Desa ini nekat untuk masyarakatnya

0
94
posdes

Serang – Pertanian desa merupakan basis terpenting dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Karena itu,Desa ini nekat untuk mempasilitasi petani didesanya dengan membangun pos pertanian yang dimana pos ini dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi antar petani dan pemerintahan desa.

“Kalau bicara ketahanan pangan nasional, maka desa adalah penyedia utama sumber pokok pangan nasional. Makanya kita lakukan berbagai gerakan program yang dapat memperkuat petani desa,” ujar Kepala Desa Sukaratu Kec.Cikeusal Kab.Serang Prov.Banten, Irman Supriatman saat ditemui dipos pertanian di Sukaratu, Selasa (12/7/2016).

Irman menjelaskan, Masyarakat Desa Sukaratu mayoritas petani namun sudah tiga periode pemerintahan desanya belum ada pengerak yang konkret yang berpihak kepada petani yang notabenya rakyat miskin, sedangkan dalam anggaran dana desa menyebutkan -+ 50% Dana desa yang mengalir kedesa berasal dari masyarakat dikalangan tersebut.

Dengan itu ia nekat membangun pasilitas untuk petani, yang dimana tidak ada campur dana dari dana desa, dikarenakan dana desa tidak dapat membiayai nya imbuh Irman Supriatman. Badan Usaha Milik Desa, yang terbentuk pada bulan Januari 2016 menjadi senjata baru yang ampuh, pelopor, inovator demi kebangkitan desa.

Baca Juga  Sembilan Jurus Membangun Minimarket BUMDesa

Ketua Badan Usaha Milik Desa Ratu Harapan Desa Sukaratu, Dodi S Fermana membenarkan pasilitas yang di gagas oleh kepala desa nys tersebut. Dengan bermodal dari swadaya dan partisipasi masyarakat desa,  dengan magnet kepala desa ia dapat mengumpulkan anggaran awal Rp.1.800.000.- guna merealisasikan pasilitas yang dimana memang dibutuhkan oleh petani. Dengan semangat kebersamaan masyarakat desa sukaratu sedikit demi sedikit dana terus mengalir dari seluruh kalangan masyarakat hingga terdengar sampai UPT pertanian.

UPT pertanian yang diwakili bapak Entis merespon baik gerakan masyarakat desa sukaratu yang dimana ada sebuah kesungguhan, ingin meningkatkan perekonomian petani nya. Dengan itu beberapa program pertanian diusulkan didesa tersebut dan alhamdulilah cukup membantu masyarakat petani desa sukaratu.

Gerakan Pangan Lokal Berbasis Desa tentunya mendukung perwujudkan konsep Nawa Cita ketiga membangun Indonesia dari pinggiran. Dengan pertanian yang kuat, maka kesempatan desa untuk bangkit dan berkembang akan semakin cepat. Apalagi gerakan ini juga menekankan pembangunan pertanian dari sisi sosial dan ekonomi, ujar Dodi S Fermana.

Baca Juga  Sembilan Jurus Membangun Minimarket BUMDesa

“Makanya kami membuat terobosan nekat yang hasil nya cukup positif yang dimana tidak ketergantungan dana desa, ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here