Desa-Desa Wisata Yang Memiliki Spot Instragramable

0
268
Desa Instagramable-01

Spot foto yang instagramable sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan saat ini, khususnya bagi generasi milenial. Hal tersebut direspon positif bagi para pelaku bisnis di desa untuk menyulap wilayahnya menjadi desa wisata yang memiliki beberapa spot instagramable.

Apalagi saat ini pemerintah memberikan perhatian pada pembangunan desa dengan mengadakan pogram Dana Desa yang sudah berjalan sejak tahun 2015. Dengan bantuan dari pemerintah ini banyak desa-desa yang sudah berubah dari desa biasa menjadi desa-desa yang memiliki pengembangan dalam potensi dan sumber daya yang dimiliki sehingga roda perekonomian masyarakatnya menjadi lebih baik. Ada beberapa desa-desa di diseluruh Indonesia yang bisa menjadi alternatif tujuan wisata, diantaranya :

  1. Desa Wisata Krebet

Desa yang terdapat di daerah Bukit Pajangan Yogyakarta ini terkenal dengan berbagai macam hasil kerajinan tangannya. Untuk mencapai desa ini wisatawan dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan selama 30 menit. Di desa ini wisatawan dapat menemukan beberapa spot foto yang khas dengan aneka ragam kerajinan tangan seperti patung, topeng, kayu batik, dan lain-lain.

  1. Desa Teletubbies
Baca Juga  Minimal 20 Persen Dana Desa untuk Bayar Upah

Masih di daerah Yogyakarta, tepatnya di daerah kabupaten Sleman, terdapat desa yang terkenal dengan bangunannya yang unik mirip dengan rumah Teletubbies, nama desa itu disebut New Nglepen yang lebih banyak dikenal dengan nama Desa Teletubbies.

Rumah-rumah khas berbentuk kubah ini merupakan rumah yang didiami oleh penduduk New Nglepen, namun wisatawan dapat memasuki ke dalamnya untuk mengambil gambar dari dalam rumah dengan meminta ijin terlebih dahulu tentunya.

Dengan tiket masuk yang relatif murah, wisatawn akan dimanjakan dengan pemandangan asri khas desa dengan berbagai macam spot foto. Ada berbagai macam wahana dan tur wisata di desa ini, dan apabila lapar para wisatawan dapat membeli makanan atau minuman yang dijual oleh warga setemapt.

  1. Desa Wisata Nglinggo

Desa yang terletak di kawasan Kulon Progo ini berada diketinggian 800 meter diatas permukaan laut, untuk mencapai desa ini dibutuhkan waktu 1 jam dari kota Yogyakarta, disarankan untuk mencapai lokasi itu persiapkan fisik yang prima dan perbekalan yang juga dapat dibeli di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Baca Juga  Desa Penglipuran, Desa Wisata Di Bangli Dengan Segudang Keunikan

Lelah dan letih seketika akan hilang setelah sampai di desa wisata ini karena desa ini memiliki keindahanyang tidak ada bandingannya dengan hamparan pegunungan teh lengkap dengan perbukitannya. Apabila ingin bermain basah-basahan, Desa Wisata Nglinggo ini juga memiliki air terjun bernama Curug Watu Jonggol, selepas lelah berkeliling mencari spot foto wisatawan dapat melepas lelah di air terjun ini.

4. Desa Nyambu

Beranjak ke Bali, ada Desa Nyambu yang berkonsep desa Ekologis. Untuk menuju desa ini dapat ditempuh selama 1 jam dari kota dengan medan jalan yang baik. Desa ini memiliki keindahan hamaparan sawah lengkap dengan arsitektur bangunan khas Bali.

Wisatawan yang datang ke Desa ini dapat memilih beberapa paket wisata yaitu, paket susur sepeda dimana wisatawan dapat mengelingi kawasan Desa Nyambu ini dengan menggunakan sepeda, paket wisata ini bisa dibilang masih baru dan dalam tahap pengembangan seiring dengan perbaikan jalan di desa ini.

Adapula paket susur budaya dimana wisatawan akan diajak berkeliling denngan mengenalkan berbagai macam budaya khas Bali. Terakhir adalah paket susur sawah, dimana wisatawan daiajak menyusuri keindahan sawah Desa Nyambu. Desa ini wisata ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here