Deskripsi Candi Borobudur Yang Wajib Diketahui

0
22093
Deskripsi Candi Borobudur Yang Wajib Diketahui

Deskripsi Candi Borobudur – Bagi orang Indonesia, nama Candi Borobudur sudah pasti tidak menjadi sesuatu yang asing di telinga. Namun, tidak semua memahami fakta sejarah serta bagaimana Borobudur tersebut dibangun. Oleh karena itulah, berikut ini kami hadirkan untuk anda mengenai deskripsi Candi Borobudur yang mana banyak mengandung filosofi kehidupan.

Dibangun pada abad ke-8, Candi Borobudur sempat terlupakan karena tertimbun abu vulkanik akibat letusan gunung Merapi. Namun, pada akhirnya candi kolosal yang dibangun pada Wangsa Syailendra ini kembali ditemukan dan oleh Sir Thomas Raffles pada masa kolonialisme dan kembali memegahkan diri pada tahun 1835.

Konon penemuan Candi Borobudur ini menggemparkan dunia, yang kemudian hingga masa kemerdekaan, Borobudur mendapatkan banyak perhatian dunia termasuk oleh UNESCO yang kemudian didaftarkan sebagai situs warisan dunia. Sebagai dampaknya, tak sedikit pemugaran yang dilakukan atas biaya asing.

Megahnya Candi Borobudur mengambil inspirasi dari gaya Mandala yang merupakan simbolisasi alam semesta menurut agama Buddha. Deskripsi Candi Borobudur seperti struktur bangunan yang kotak dengan empat pintu masuk di keempat sisinya, serta lingkaran di tengahnya memberikan gambaran sebagai alam semesta.

Berdesa Tour

Bagian yang tampak dalam deskripsi Candi Borobudur tersebut menyimbolkan alam nirwana sebagai pusatnya serta tiga bagian luar yang menyimbolkan alam duniawi. Ketiga alam duniawi tersebut adalah Kamadathu, Rupadathu dan yang paling dalam adalah Arupadathu.

Baca Juga  Candi Gedong Songo Semarang, Wisata Kembali Ke Alam

Deskripsi Candi Borobudur di area Kamadathu, terdapat 160 relief yang menjelaskan tentang Karmawibhangga Sutra yang merupakan hukum sebab akibat. Dalam relief ini menggambarkan alam duniawi dengan segala sifat dan nafsu manusia yang menggambarkan tentang merampok, memperkosa, membunuh, penyiksaan dan lainnya.

Pada tingkatan selanjutnya, yakni Rupadhatu terdapat 328 patung Buddha dengan hiasan relief, juga terdapat manuskrip Sansekerta yang terdiri dari 1300 relief. Dalam relief tersebut dikisahkan Gandhawayuha, Lalitawistara, Jataka dan Awadana. Semuanya itu terbentang sepanjang 2,5 KM dalam 1212 panel.

Dalam tingkatan Rupadhatu yang ada dalam deskripsi Candi Borobudur, menceritakan tentang alam peralihan manusia yang membebaskan manusia dari urusan keduniawian. Dan yang terakhir yakni Arupadhatu merupakan simbol dari kebangkitan dunia. Disini menggambarkan alam tertinggi yakni kediaman Tuhan.

Tidak akan ditemukan hiasan atau relief disini, pasalnya tingkatan ini menampilkan kesempuranan dan juga kemurnian. Terdapat patung Buddha yang menghadap keluar candi serta 72 stupa secara keseluruhan. Perdebatan terjadi pada stupa di tingkat tertinggi yang mana stupa tersebut kosong.

Baca Juga  Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Beberapa pihak menyampaikan jika stupa tersebut memang kosong ada juga mengatakan kosong karena dicuri. Hingga kini belum diketahui mengenai fakta kebenarannya. Namun, bukti bukti bahwa adanya pencurian di Borobudur memang ada sehingga tidak heran banyak yang mencurigai atas kekosongan.

Nah itulah beberapa tentang deskripsi Candi Borobudur yang bisa anda pahami. Jangan lupa ketika mengunjungi Candi Borobudur anda sebaiknya menyewa guide. Menyewa jasa Guide ini memang tidak wajib, karena memang mungkin ada diantara anda yang sudah memahami tentang seluk beluk dari Candi Borobudur ini.

Jika belum maka bantuan jasa dari Guide bisa memberikan deskripsi Candi Borobudur mulai dari sejarah pembangunannya, makna filosofis dari setiap bangunannya. Bagaimana apakah anda tertarik untuk menyaksikan sendiri kemegahan dari Candi Borobudur?

Segera yuk kunjungi saat liburan agar semakin bertambah wawasan kita tentang deskripsi Candi Borobudur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here