Eksotisme Ber-Swafoto di Negeri Atas Awan Mangunan

0
802

BERDESA.COM – Pingin merasakan berdiri di atas hamparan awan bak kapas raksasa dengan udara dingin, pergilah ke Kabun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Ketika fajar tiba, kebun ini bakal menyodorkan pemandangan spektakuler itu. Inilah obyek wisata desa yang kini dibanjiri utamanya kawula muda.

Tempat indah itu bisa dicapai dari arah Imogiri ke arah Dlingo. Jalurnya menanjak dengan pemadangan elok di kanan kiri. Beberapa spot untuk berselfi bisa Anda dapatkan sepanjang jalur ini. Tapi simpan sebaiknya hasrat Anda memotret diri karena Kebun Buah bakal menyajikan pemandangan tak terduga nanti.

Setelah sekitar 10 menit menginjak gas cukup dalam, Anda bakal sampai di pertigaan. Ambil jalur ke kanan dan segera masuk ke jalan arah kanan sekitar 50 meter dari pertigaan itu. Beberapa raus meter kemudian Anda sudah bakal sampai ke kebun buah. Parkir kendaraan Anda di pelataran taman di sana dan segeralah menuju ke sisi selatan pelataran.

Dari situ Anda bakal segera menyaksikan hamparan perbukitan dan ngarai terbentang. Di sela-sela perbukitan yang tonjol-menonjol itulah kelokan sungai Oya mengular, menjadi pembatas wilayah Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Dari taman ini Anda bisa menatapi seluruh pemandangan itu dalam sekali sapuan.

Baca Juga  Agar BUMDesa Tak Bangkrut Ketika Mendirikan Usaha

Tetapi sebaiknya Anda datang ke tempat ini di pagi-pagi sekali. Soalnya, pemandangan elok itu bakal terbentang pada saat itu. Itulah saat lautan kabut asap menggelantung menyelimuti punggung-punggung perbukitan hingga hanya menyisakan pemandangan seputih kapas pada seluruh permukaannya. Hebatnya, lautan kabut itu bakal berada di bawah kaki Anda. Benar-benar seperti berada di puncak gunung sangat tinggi. Inilah yang membuat tempat ini berjuluk “negeri di atas awan”.

Pemandangan itu bakal makin elok pada saat musim hujan. Soalnya, pada musim inilah kabut bakal sangat tebal dan bakal memanjakan kamera ponsel Anda untuk mengambil gambar terbaik. Jangan salah, selfi adalah musabab paling utama ratusan kawula muda hilir mudik mendatangi tempat ini. Lalu foto-foto eksotik mereka berdiri di atas lautan kabut yang beredar melalui sosial media itulah yang mengundang lebih banyak lagi orang ingin mengabadikan dirinya di Kebun Buah Mangunan.

Sosial media memang menciptakan gelombang ketenaran yang luar biasa bagi tempat ini dan beberapa spot wisata di beberapa desa yang berdekatan dengan kebun ini. Siapa yang tak kepincut berpose di dengan latar belakang kabut seputih kapas membentang. Faktanya, keramaian tempat ini memang terpicu oleh tukar menukar foto para muda dengan akun media sosialnya.

Baca Juga  Tinggi Respon Pasar Produk Pertanian Melalui Online

Tapi nanti dulu, sesungguhnya pesona Taman Buah ini bukan hanya kabutnya yang spektakuler. Melainkan juga beragam tanaman buah yang bertumbuhan di area nan luas di sini seperti durian, rambutan dan lain-lain. Kebun buah ini juga menyediakan area camping dan bisa menjadi tempat grup atau sekelompok mahasiswa menjalankan acara keakrabannya.

Tak perlu kawatir mengenai fasilitas karena pihak pengelola sudah menyediakan toilet dan menjamin keamanan berada di tempat ini. Warga sekitar pun dengan ramah dan senang hati akan membantu memberikan segala informasi mengenai kebutuhan para wisatawan seperti lokasi warung makan, warung pulsa dan sebagainya. Satu lagi, tempat ini juga berdekatan dengan beberapa spot wisata lainnya seperti wisata hutan pinus yang hanya berjarak sekitar dua kilometer dari kebun buah ini. Jadi, apa yang menunda Anda untuk mendapatkan gambar eksotik di sana?(aryadji/berdesa)

Foto: www.wisatapedi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here