Desapreneur, Jembatan Produk Desa ke Pasar Online

0
676

BERDESA.COM – Setiap desa sesungguhnya memiliki banyak produk yang bisa dipasarkan dan menciptakan kesejahteraan bagi warganya. Hanya saja, sebagian dari warga desa belum tahu saluran yang tepat untuk memasarkan produk-produk itu. Masalah lainnya, keterbatasan akses informasi membuat warga tak gampang menerima kehadiran teknologi dan peluang baru.

Peluang baru yang sangat besar prospeknya adalah pasar online yakni mengusung produk-produk desa untuk dipasarkan secara online melalui pasar-pasar digital yang saat ini marak dan bersliweran di internet. Tetapi, sistem ekonomi di desa yang dijalankan UKM-UKM masih berbasis konvensional sehingga sebagian dari mereka belum tahu besarnya peluang ini.

Besarnya peluang memasar barang melalui online tidak berarti mengharuskan semua orang desa dan pelaku UKM di desa harus memelototi layar komputer atau smartphone-nya. Bahkan cara ini bisa ditempuh dengan sederhana yakni dengan menggerakkan beberapa anak muda sebagai operator online-nya. Anak-anak muda, yang saat ini hampir semuanya menggenggam smartphone dan bermain internet seungguhnya bisa menjadi wirausahawan desa jika mau menjalankan ini. Namanya, menjadi Desapreneur.

Baca Juga  Wajah Asli Swalayan Desa Bernama Swadesa (Bagian 2-Terakhir)

Desapreneur adalah anak muda yang memiliki kemauan besar untuk bisa membangun usaha dengan cara yang modern namun simpel. Caranya, cukup hanya menggunakan smartphone mereka yang tiap hari mereka gunakan untuk chatting dengan sosial media itu. Mereka tinggal menemui orang-orang di desanya yang memiliki produk yang layak online, membuat kesepakatan mengenai harga dan mekanisme jika terjadi transaksi. Kemana menjual produknya?

Adalah www.usahadesa.com, sebuah e-commerce alias pasar online yang mengkhususkan diri menjual produk desa dan produk UKM di Indonesia. Berbeda dengan E commerce lain yang dipenuhi berbagai produk impor seperti gadget, Usahadesa.com justru menghiasi halaman penjualannya dengan beragam produk desa mulai kerajinan, hasil pertanian dan beragam produk yang lahir dan dibuat orang-orang di pedesaan. Website ini memang digerakkan oleh perusahaan yang ingin mendorong ekonomi desa menjadi lebih maju.

Jika Anda anak muda dan ingin mendapatkan income dengan cara yang simpel dan tetap bisa beronline ria dengan sosial media Anda, maka menjadi Desapreneur adalah salahstau pilihan yang harus Anda ambil. Soalnya, selain mendapatkan uang ketika ada penjualan produk, dengan begitu Anda juga sedang membantu warga desa Anda sendiri agar kehidupan ekonomi mereka meningkat. Lalu apa saja yang bisa dijual di Usahadesa.com?

Cara paling mudah untuk tahu produk apa saja yang laku di pasar online adalah dengan membuka pasar online pada umumnya. Jangan kaget karena ternyata di sana ada begitu banyak produk yang dijual online dan laku. Bahkan salahsatu barang yang banyak diburu pembeli adalah barang yang tidak ada di toko-toko atau bukan barang pabrikan. Barang ini sudah pasti dihasilkan oleh orang-orang tertentu dan sebagian besar dari mereka adalah warga pedesaan. Misalnya kerajinan, aksesori dan berbagai produk ekslusif lainnya.

Tetapi bukan hanya produk kerajinan saja yang bisa dijual di Usahadesa.com, e-commerce ini bahkan juga menjual produk pertanian melalui mekanisme pre order alias bisa pesan sebelum produk itu ada. Sebaliknya, setiap orang bisa juga memesan produk desa sebelum produ itu dipanen. Soalnya, produk pertanian, perikanan dan sebagainya tidak bisa di stok dengan rentang waktu yang lama.

Peluang membangun jaringan Desapreneur bukan hanya akan membuat produk desa menjadi laku secara online akan menciptakan keuntungan tersendiri bagi produsen karena akan mempertemukan mereka dengan end user dan memangkas jaringan tengkulak yang selama ini menguasai jalur distribusi produk. Kenapa tidak memulainya dari sekarang?(aryadji/berdesa)

Foto: www.kompasiana.com

Baca Juga  Mengenal Pajak Atas Dana Desa

Baca juga: Desapreneur Mensejahterakan Desa Melalui Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here