Enam BUMDes Mart di Lombok Utara Mulai Beroperasi

0
703

BERDESA.COM – Sejarah baru ditorehkan Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. 29 Maret 2018 lalu Kabupaten ini resmi membuka enam BUMDes Mart yakni minimarket yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Enam BUMDes Mart ini resmi mulai menjalankan usahanya di enam Desa yang berbeda, yaitu Desa Anyar, Desa Gili, Desa Gondang, Desa Khayangan, Desa Pemenang Barat, dan Desa Sokong.

Peresmian dilakukan di Kantor Desa Gondang, Kecamatan Gangga oleh Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs H Suardi MH. Langkah inovatif melahirkan BUMDes Mart oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Utara disambut meriah oleh jajaran pejabat kabupaten. Mereka sangat antusias menghadiri peluncuran usaha BUMDes yang modern ini mulai dari Sekrtaris Daerah serta para pelaku UKM dari berbagai wilayah di Lombok Utara.

Wakil Bupati menyatakan, minimarket itu selanjutnya bakal dikelola secara penuh oleh BUMDes pada masing-masing desa yang mendirikannya. “ Kami berharap BUMDes Mart bakal memacu geliat ekonomi masyarakat dan menghargai produk lokal sebagai potensi yang harus dikembangkan,” kata Sarifudin SH.

Baca Juga  Pingin Jadi BUMDes Jawara, Bermitra-lah dengan Swadesa

Pogram inovatif ini dimulai sejak lahirnya Surat Keputusan Bupati Lombok Utara nomor 378/2017, tertanggal 18 Oktober 2017, lalu.  BUMDes  Mart lalu lahir denga bantuan anggara Rp. 300 juta untuk lima desa dan satu desa lagi merupakan bantuan Provinsi. Maka Lombok Utara adalah salahsatu kabupaten yang secara inovatif mampu menciptakan unit usaha milik masyarakat dengan sistem modern namun menempatkan produk lokal sebagai komoditas unggulan.

BUMDes Mart lahir berkat kerjasama antara Kabupaten Lombok Utara, BUMDes dan Swadesa. Swadesa adalah unit bisnis milik PT Usaha Desa Sejahtera (Usdes). Berkantor pusat di Jogja Usdes adalah perusahaan yang bergerak pada kegiatan-kegiatan mendukung peningkatan ekonomi warga pedesaan di Indonesia. Khusus untuk pengembangan usaha retail, Usdes mendirikan Swadesa. Selain mendampingi warga desa atau BUMDes mendirikan minimarket, Swadesa juga memiliki kemampuan menjadi konsultan usaha retail di seluruh Indonesia.

Retail berupa minimarket adalah salahsatu jenis usaha yang sangat strategis dikembangkan BUMDes. Sebagai sebuah usaha, minimarket memiliki kemampuan survive yang tinggi karena menjual kebutuhan warga sehari-hari. Apakah pendirian BUDesMart tidak akan membunuh warung-wrung tradisional yang sudah ada? Tidak perlu kawatir, justru minimarket yang dikelola BUMdes bakal bisa berfungsi sebagai tempat kulakan bagi wrung-warung tradisional yag selama ini sudah berkembang di desa.

Baca Juga  Urgensi Pengelompokkan Pasar

Minimarket juga bis amemfungsikan diri sebagai tempat menjual produk-produk unggulan desanya masing-masing. Sehingga masyarakat kita tidak lagi tergantung pada produk-produk impor dan pabrikan yang selama ini menguasai rak-rak minimarket di seluruh Indonesia. Kehadiran BUMDes Mart akan entitas bisnis baru yang berpihak pada masyarakat kecil pedesaan karena BUMDes Mart memang lahir untuk menjadi usaha milik warga. (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here