Ebook Kumpulan BUMDesa Terbaik Indonesia

1
1908
Ebook Kumpulan BUMDesa Terbaik IndonesiaBerdesa.com – Tak berlebihan kiranya mengatakan, kelahiran BUMDesa adalah kemenangan awal bagi desa. Dengan BUMDesa kini desa memiliki kekuatan untuk menentukan langkahnya sendiri membangun kesejahteraan, sebuah kekuatan yang pupus karena pola kebijakan top down bertahun-tahun sebelumnya.
Tetapi sebagai wacana baru, beragam hambatan yang lebih tepat disebut tantangan, membuat desa harus bekerja keras mewujudkan peluang itu. Melahirkan BUMDesa bukan kerja ringan, desa harus bergerak dari tata pemerintahan yang selama ini identik dengan urusan administrasi dan politik menuju desa sebagai sebuah kesatuan sosial yang mampu membangun kekuatan ekonomi dengan potensi dan aset serta modal sosial yang dimilikinya.
Bahkan meski negara memperkuat posisi desa dengan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, diperkuat berbagai peraturan hingga Peraturan Desa, ditambah lagi amunisi berupa dana cair langsung ke rekening desa, tetap saja desa butuh waktu menterjemahkannya menjadi BUMDesa. Soalnya, proses melahirkan BUMDesa harus menempuh proses partisipatif, legal dan sesuai dengan koridor yang telah dibuat pemerintah.
Setelah melewati tahap inilah desa baru bisa melangkah pada proses melahirkan lembaga usaha BUMDesa. Tak heran jika memasuki 2017, jumlah BUMDesa di seluruh bagian republik ini masih sangat jauh dari harapan.
Salahsatu cara cepat menularkan virus pembangunan BUMDesa adalah dengan memberikan contoh desa-desa yang telah berhasil mendirikan bahkan mengembangkannya menjadi lembaga usaha yang mumpuni. Karenanya pemerintah lantas memilih BUMDesa-BUMDesa terbaik yang menjadi para Jawara BUMDesa. Dan inilah pilihan pemerintah: 17 BUMDesa terbaik se-Indonesia dari berbagai penjuru nusantara dengan rupa-rupa cerita.
Sebagai portal yang mengukuhkan diri sebagai penyedia informasi mengenai isu-isu memajukan desa, kumpulan tulisan ini adalah cara Berdesa.com mendorong desa di seantero nusantara untuk segera bangkit mengikuti desa lain yang telah sukses berlaga. Di bawah bendera Usaha Desa Sejahtera yang berkantor pusat di Yogyakarta, berdesa.com membangun kekuatan bersama usahadesa.com dan desabelajar.com, sebagai gerbang desa menuju kesejahteraannya. Selamat membaca.

Download Ebook Kumpulan BUMDesa Terbaik Indonesia

alterntif text

1 KOMENTAR

  1. Mari membangun desa secara kontinu dan konsesten, manfaatkan sebaik baiknya semua yang telah dibuat pemerintah pusat dan daerah, baik tentang regulasi aturan maupun sumber dana untuk membangun. Jangan sampai tidak ikut ambil bagian dalam pembangunan, sebagai upaya mengisi kemerdekaan 17 Agustus 1945, kemudian kita merdeka secara Administratif tahun 1959. mari merapatkan barisan………..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here