Desa Wisata Pertanian, Edukasi Masa Kini

0
6297
Desa Wisata Pertanian, Edukasi Masa Kini

Indonesia adalah negara agraris yang memiliki wilayah cukup luas dengan sumber daya yang beraneka ragam. Untuk memanfaatkan sumber daya tersebut makan dilakukan kegiatan pertanian, sehingga menghasilkan bahan pangan, sumber energi dan lainnya. Salah satu inovasi untuk mengembangkan pertanian adalah dengan didirikannya desa wisata pertanian.

Desa Wisata Pertanian

Potensi wisata pertanian ini sangatlah menjanjikan, mengingat Indonesia sangat didukung oleh letak geografis serta iklim yang menguntungkan. Faktor lain yang mendukung adanya desa pariwisata adalah pemandangan serta keasrian dari desa tersebut. Sehingga tidak hanya cocok untuk dijadikan lahan bercocok tanam saja melainkan juga sebagai edukasi pariwisata.

Konsep desa wisata pertanian menekankan pada kerja sama antara petani, pemerintah hingga penyuluh pertanian.Dalam hal ini peran pemerintah sangat penting di mana pemerintah dapat mendukung program-program yang akan dijalankan. Bahkan hingga memberikan modal.Sedangkan penyuluh pertanian akan memberikan arahan bagaimana cara meningkatkan produktivitas dengan tetap menjalankan program wisata dengan baik.

Tujuan Desa Wisata Pertanian

Menggabungkan pertanian dengan wisata merupakan salah satu inovasi yang sangat menarik. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengenal dunia pertanian. Banyak sekali tujuan dan manfaat yang diberikan dengan mendirikan desa wisata pertanian. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Pemberdayaan Masyarakat. Dalam pengembangan desa wisata pertanian maka akan menciptakan suatu lapangan kerna baru. Hal ini dikaenakan usaha tani akan menyerap temaga kerja dari masyarakat pedesaan tersebut. Bahkan mampu menurunkan tngkat stress masyarakat.
  • Menanggulangi Kemiskinan. Denganperpaduan konsept wisata danpertanian ini akan dapat meningkatkan pendapatan petani sekaligus masyarakat di pedesaan tersebut. Dengan demikian masyarakat atau petani akan jauh lebih sejahtera, karena adanya program-program yamg dibentuk.
  • Menekan Arus Urbanisasi. Konsep daerah wisata pertanian dapat menekan arus urbanisasi yang semakin meningka setiap tahunnya. Selain itu para petani juga akan lebih berfikir lebih kritis untuk menghadapi era globalisasi yang semakin maju.
Baca Juga  Mengenal Desa Bengkala di Bali

Contoh Desa Wisata Pertanian di Indonesia

Desa wisata pertanian menawarkan suasana keaslian perdesaan dengan arsitektur serta struktur yang sangat khas, unik dan menarik. Konsep ini sangat cocok dikembangkan di Indonesia yang kaya akan keindahan alam serta budaya. Berikut ini beberapa desa yang sudah mengusung konsep wisata pertanian.

  1. Desa Wisata Rende, Bandung Barat

Salah satu desa wisata pertanian di Indonesia adalah Desa Rende. Desa ini mengusung ikon Penanaman Berbagai Jenis Tanaman Bumbu Nusantara. Pengembangan Desa Wisata Rende ini tidak hanya untuk mengembangkan tanaman bumbu saja. Melainkan juga sebagai agrowisata berbasis buah, pertanian, wisata hingga wisata kuliner.Pengembangan Desa Wisata Rende menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas kehidupan pedesaan sekaligus masyarakat.

  1. Wisata Agro Pertanian DesaBesur Lamongan

Desa wisata pertanian yang ada di Lamongan ini tidak hanya menawarkan suasana alam pedesaan saja, melainkan juga sebagai wisata edukasi. Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai acara-acara yang berhubungan dengan pertanian. Menjadi salah satu desa berbasis wisatapertanian sekaligus untuk pembelajaran mengenai pertanian, membuat desa ini ramai dikunjungi.

  1. Desa Wisata Belok Sidan, Sidan, Badung
Baca Juga  Pariwisata Indonesia Kalah dengan Negara Tetangga, Ini Masalahnya

Desa Wisata Belok Sidan mengembangkan desa wisata berbasis pertanian. Di desa wisata pertanian ini masyarakat akan dihadapkan dengan berbagai jenis tanaman pertanian. Dan salah satu ikonnya adalah asparagus, di mana asparagus daei Desa Belok Sidan telah menjadi juara di Asia.

Banyaknya jenis pertanian yang dikembangkan di deaa ini, membuag desa Belok Sidan membentuk beberapa kelompok petani. Di desa ini tidak hanya memperlihatkan pertanian kepada pengunjung saja namun sekaligus pengunjung dapat memetik hasil pertaniannya.

  1. Desa Gejahan, Jogja

Lahan pertanjan di desa Gejahan, Gunungkidul, Jogja ini memiliki sumber airyang sangatmelimpah. Banyak sekali jenis pertanian yang ditanam di desa ini. Dan untuk mengantisipasi serangan hama serta penyakit diterapkan lahan terpadu. Yang mana di sekitar pertanian ditanami bunga yang menghasilkan serbuk sari seperti bunga matahari dan selosia.

Tujuan dari penerapan lahan terpadu tersebut adalah untuk memberikan wisata edukasi kepada masyarakat. Menjadi desa wisata pertanian Desa Gejahan membangun jembatan bambu dan berbagai spot yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca Juga  Punya Kamar Nganggur? Yuk Bisnis Homestay

Pengembangan desa wisata pertanjan harus benar-benar didukung. Hal ini dikarenakan tidak hanya sektor pertanian saja yang dikembangkan, melainkan juga sektor lainnya. Dengan demikian desa berbasis pertanian dapat meningkatkan sektor perekonomian dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here