Destinasi Desa Agro Wisata Pujon Kidul Malang

0
963
Destinasi Desa Agro Wisata Pujon Kidul

Salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di daerah Malang adalah Pujon Kidul, desa yang berbasis agrowisata ini terletak 30 kilometer dari Kota Malang tepatnya berada di sisi barat Kota Batu. Desa ini dulu merupakan desa yang biasa saja dan hanya segelintir orang yang mengetahuinya, dengan potensi hamparan sawah yang dimilikinya, jajaran aparat desa dan warganya mampu merubah desa tersebut sehingga memiliki tampilan yang cantik dan menjadi sebuah desa yang berkonsep agro.

Semenjak menjadi desa wisata, Pujon Kidul menjadi destinasi para wisatawan, tercatat jumlah pengunjung desa Pujon Kidul ini bisa mencapai 500 orang pada hari biasa sedangkan pada akhir pekan jumlah pengunjungnya bisa berlipat-lipat hingga 3 ribuan orang.

Desa wisata yang mulai dirombak tahun 2015 ini memanjakan para wisatawan dengan pemandangan hamparan sawah yang indah lengkap dengan pegunungannya, selain itu pula desa ini juga dilengkapi dengan beberapa spot-spot yang instragamble.

Di desa wisata ini, pengelola juga menyediakan beberapa wahana wisata khas wisata agro seperti wahana memetik sayur dimana wisatawan diberikan pengalaman menjadi seorang petani, lalu ada juga wisata edukasi cara membuat biogas dengan harapan wisatawan bisa mempraktekkannya di tempat asalnya masing-masing sebagai alternatif bahan bakar, lalu ada juga wahana pengoalahan susu dan beternak. Untuk wisatawan yang ingin berkeliling area desa, disediakan juga wahana ATV dengan jalur yang sudah disediakan.

Baca Juga  Bangun Wisata Desa dengan Pokdarwis, Terbukti!

Bagi wisatawan yang ingin menginap, Desa Pujon Kulon juga menyediakan sarana penginapan yang sudah disediakan di sekitar desa, atau wahana camping bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi menginap di alam terbuka. Bagi wisatawan yang membawa buah hati, desa wisata Kulon Projo juga memiliki beberapa wahana yang memang dikhususkan bagi anak-anak. Setelah lelah menikmati desa ini, wisatawan juga dapat menggunakan fasilitas Gazebo yang banyak didirikan di sekitar desa.

Salah satu tempat andalan desa wisata Pujon Kulon ini adalah Cafe Sawah, di Cafe Sawah ini wisatawan bisa melepas lelah sambil menyantap makanan khas di desa ini, Cafe Sawah ini cukup terkenal di dunia maya baik di situs pencarian maupun di instagram. Bagi wisatawan yang hobi naik gunung, di desa ini juga disediakan jalur khusus pendakian dengan medan yang berbukit-bukit, disarankan untuk menggunakan jasa tur guide agar tidak menyasar.

Lebih kedalam lagi, desa Pujon Kidul ini juga memiliki air terjun yang indah yaitu Coban Mana dan Coban Sumber Pitu yang memiliki keunikannya masing-masing. Untuk mencapai lokasi air terjun ini tidaklah mudah, sebaiknya persiapkan fisik yang prima dan disarankan pula untuk menggunakan jasa petunjuk arah dari warga desa setempat.

Baca Juga  BI Kembangkan Sistem Transaksi Non Tunai Dana Desa

Harga masuk ke desa wisata Pujon Kidul ini juga bisa dibilang murah , dengan tarif tidak mencapai sepuluh ribu, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam desa Pujon Kidul lengkap dengan spot-spot foto yang instagramablenya, selain itu pula tiket masuknya sendiri dapat diturkarkan dengan makanan dan minuman di spot yang sudah disediakan.

Namun apabila ingin menggunakan wahana-wahana lainnya seperti ATV, wisatawan perlu mengeluarkan kocek lagi dengan tarif yang berbeda-beda. Desa wisata Pujon Kulon ini merupakan desa yang masuk dalam Program Dana Desa, sehingga dengan dana desa yang diperoleh ini masyarakat desa beserta jajaran staf desa menyulap desa ini menjadi destinasi wisata yang unik di daerah Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here