Eksotisme Hutan Pinus Mangunan, Favorit Selfi dan Pre Wedding

Eksotisme Hutan Pinus Mangunan, Favorit Selfi dan Pre Wedding

BERDESA.COM – Apa yang menarik bagi kawula muda selain ini: selfi. Maka wisata hutan pinus di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta adalah salahstau tempat yang Anda harus datangi. Kini, inilah salahsatu tempat yang paling banyak didatangi orang untuk mengabadikan dirinya di antara rindang pinus yang bukan main indahnya.

Hutan ini berada di kanan kiri jalan yang menghubungkan antara Imogiri dengan Patuk. Anda bisa meneempuh jalur melalui Imogiri. Berupa tanjakan dengan pemandangan indah sepanjang jalur, Anda akan sampai di Hutan Pinus ini. Anda juga bisa menempuhnya melalui jalur pertigaan Patuk di Jalan Wonosari. Sama saja, kedua jalur ini bakal memanjakan mata Anda dengan pemandangan yang ciamik.

Wisata hutan pinus Mangunan menjual panorama hutan pinus yang berusia puluhan tahun. Lahan milik Perhutani ini dahulu kala tempat yang jarang dirambah orang saking sepinya. Maklum, kala itu wisata desa belum menjadi buruan orang. Fenomena keramaian di wilayah ini merebak setelah media sosial menjadi bagian dari gaya hidup semua orang.

Pemandangan hutan pinus dengan tanah berlantai dedaunan pinus berwarna cokelat dijamin baka mencegat mata siapa saja untuk membidikkan kameranya ke sini. Rimbunnya hutan emmbuat sinar matahari hampir tak mampu menerobos hingga ke tanah, membuat suasana di bawah rimbunan menjadi sejuk dan teduh, mirip pemandangan hutan pinus di Jepang.

Meski harus menempuh jalan menanjak, berkelok dan cukup jauh dari kota tetapi pesona hutan ini bak magnit menyedot siapa saja. Ribuan orang datang ke sini setiap minggu, menjepretkan kamera mereka dari berbagai sudut. Siapapun bisa dengan mudah menemukan gambar-gambar Hutan Pinus Mangunan di internet saking banyaknya foto yang diambil di sana.

Umumnya para pelancong adalah anak-anak muda yang memang sedang sangat gandrung berselfi ria alias mengabadikan diri sendiri. Dan satu lagi, pasangan yang bakal melangsungkan pernikahan. Ya, ini adalah hutan tempat banyak pasangan muda menggelar pre wedding nya. Tak perlu heran jika banyak undangan menikah memuat pemandangan hutan ini.

Selain mudah dicapai karena terletak di pinggir jalan, sepanjang jalur ini juga menyajikan obyek wisata dengan pemandangan spektakuler. Anda bakal bisa mendatangi beberapa spot sekaligus sepanjang beberapa kilometer di area hutan melalui jalur ini. Jangan kawatir, desa-desa setempat telah membangun sarana umum seperti toilet, tempat duduk dan sarana umum lainnya.

Tempat parkir dan warung makan juga telah bertenggeran di sini dengan tempat duduk yang bakal membuat Anda enggan beranjak. Anda bisa menyeruput kopi sambil menikmati angin sepoi hutan yang lembut. Suara sengau daun pinus dihembus angin adalah sajian musik alam yang tiada taranya. Semuanya bisa Anda nikmati di obyek wisata ini.

Inilah yang membuat wisata desa ini dibludaki pengunjung setiap hari libur tiba. “ Kami bersyukur semakin banyak orang yang datang sehingga memberikan rejeki bagi warga di sini,” ujar Wigati, salah seorang pedagang makanan di sini. Keramaian tempat ini memang memberikan banyak sumbangan bagi warga setempat mulai dari berjualan makanan, minuman, mengelola parkir dan menyewakan berbagai alat seperti tenda dan hammock.

Di sini Anda memang bisa membuka tenda untuk menikmati malam yang syahdu. Para pemuda setempat yang mengelola tempat ini dengan ramah bakal melayani kebutuhan Anda dengan harga yang tak akan membuat kering isi kantung. Bukan hanya tenda saja, Anda juga bisa mendapatkan sajian kuliner khas Mangunan yang unik seperti tiwul, sejenis makanan berbahan ketela. Tak heran hutan ini menjadi salahsatu tujuan favorit wisata desa sekarang ini.(aryadji/berdesa)

Foto: www.arwini.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*