Ini Dia, Empat Prioritas Pembangunan Desa Sekarang

Ini Dia, Empat Prioritas Pembangunan Desa Sekarang

BERDESA.COM – Tahukah Anda empat hal yang sedang digenjot Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebagai prioritas pembangunan desa?

Keempatnya yakni pengembangan produk unggulan desa, mendorong BUMDesa untuk meningkatkan kapasitas manajemen sekalugus akses pasar, pembangunan embung desa untuk mendorong produktivitas pertanian dan keempat adalah pembangunan sarana olah raga (Sorga Desa). Kenapa empat hal ini jadi prioritas?

Pengembangan Produk Unggulan Desa

Kementerian Desa sangat mendukung upaya agar setiap desa bisa menemukan potensi produk unggulannya. Produk itu haruslah mewujud menjadi produk yang berkualitas, tidak dimiliki banyak desa yang lain dan diolah sedemikian rupa untuk bisa bersaing pada pasar luas. Produk bisa saja berupa pariwisata atau sebuah desa memacu diri menjadi desa wisata karena segenap keunggulan yang dimiliknya. Pengembangan produk unggulan ini diharapkan bisa menjadi pemicu kenaikan pendapatan warga desa.

Pengembangan Akses Pasar (Market Linkage)

Setiap desa pasti memiliki potensi, faktanya selama ini mampu membangun sebuah perikehidupan masyarakat. Bahkan ada banyak desa yang sebenarnya memiliki potensi yang hebat tetapi potensi itu belum mampu mendongkrak kesejahteraan karena warga belum mendapatkan akses pasar yang tepat. Misalnya, desa yang memiliki banyak sumber air mengembangkan produk perikanan. Desa yang memiliki keindahan alam yang layak dijual jadi obyek wisata menjual potensinya dan menjelma diri menjadi desa wisata. Masalahnya, bagaimana potensi itu mendapatkan pasarnya. Pertimbangan pasar alias selera konsumen, segmentasi yan tepat, strategi promosi yang hebat, penguasaan akses informasi dan jaringan melalui internet misalnya, adalah beberapa hal yang harus didorong dan dikuasai warga desa sekarang ini.

Peran BUMDesa diharapkan menjadi lokomotif yang menggerakkan gerbong-gerbong potensi itu sehingga menjadi komoditas yang mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Termasuk dalam prioritas ini adalah peningkatan kapasitas manajemen, penciptaan iklim usaha yang sehar, perluasan akses pasar dan penyediaan sarana yang memudahkan masyarakat menciptakan produk yang layak saing.

Pembangunan Embung

Embung alias penampung air dimaksudkan sebagai cara untuk mendorong produktivitas pertanian meningkat tajam. Soalnya, sebagian besar desa di seluruh nusantara ini hidup dari pertanian. Maka, embung bakal sangat mendukung kenaikan hasil panen karena menyuplai air bagi warga. Embung diharapkan bakal membuat peningkatan hasil panen yang berlipat.

Pembangunan Sarana Olah Raga Desa

Kenapa sarana olah raga? Apa pentingnya olah raga bagi warga desa? Olah raga adalah kegiatan yang membuat semua orang merasa gembira. Olah raga adalah kegiatan yang sangat efektif meningkatkan mentalitas positif. Olah raga berfungsi refreshing, membangun kedekatan antarwarga dan sarana bagi pembangunan masyarakat yang sehat juga mendorong setiap orang untuk berkompetisi dengan cara yang baik. Ingat, negara yang kuat mempersyaratkan masyarakat berbadan sehat. Kualitas kesehatan msyarakat juga bakal mendukung produktivitas kerja masyarakat.

Itulah empat prioritas yang kini sedang menjadi visi besar Kementerian Desa bekerja sama dengan Kementerian Olah Raga. Empat pilar ini jika dijalankan dengan baik maka bakal terwujudlah masyarakat desa yang bukan hanya meningkat kesejahteraannya melainkan juga menanjak kualitas kesehatannya. (aryadjihs/berdesa)

Foto : ditjenpdt.kemendesa.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*