Desa Majasari Desa Unggulan Yang Menjadi Barometer

0
779
Desa Majasari Desa Unggulan Yang Menjadi Barometer

Berkat dana desa yang terus digelontorkan pemerintah melalui Kementrian Desa, kini banyak desa yang sebelumnya berstatus sebagai desa tertinggal mulai mengalami kemajuan yang signifikan.

Salah satu contohnya adalah Desa Majasari. Desa yang terletak di Kecamatan Sliyeg, Indramayu, Jawa Barat ini kini menjelma menjadi salah satu Desa Terbaik yang ada di Indonesia.

Dibalik kesuksesannya tersebut, tentunya ada beberapa hal yang menjadikan desa tersebut patut untuk diteladani oleh desa-desa lainnya. Beberapa diantaranya adalah unggul dalam bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Memiliki Perdes TKI

Salah satu hal yang cukup menarik dari desa yang satu ini adalah adanya peraturan desa tentang perlindungan TIK dan TKW. Jadi setiap warga Majasari yang hendak bekerja ke luar negeri diharuskan untuk mendatangani kesepakatan antara pihak keluarga yang ditinggalkan, kepala desa, dan penyalur tenaga kerja.

Hal ini dimaksudkan agar supaya kedepannya tidak ada permasalahan, baik saat berangkat, di tempat kerja, sampai ketika kembali lagi ke tanah air. Para TKI juga diharapkan bisa menjaga nama baik desa, kabupaten, sampai negera di negeri orang.

Baca Juga  Kementerian Luncurkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa Berbasis Cloud

Membangun Rumah Edukasi TKI

Di rumah edukasi TKI ini terdapat pendidikan dan keterampilan untuk para calon TKI dan di sana terdapat juga sekolah khusus untuk anak-anak TKI. Ternyata, konsep pengembangan infrasturktur desa Majasari bisa semakin maju berkat adanya partisipasi masyarakat desa yang aktif termasuk diantaranya para TKI ini.

Masyarakat Majasari yang sudah tidak kembali bekerja lagi ke luar negeri kemudian membuat kelompok usaha bersama Komunitas TKI Purna Sejati dan TKI Purna Mandiri yang saat ini sudah memiliki mobil yang biasa digunakan untuk kegiatan usaha dan sosial.

Memiliki Cluster Ekonomi Usaha

Mayoritas dari penduduk Desa Majasari adalah petani. Di sana terdapat ratusan hektar sawah yang memiliki cluster ekonomi usaha produktif berbasis pertanian. Tidak hanya itu saja, desa ini juga memiliki cluster ekonomi usaha lain seperti mengolah daging sapi menjadi produk makanan, mulai dari abon, bakso, nugget, dan lain sebagainya.

Selain itu, di desa ini terdapat juga pengelolaan tas tali kur, keripik pisang, kerupuk, bros, dan masih banyak lagi yang lainnya. Begitupun juga dengan para pemuda yang tergabung di dalam karang taruna, para pemuda tersebut sedang menggerakkan usaha mulai dari sablon kaos dan jual beli produk khas Majasari baik secara offline maupun online.

Baca Juga  Dana Desa Rp. 120 Triliun Dibatalkan Pemerintah, Ini Penyebabnya

Pengelolaan BUMDes Yang Baik

Keunggulan lain dari Desa Majasari adalah dalam hal pengelolaan BUMDes. BUMDes Majasari berhasil menggandeng pihak perbankan lewat program penggemukan sapi untuk para keluarga TKI.

Semula yang hanya berjumlah 22 ekor sapi, kini sapi tersebut sudah berkembang menjadi lebih dari 200 ekor.

Aktif Dalam Mengelola Website Desa

Di era modern sepaerti sekarang ini, pemanfaatan internet secara positif penting untuk terus digalakkan. Salah satu contoh yang sudah berhasil melakukannya adalah Desa Majasari ini.

Desa yang satu ini memiliki website yang dikelola sendiri oleh aparatur desa. Bahkan website desa Majasari ini dianggap yang paling aktif jika dibandingkan dengan website-website desa lain yang ada di wilayah Indramayu dan Jawa Barat.

Angka Kemiskinan Semakin Menurun

Pada tahun 1983, Majasari termasuk sebagai desa IDT (Impres Desa Tertinggal). Hal ini disebabkan angka kemiskinan di desa tersebut berada pada angka 40%. Namun kini Majasar berhasil menurunkan angka kemiskinan sampai pada angka 8,24%.

Sebenarnya masih banyak lagi keberhasilan-keberhasilan yang bisa ditorehkan oleh Desa Majasari ini. Salah satu diantaranya adalah memiliki perpustakaan desa berbasis online.

Baca Juga  Minimal 20 Persen Dana Desa untuk Bayar Upah

Terlepas dari itu semua, ada beberapa hal yang patut dicontoh oleh desa-desa lain yang ada di Indonesia. Salagh satunya adalah keberhasilan Desa Majasari dalam mengembangkan SDM masyarakatnya sehingga penduduk Desa Majasari bisa lebih kreatif dan inovatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here