Dicari BUMDES Dengan Unit Usaha Listrik Desa

0
1363

Berdesa.com – Taukah Anda ada ribuan Desa yang belum teraliri listrik. Dari data yang dihimpun berdesa.com setidaknya ada 1.300 Desa yang belum dialiri Listrik. Takbisa dipungkiri bahwa kemampuan pertumbuhan ekonomi maupun Sosial Indonesia terutama di pelosok Desa sangat dipengaruhi oleh keserdiaan listrik. Ketersediaan energi listrik ditingkat desa terbukti mampu mendorong tumbuhnya usaha-usaha baru maupun meningkatkan nilai tambah produksi yang sudah ada. Sehingga menjadi strategis jika selanjutnya potensi-potensi pemanfaatan energi ini bisa dikembangkan diperdesaan, guna mendukung tumbuhnya perekonomian Masyarakat.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik, sebenarnya desa memiliki potensi untuk menghasilkan listriknya sendiri dengan memanfaatkan alam yang ada. Seperti memanfaatkan sinar matahari, angin, aliran sungai dan biogas dari kotoran ternak.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) memiliki potensi yang layak untuk dikembangkan sebagai lembaga pengelola listrik tingkat perdesaan berbasis energi terbarukan yang memiliki karakteristik khusus dan belum terjangkau akses listrik yang disediakan PLN. Fasilitasi BUMDES sebagai pengelola usaha listrik desa akan membuka peluang sebagai mitra kerja PLN maupun swasta lainnya.

Baca Juga  Bentuk & Strategi Majukan BUMDesa

Dalam rangka mendukung percepatan penumbuhan kegiatan ekonomi di desa dan meningkatkan pengelola usaha listrik berbasis BUMDES, Berdesa.com dibawah naungan PT. USaha Desa Sejahtera mencari BUMDES yang bergerak dalam unit usaha listrik desa berbasis energi terbarukan (PLTS, PLTMH, PLTBiogas).

Bagi BUMDES yang yang telah mempunyai pengalaman dalam unit usaha listrik desa berbasis energi terbarukan (PLTS, PLTMH, PLTBiogas), bisa langsung melengkapi form dibawah ini. Mari kita bersama-sama menginspirasi ribuan desa di Indonesia untuk menghasilkan listrik secara mandiri.

Form BUMDES Unit Usaha Listrik Energi Terbarukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here