Desa Panggungharjo Cetak Wirausaha Muda

Desa Panggungharjo Cetak Wirausaha Muda

Tingginya angka putus sekolah masih menjadi persoalan di Indonesia. Untuk itu, Pemerintah Desa Panggungharjo mengadakan program pelatihan kewirausahaan khusus bagi anak-anak putus sekolah. Program tersebut dimulai pada awal bulan November 2015.

Lurah Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi menjelaskan program tersebut merupakan bagian dari pelayanan publik. Menurutnya, selama ini pelayanan publik hanya diartikan sebagai pelayanan administratif. Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), misalnya. Padahal pelayanan publik itu luas, yakni bisa berupa pelayanan barang atau jasa publik.

“Tujuan pelayanan publik itu memenuhi kebutuhan publik atau menyelesaikan persoalan publik. Nah, persoalan di Desa Panggungharjo antara lain adalah adanya anak putus sekolah. Untuk itu, kita adakan program pelatihan kewirausahaan bagi anak-anak putus sekolah,” jelasnya.

Wahyudi menambahkan program kewirausahaan tersebut bukan program abal-abal. Sebab, program tersebut langsung dimentori oleh Program Director Universitas Ciputra Entrepreneurship Center, Dharma Kusuma. Program tersebut khusus ditujukan kepada 25 (dua puluh lima) anak-anak putus sekolah, berusia 17-25 tahun dan harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Desa Panggungharjo. Dari hasil pendaftaran terdapat 14 (empat belas) anak yang mendaftarkan diri.

“Usai masa pendaftaran berakhir. Pada tanggal 25-27 November 2015 akan diadakan pelatihan kewirausahaan di Desa Boro Kalibawang Kulonprogo. Anak-anak itu nantinya akan digembleng mentalnya, dimotivasi serta dibangun cara berpikirnya agar menjadi wirausaha. Selanjutnya, anak-anak itu akan diberikan modal usaha dan didampingi selama satu tahun,” pungkasnya.

Baca juga : Peran BUMDesa dan Anak Muda Membangun Desa

BUMDesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*