Desa Adalah Masa Depan Negeri

0
75
Desa Adalah Masa Depan Negeri

Desa seringkali di identikan dengan sesuatu yang ketinggalan jaman, tidak modern dan juga sikap seseorang yang kurang menarik di masyarakat. Padahal semua itu salah karena desa adalah masa depan sebuah negeri. Ada banyak alasan mengapa hal tersebut memang benar adanya dan semestinya persepsi buruk tentang desa itu hilang.

Dalam pengertiannya sendiri desa merupakan sebuah wilayah yang diatur oleh kepala desa. Kepala desa sendiri memimin desa dengan dibantu berbagai perangkat desa yang ada. petugas memberikan berbagai macam pelayanan yang berbeda termasuk pelayanan kesehatan dan juga berbagai urusan sipil.

Oleh karena itulah, aspirasi dari masyarakat desa ini perlu didengar sehingga keberadaannya dan juga kebutuhannya perlu untuk dirangkul oleh pemerintah pusat. Keberadaannya secara politis sangatlah penting bagi keberlangsungan pemerintahan yang mana dimulai dari yang terkecil yang mana ada pada tingkat desa.

Sebagai lumbung oksigen, desa adalah kesejukan udara bagi masyarakat kota. Bayangkan saja apabila semua daerah diubah menjadi daerah perkotaan. Siapakah yang akan memberikan kesejukkan bagi bumi ini? Kondisi alam di desa yang masih hijau dan jauh dari polusi memberikan sumbangan oksigen bagi seluruh negeri.

Baca Juga  Beginilah Tatacara Penganggaran Dana Desa

Tidak heran jika banyak desa yang bisa berubah menjadi sebuah desa wisata karena selain kesejukkannya juga karena keindahan alamnya yang memukau banyak orang di instagram maupun media sosial lainnya. tentu saja disini manfaat desa bagi lingkungan sekitar sangatlah penting bagi seluruh masyarakat.

Selain itu, desa adalah sumber pangan bagi masyarakat kota. Pemerintah semestinya mulai membangun ekonomi yang berasal dari desa. Pasalnya tidak sedikit sumber pangan yang ada di kota merupakan hasil kiriman dari desa. Mulai dari hasil ternak, hasil kebun dan juga tak terkecuali dari hasil tanaman pangan yang lainnya.

Tanpa keberadaan desa yang produktif, kota akan menggantungkan pemenuhan kebutuhannya pada impor maka kebutuhan impor tersebut akan membesar. Akibat dari kebutuhan impor yang bisa saja  membengkak tersebut, negara bisa kebobolan dan tidak memiliki kekuasaan dalam sektor pasar karena ketergantungan.

Penuhnya perkotaan menjadikan desa menjadi menjadi sepi. Padahal, desa adalah daerah yang layak untuk menyusun kehidupan yang layak ketimbang berada di kota namun tidak memiliki pekerjaan apalagi tidak memiliki tempat tinggal yang nyaman. Hal ini sangat penting terutana untuk keluarga muda yang masih menyusun masa depan.

Baca Juga  Program Gancang Aron : Membantu Orang Sakit di Banyuwangi Tak Perlu Antri Obat Lagi

Dengan demikian, fungsi desa adalah sebagai tempat untuk memperoleh bahan bahan makanan, sebagai pendorong perubahan, sebagai salah satu tempat penyegaran udara dan juga manfaat lain yakni sebagai masa depan bagi mereka yang sedang menyusun masa depannya.

Dengan berbagai faktor dan juga peran penting desa bagi masyarakat kita, maka sebutan-sebutan negatif terhadap desa perlu dihilangkan dan juga perlu diberi pengertian bahwa desa adalah faktor penting dalam perkembangan sebuah negara atau yang terkecil adalah perkembangan sebuah daerah agar semakin maju.

Tidak sedikit desa yang sudah berkembang menjadi desa yang maju. alasannya adalah tentu saja karena rakyatnya makmur dan sejahtera. Salah satunya adalah desa yang sukses berubah menjadi sebuah objek wisata baru di daerah yang mendatangkan banyak pengunjung baik lokal maupun internasional.

Tentu saja desa yang sudah maju pariwisatanya ini memiliki peningkatan kesejahteraan yang lebih dari sebelumnya yakni adanya pemasukan tambahan yang masuk dalam kantong desa. Dengan demikian, desa juga bisa disebut sebagai modal bagi kesejahteraan warganya sehingga bisa disebut bahwa desa adalah masa depan bagi warganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here