Desa Wisata Nglinggo Sabet Gelar Terbaik di Yogyakarta

0
524

BERDESA.COM – Desa Wisata Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo berhasil menyabet gelar Juara I Desa Wisata Terbaik di Yogyakarta 2018. Desa wisata yang menyajikan suguhan alam pegunungan dengan kesejukan kebun teh ini mengalahkan desa-desa wisata yang menyajikan beragam pesona di Jogja.

Sementara juara II dihuni oleh Desa Wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Desa Wisata Krebet  kondang dengan produk kerajinan wayang yang dibuat oleh warganya dan selama ini menjadi salahsatu penopang ekonomi kawasan desa wisata yang sarat akan kegiatan seni ini. Lalu Juara ketiga digondol Kampung Wisata Rejowinangun, Kotagede, yang menyajikan berbagai atraksi wisata.

Tak mudah memenangkan diri menjadi Desa Wisata Terbaik di Yogyakarta karena di Provinsi ini terdapat ratusan obyek wisata yang sebagian besar adalah obyek wisata alam di daerah pedesaan dan dikelola desa wisata. Untuk menjadi pemenang, tak cukup hanya dengan memiliki alam yang indah dengan pemandangan menawan, tetapi harus pula memiliki kualitas hospitality alias kenyamanan bagi wisatawan. Kegiatan pemilihan ini dipusatkan di Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul akan membawa dua pemenang yakni pertama dan kedua ke pentas nasional untuk merebut gelar desa Wisata Terbaik.

Baca Juga  Pariwisata Indonesia Kalah dengan Negara Tetangga, Ini Masalahnya

Di Yogyakarta, desa wisata adalah salahsatu jenis usaha yang banyak dilakukan desa-desa di wilayah ini. Terutama desa yang memiliki potensi alam yang indah atau langka. Gairah membangun desa wisata di Yogyakarta didukung oleh status Yogyakarta yang selama ini menjadi salahsatu destinasi wisata tingkat nasional. Sehingga, jauh lebih mudah bagi desa-desa di wilayah ini mengundang wisatawan yang setiap saat mengunjungi daerah mereka.

Momen lebaran adalah salahsatu momen yang membuktikan desa wisata terbukti memiliki kemampuan besar menciptakan pendapatan bagi desa dan warga desa. Hampir semua desa wisata di Yogyakarta dibanjiri  pengunjung yang datang menikmati obyek wisata. Desa wisata menjadi tujuan wisata para pemudik karena hampir semua pemudik datang dari kota-kota besar dan datang ke desa untuk menikmati keindahan suasana desa. Alhasil, desa wisata menjadi pilihan utama mereka.

Maraknya wisata di Yogyakarta juga menarik minat para pengunjung dari kota-kota lainnya. Ribuan orang datang ke berbaga obyek wisata di daerah ini setiap hari terutama setia hari libur. Curamnya jalur jalan menuju obyek wisata tidak mengurangi minat para wisatawan berkunjung ke berbagai obyek wisata ini.

Baca Juga  Karya Seni Batu Alam Muntilan

Di lain sisi, kesadaran pentingnya menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung adalah salahsatu kunci yang membuat para wisatawan tertarik berkunjung ke sebuah obyek wisata. Warga di desa-desa wisata di Yogyakarta sangat menyadari itu, karenanya mereka menciptakan sistem pelayanan yang tak hanya membuat wisatawan nyaman tetapi juga menjaga keselamatannya. Seperti yang dilakukan warga di Desa Terong, Dlingo, Bantul. Puluhan warga dengan ramah membantu setiap pengendara motor maupun mobil yang kesulitan di jalur-jalur menanjak di beragai titik di daerah ini. Mereka melakukan itu sebagai bagian dari pelayanan dan kenyamanan pengunjung menikmati obyek wisata di desa-desa mereka.(aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here