Tiga langkah Menjadi Desapreneur Sukses

3 Langkah Menjadi Desapreneur Sukses

BERDESA.COM – Topik Desapreneur terus menggelinding dan mendapat sambutan hangat berbagai belahan masyarakat bumi pertiwi. Tapi apa sih Desapreneur dan bagaimana cara menjadi Desapreneur yang sukses.

Desapreneur adalah gerakan penguatan ekonomi pedesaan yang digulirkan PT Usaha Desa Sejahtera, perusahaan yang menjalankan E-Commerce www.usahadesa.com, ini adalah E-Commerce yang fokus menjual produk yang dihasilkan warga pedesaan diseluruh Indonesia dan UMKM.

Desapreneur adalah seseorang yang memiliki kemampuan melihat potensi sebuah produk atau lebih dari satu buatan warga pedesaan untuk dijadikan produk yang layak jual, memolesnya, membuatnya tambah bernilai, tahu bagaimana mengemasnya dan mengelola toko online untuk menjualnya.

Bagaimana menjadi Desapreneur yang sukses? Begini caranya:

1. Pasarkan

Melihat dan mengamati berbagai produk yang dilahirkan warga desanya mulai dari kuliner, kerajinan tangan, fesyen hijab atau batik atau lainnya. Produk-produk itu haruslah memiliki peluang untuk dijual secara luas. Lakukan komunikasi dengan produsen untuk membuat kesepakatan mengenai komisi yang didapat dari setiap produk yang Anda berhasil jual. Buat gambar yang menarik mengenai produk itu untuk ditampilkan pada lapak di Usahadesa.com dan cerita yang menarik mengenai produk itu. Lalu mendaftar ke www.usahadesa.com dan memasukkan produk-produk itu ke listing yang ada di sana.

2. Promosikan

Setelah masuk listing di Usahadesa.com. Desapreneur juga harus melakukan promosi melalui sosial media untuk mempercepat laju penjualan produknya. Sosial media sangat efektif membuat orang tertarik membeli sebuah produk karena calon pembeli bisa berinteraksi langsung mengenai berbagai hal mengenai produk itu. Tetapi sebaiknya sosial media hanya dimanfaatkan untuk promosi saja, jika seorang pembeli ingin melakukan transaksi, sebaiknya Anda lakukan melalui Usahadesa.com. Soalnya, sosial media tidak memiliki mekanisme keamanan bagi transaksi yang Anda lakukan. Sedangkan E-Commerce sudah dilengkapi sistem rekening bersama yang akan membua uang pembeli bakal aman hingga barang yang dipesannya sampai di tangan pembeli.

3. Kelola

Kunci sukses berjualan online adalah tekun mengelola akun. Tekun berarti harus terus melakukan monitoring pada toko online yang Anda miliki dengan cara sesering mungkin menengoknya. Soalnya, kedatangan pembeli bisa berlangsung 24 jam. Ingat, keunggulan toko online adalah buka 24 jam dan bisa diakses dari seluruh penjuru dunia ini. Pelayanan yang baik adalah kunci kepercayaan, maka jangan sampai seorang pembeli kecewa karena Anda kelamaan mengirim barang atau malah Anda tidak siap stok sesuai permintaan. Jika Anda beberapa kali menolak pembelian atau terlambat mengirim, Anda akan mendapat catatan negatif dari perusahaan E-Commerce dan sanksinya bisa jadi Anda bakal kena coret dan tidak boleh berjualan di E-Commerce.

Apa yang didapat seorang Desapreneur? Satu, mendapat keuntungan profit dari kesepakatan dengan produsen jika produk desa atau UMKM yang dia tangani, terjual. Jumlahnya tidak terbatas karena seorang Desapreneur bisa menjual sebanyak mungkin produk. Maka menjadi kaya raya dengan menjual produk desa dan UMKM sangat mungkin terjadi di desa-desa di seluruh nusantara ini. Kedua, menjadi Desapreneur berarti menjadi orang yang berjuang memajukan desa maka setiap keberhasilan yang dia ciptakan maka itu juga keberhasilan bagi UMKM, bagi produk desa dan bagi desanya.(dji-1)

Photo : www.ziliun.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*