Empat Langkah Untuk Menemukan Ide Membuat Usaha di Desa dan Contoh Usahanya

0
1739

Menetap di desa tidak berarti akan terus mengalami hal biasa. Apabila mau berusaha dan membuat suatu usaha pasti akan berkembang dan sukses. Seiring perkembangan jaman, desa jaman sekarang sudah tidak seperti dulu.

Justru, di desa banyak sekali peluang usaha. Berbagai usaha bisa anda lakukan disini. Asalkan anda tidak pernah berhenti berusaha dan terus bekerja keras, maka dipastikan cepat atau lambat usaha anda akan terus berkembang, kesuksesan segera tercapai.

Tidak perlu bingung usaha apa yang ingin dilakukan. Sebelum memulai usaha, ada baiknya anda mengambil langkah untuk menentukan hendak membuka usaha. Berikut 4 langkah agar dapat menemukan ide bisnis anda di desa:

Langkah-langkah menemukan ide bisnis di desa

  1. Cobalah untuk mencari potensi usaha di desa anda, silahkan anda berkeliling desa mencari tahu apa potensi desa, seperti potensi alam, kuliner, budaya, wisata, serta potensi sosial yang dapat dijadikan peluang bisnis.
  1. Cobalah untuk mengasah potensi yang ada pada diri anda. Semua orang mempunyai bakat dan potensi masing-masing. Cobalah untuk mengasah potensi dan minat anda pada bagian apa.
  1. Menggabungkan potensi yang ada pada diri dengan potensi yang ada di desa. Setelah mengetahui potensi apa yang ada pada diri, lalu gabungkan keduanya.
  1. Mulai beraksi. Ketika anda sudah menemukan ide akan berbisnis apa, kemudian mulai berusaha. Gunakan modal kecil dahulu. Memang berat pada awalnya, banyak tantangan. Tetapi ketika anda tetap berjuang tidak pernah menyerah, tetap berusaha hasilnya pasti luar biasa.
Baca Juga  Peluang Usaha Desa: Bisnis Sembako Modal 8 Jutaan

Demikian 4 langkah agar menemukan ide bisnis yang tepat. Disampingnya itu, artikel ini juga akan membagikan contoh-contoh jenis usaha yang dengan modal kecil dan cepat berkembang di desa, simak uraiannya dibawah ini:

Contoh jenis-jenis usaha di desa

1. Budidaya ikan air tawar, seperti nila, gurami dan lain sebagainya

Budidaya ikan di desa sangat cocok, disamping lahan yang masih banyak tersedia, juga aliran air yang memang mudah di dapatkan. Anda hanya butuh berapa ratus bibit, beli makanan ikan, beserta vitaminnya saja. Ketika ikan sudah besar, anda dapat menjualnya pada pasar, berkeliling kampung, atau menjualnya pada rumah makan yang menyediakan ikan bakar.

2. Peluang usaha Berternak ayam

Karena ketersedian lahan itu, anda bisa berternak ayam kampung, ayam cemani, ayam Bangkok dan lain sebagainya. Jangan lupakan untuk memilih jenis induk yang bagus, agar anak yang dihasilkan juga bagus.

3. Peluang usaha membuka counter pulsa dan kuota internet

Counter pulsa di desa mungkin tidak sebanyak di kota, itulah yang bisa menjadi peluang anda. Apalagi jika hanya anda yang menjual, pasti akan ramai pembeli. Rasanya tidak mungkin orang desa pada zaman sekarang tidak memiliki HP. Jadi usaha ini sungguh menjanjikan.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Berternak Ayam Pedaging yang Mudah dilakukan        

4. Peluang usaha membuka bengkel

Bengkel di desa juga masih sangat jarang. Ini merupakan kesempatan bagi anda. Orang desa sekarang pasti memiliki motor semuanya. Bengkel kecil-kecilan yang anda buka, setidaknya saat mereka akan mengganti ban motor, sekedar ganti oli, atau bahkan service bulanan tidak perlu jauh-jauh hingga ke kota.

5. Peluang usaha berternak bebek, menjual telur bebek dan telur asin

Karena di desa banyak lahan tersedia, anda juga bisa membuka peternakan bebek. Telur bebek yang akan dihasilkan bisa di jual secara mentahan saja. Atau dapat anda olah menjadi telur asin. Anda dapat menjual telur bebek yang dititipkan di toko, atau dapat berkeliling.

Itulah beberapa peluang usaha yang dapat anda lakukan di desa. Usaha di desa untuk jangka ke depan memang dapat berkembang. Karena di desa masih padat penduduk dan mayoritas penduduknya hanya bertani. Sedangkan di kota, semua orang sudah sibuk dengan pekerjaan-pekerjaan kantor dan jarang berada di rumah. Sehingga contoh usaha diatas sangat tepat.

Baca Juga  Ingin Menjadi Suplier, Website Ini Buka Peluang Usaha Itu

Apalagi modal untuk membuat usaha di desa tidak harus besar, tersedia banyak lahan yang harganya relatif murah. Dibanding saat usaha di kota dengan sewa tempat atau membeli tempat untuk membuka usaha sangatlah mahal. Semoga contoh diatas dapat membantu anda. Jadi tidak perlu khawatir jika anda hanya tinggal di desa. Justru sangat bagus untuk membuat suatu usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here