei ke beberapa warung yang memiliki menu  dan kelas yang hampir sama dan mencermati harga yang mereka tawarkan. Dari situ Anda bakal memiliki catatan penting mengenai berapa harga makanan bakal Anda tawarkan.

  1. Bangun Reputasi

Apalagi sebuah warung makan, pembeli bakal merasa nyaman jika tempatnya bersih, indah, pelayanannya istimewa dan cita rasa yang disajikan lezat. Soal bersih, rapi dan pelayanan bagus adalah beberapa hal standar yang harus terus terjaga. Selain itu terus tingkatkan kualitas cita-rasa agar produk Anda semakin dicinta.

Baca Juga  Mengenal Model Bisnis Kanvas

Beberapa tips di atas wajib dipikirkan para pemula yang ingin sukses bisnis kuliner. Disarikan dari pengalaman para pebisnis pemula kuliner yang sukses membangun usaha kulinernya dan memberikan tips-tips ini agar Anda bisa mengikuti kesuksesan mereka. Coba saja.(aryadji/berdesa)

Foto: www.ganlop.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here