Eloknya Kalibiru, Si Jawara Desa Wisata Jogja

0
1286
Eloknya Kalibiru, Si Jawara Desa Wisata Jogja
Eloknya Kalibiru, Si Jawara Desa Wisata Jogja

BERDESA.COM – Hutan yang rindang, hawa sejuk pegunungan, pemandangan elok waduk, olah raga menantang andrenalin baru beberapa pesona di desa wisata ini. Namanya Desa Kalibiru, Kokap, Kulonprogo. Inilah jawara Desa Wisata Yogyakarta 2013. Eloknya alam dan keramahan warganya membuat desa di perbukitan Menoreh ini menjadi pemenangnya,

Ada berderet pesona di desa wisata berketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini. Dimulai 2008 lalu ketika warga mendapat ijin menghijaukan kembali hutan yang dulu kerontang dan tandus. Beberapa tahun kemudian Kalibiru menjelma menjadi desa yang asri. Warga desa ini bahkan sepakat seluruh bangunan di desanya tidak dibangun dengan beton melainkan kayu dan materi yang tidak merusak alam.

Butuh sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta untuk sampai di sini. Juga nyali berlebih ketika mulai mendaki jalan raya menuju desa wisata karena ketinggiannya. Tak perlu kawatir, meski di jauh dari kota tetapi semua papan arah akan menjamin Anda tidak tersesat. Dan jangan kaget, begitu Anda menjejak kaki bakal terlihat garis pantai selatan dan waduk Sermo yang tenang dengan hutan di sekelilingnya. Selanjutnya, beragam pesona siap menyambut Anda.

Baca Juga  Pingin Jadi Desa Wisata, Seluruh Warga Harus Paham Konsepnya

Jalan kaki melewati jalan setapak, ada sederet fasilitas olah raga menantang, mulai flying fox, jembatan tali dengan pemandangan alam di bawahnya. Pengunjung juga bisa merasakan suasana hutan dengan berjalan melalui jalan setapak. Hutan ini tempat hidup beragam fauna yang jarang kita jumpai seperti elang Jawa, ayam alas, landak bahkan juga harus hati-hati karena masih ada Harimau Jawa dan Kumbang di sini. Tapi jangan kawatir, warga setempat telah menyiapkan tim pemandu yang menjamin pengunjung aman menikmati desa wisatanya.

Beragam fasilitas tersedia di desa wisata ini mulai dari parkir yang luas, pendopo tempat berkumpul rombongan, camping ground, homestay alias penginapan dengan suasana desa yang sangat nyaman, warung makan dan berderet kios snack, semuanya bertarif standar saja. Dan jangan lupa menikmati pemandangan menakjubkan dari menara pandang yang ada di salahsatu sudut desa. Papan pandang ini kondang-malindang sebagai tempat berfoto favorit para wisawatan Kalibiru. Duduk di sana, panorama hutan dan waduk Sermo bakal menyejukkan hati siapapun yang menatapnya.

Baca Juga  Desa Blekok, Destinasi Wisata Baru di Desa Klatakan

Tapi sesungguhnya cerita hebat Kalibiru bukan hanya indahnya alam yang dimilikinya. Melainkan bagaimana warga desa ini sejak 2008 bahu-membahu menanam ribuan pohon untuk menghijaukan hutannya. Gotong-royong mereka merawat hutan lalu mulai membangun sendiri beberapa fasilitas wisata seperti cottage, MCK dan sebagainya hingga akhirnya desa mereka menjadi begitu indah dan layak digelari juara lomba desa wisata.(dji-1)

foto: www.irhamfaridh.com

Tips : Merintis Pendirian Desa Wisata

Baca juga : Potensi BUMDesa Kelola Wisata Alam
Pendamping Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here