Kriteria Produk Desa yang Bisa Dijual Online

Kriteria Produk Desa yang Bisa Dijual Online

BERDESA.COM – Siapa bilang warga desa tidak bisa ‘bermain’ di dunia jual-beli online. Bahkan BUMDesa-pun bisa membuka toko dan berjualan online. Faktanya, pemasaran online membuat banyak orang menjadi kaya mendadak karena produknya laris diborong orang melalui toko online. Tapi bagaimana caranya menentukan produk desa yang bisa dijual secara online? 

Berjualan online sesungguhnya jauh lebih praktis dibanding offline. Soalnya, sebuah toko online tidak harus memiliki gerai yang untuk membangunnya butuh modal besar itu. Hal menarik lainnya, di internet lebih beragam barang yang bisa dijual karena kemampuannya menjaring calon pembeli yang tanpa batas. Bagaimana dengan produk desa dan apa saja kriteria sebuah produk bakal di jual online?

Pertama, barang itu dibutuhkan banyak orang. Produk yang bagus tetapi bukan termasuk barang yang dibutuhkan banyak orang jauh lebih sulit terjual dibanding produk dengan kualitas biasa tetapi menjawab kebutuhan banyak orang. Maka, barang yang dijual di toko online biasanya barang yang sangat dibutuhkan orang misalnya pakaian, makanan yang gampang dikemas dan tahan lama untuk dikirimkan. Beragam produk desa seperti tenun dan kerajinan sudah pasti termasuk produk seperti ini.

Kedua, memiliki keuntungan tinggi. Hebatnya berjualan online karena memiliki keuntungan alias margin yang besar, rata-rata 25 persen. Soalnya, proses transaksi seperti ini mengharuskan proses pengiriman dan sebagainya, harga relatif bukan masalah utama bagi para pembelanja online ketika jatuh hati pada produk yang dicarinya. Kalau Anda mau, ada banyak produk desa unik yang tidak banyak tersedia di kota yang bisa dijual di ranah maya ini.

Ketiga, harus gampang dikirimkan. Karena mengharuskan proses pengiriman maka barang yang dijual di toko online harus bisa melalui proses ini. Ingat, proses pengiriman bisa berhari-hari sehingga produk yang Anda jual harus kuat menempuh rentang waktu untuk sampai di tangan pembeli dalam kondisi sesuai pesanan. Jika itu produk makanan, tentu saja jangan sampai makanan itu basi dan kehilangan keunggulan rasa ketika sampai di meja hidang pembelinya.

Keempat, pakailah model ‘menerima pesanan’ untuk produk desa yang tidak bisa disimpan lama. Maka Anda harus mulai menawarkan produk Anda jauh hari sebelum panen tiba. Cara ini sudah banyak dipakai oleh para penjual online. Jika cara ini diterapkan pada hasil pertanian, perkebunan, perikanan yang banyak diusahakan warga di desa, bukan tidak mungkin produk desa bakal menguasai pasar online suatu hari nanti.

Tetapi sebenarnya ada cara yang sangat praktis yang bisa Anda tempuh untuk menjual produk-produk desa Anda. Tinggal buka saja www.usahadesa.com, mengisi formulir sebagai pembeli dan memasukkan produk Anda disana. Dalam sekejab produk Anda akan dibaca ribuan pasang mata di seluruh wilayah dunia. www.usahadesa.com adalah pasar online yang menjual beragam produk desa. Tidak ada barang impor di www.usahadesa.com karena E-commerce ini memang dibangun untuk mewadahi besarnya potensi produk desa di seluruh Indonesia. Menjual produk Anda di www.usahadesa.com berarti bakal memangkas berbagai biaya dan proses dibanding Anda membuat website sendiri. Kalau ada yang simpel dan praktis kenapa harus repot? (aryadji/berdesa)

Foto: www.marketing4ecommerce.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*