Enam Hal Penting Agar Tak Tertipu Ketika Belanja Online

0
314
Enam Hal Penting Agar Tak Tertipu Ketika Belanja Online
Enam Hal Penting Agar Tak Tertipu Ketika Belanja Online

BERDESA.COM – Anda boleh ragu mengenai keamanan belanja online tapi yang jelas pertumbuhan transaksi online di Indonesia sangat luar biasa. Karenanya cepat atau lambat, Anda akan dihadapkan pada tren ini. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda cermati sebelum melakukan transaksi belanja online agar anda terhindar dari penipuan:

  • Apakah Customer Service-nya bekerja 24 jam?

Banyak hal yang membuat customer service menjadi sangat penting dalam transaksi online mulai melakukan cek mengenai status pengiriman barang, menanyakan produk yang akan kita beli hingga melayani komplain jika terjadi sesuatu yang tidak sesuai janjinya. E-commerce yang baik akan meyediakan layanan 24 jam.

  • Simak baik-baik Term dan Condition

Sebaiknya Anda mulai menganggap penting Term & Condition karena segala hal mengenai aturan main mengenai jual beli ada di sini. E-commerce atawa E-dagang yang baik memiliki Term & Condition yang jelas dan mudah dipahami.

  • Siapakah pendukung E-commerce itu

Jika sebuah toko online memiliki reputasi yang baik maka dia pasti memiliki lembaga-lembaga pendukung seperti bank nasional, perusahaan telekomunikasi dan berbagai perusahaan yang bekerja sama dengan e-commerce itu. Ini membuat belanja online Anda menjadi lebih aman

  • Pentingnya sertifikat keamanan dalam sistem pembayaran online
Baca Juga  Tips Ampuh Jualan Online

Bagian ini sangat penting karena menyangkut uang yang akan Anda tukarkan dengan barang yang Anda pilih. Cermati sistem pembayaran pada situs E-commerce atau toko online  yang sedang Anda pilih sebagai tempat bertransaksi. Jika sistem transaksinya mendapatkan sertifikat dari layanan keamanan seperti Norton dan Veritrans yang keduanya bekerja sama dengan situs-situs toko online, maka artinya situs itu tergolong toko online yang aman.

  • Cari informasi dari pihak ketiga

Sebelum melakukan transaksi sebaiknya Anda mencari informasi mengenai situs toko online yang akan Anda jadikan tempat transaksi. Anda bisa bertanya langsung pada orang yang pernah melakukan transaksi di sana dan jangan lupa mencari informasi mengenai track record atau sepak terjang too online itu selama ini. Apakah toko itu layak dipercaya atau tidak.

  • Gunakan kartu kredit, bukan debit

Kartu kredit biasanya telah dibekali fitur khusus yang membuat Anda aman menggunakannya untuk jenis transaksi online seperti ini. Karenaya menggunakan kartu kredit jauh lebih aman daripada memakai kartu debit. Menggunakan kartu debit akan membuat transaksi tersebut terhubung langsung ke rekening bank Anda. Kalau sampai keamanan kartu debit Anda diketahui, jalas apa yang akan terjadi, uang Anda bisa terkuras gara-gara pingin beli barang yang harganya tak seberapa.  Selamat berbelanja online. (dji-1)

foto: jabarmetronews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here