Daftar Rekomendasi Desa Wisata Jawa Tengah Yang Paling Populer

0
1542
Daftar Rekomendasi Desa Wisata Jawa Tengah Yang Paling Populer

Jawa Tengah menjadi salah satu daerah yang gencar untuk mempromosikan desa wisatanya. Ada banyak desa wisata Jawa Tengah yang cocok untuk mengisi liburan. Masing-masing desa wisata hadir dengan kelebihan serta keunikannya masing-masing. Pastinya setiap desa wisata ini akan menyimpan kenangan masing-masing saat dikunjungi.

Bagi yang ingin berkunjung ke Jawa Tengah baiknya melihat rekomendasi desa wisata yang ada di Jawa Tengah. Berbagai rekomendasi ini cocok untuk wisatawan yang ingin menjelajah Jawa Tengah dengan berbeda. Lalu ada desa wisata mana saja yang tepat untuk dikunjungi di Jawa Tengah? Berikut beberapa di antaranya.

  1. Menjelajah Candirejo Desa Wisata yang Subur

Desa wisata Jawa Tengah yang pertama akan di bahas adalah Desa Wisata Candirejo. Letak desa yang satu ini yaitu di kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Jaraknya sendiri kurang lebih 3 km dari Candi Borobudur. Jika ingin menuju tempat ini dari Semarang, perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih 90 km.

Candirejo sebenarnya memiliki arti wilayah berbatu-batu yang subur. Masyarakat di desa ini memiliki keterampilan yang bagus dalam membuat kerajinan tangan. Bahan utama kerajinan tangan dari desa ini adalah bambu serta pandan. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di desa ini. Selain menikmati pemandangan yang menawan, pengunjung juga dapat belajar memainkan gamelan di sini.

  1. Selo Desa Wisata Jawa Tengah dengan Keindahan Merapi
Baca Juga  Menjalin Jaring Kemitraan Untuk Melestarikan Lingkungan dan Mengembangkan Potensi Desa

Selanjutnya rekomendasi desa wisata Jawa Tengah jatuh pada Desa Selo. Terletak di kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, desa ini menjadi salah satu desa yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Salah satu kelebihan desa ini adalah pada bagian pemandangannya yang menarik. Pengunjung desa ini akan disajikan pemandangan gunung Merapi serta Merbabu.

Jalur menuju desa ini juga cukup mudah di jangkau. Ada berbagai macam objek wisata yang dapat dicoba di sini. Objek-objek wisata alam cantik juga siap hadir untuk pengunjung. Bahkan pengunjung dapat melihat berbagai kesenian tradisional yang hadir beragam di sini. Tentu berkunjung ke desa ini tidak akan membuat wisatawan kecewa.

  1. Menghabiskan Liburan di Desa Wisata Beji

Desa wisata Beji masuk menjadi desa wisata yang direkomendasikan selanjutnya. Letak desa ini sendiri di daerah Jatirejo, kabupaten Klaten. Datang ke sini pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang asri serta menawan. Aroma pedesaan yang kental akan membuat liburan semakin terasa berbeda. Tentu ini dapat menjadi salah satu perjalanan liburan ‘unik’ bagi pengunjung.

Baca Juga  Kenapa Banyak Desa Tertarik Mengembangkan Desa Wisata, Ini Jawabannya

Masyarakat setempat juga masih menjaga kearifan lokal yang ada. Ini dapat terlihat dari keseharian warga sekitar yang masih sesuai dengan nilai budaya yang ada. Kalau berkunjung ke desa ini sebaiknya tak melewatkan pemandangan matahari terbit yang berlatar Gunung Merapi. Tentunya tak hanya indah, namun juga meninggalkan kesan tersendiri.

  1. Pesona Desa Wisata Kandri

Nampaknya berbicara tentang desa wisata Jawa Tengah tak lengkap tanpa membicarakan Desa Wisata Kandri. Desa ini terletak di kecamatan Gunungpati, Semarang. Untuk mencapai desa ini pengunjung dapat menempuh perjalanan selama 40 menit dari Semarang. Desa ini menjadi desa yang memenangkan Festival Desa Wisata Jateng 2018.

Ada beragam wisata menarik yang siap menyambut pengunjung saat berkunjung ke desa ini. Mulai dari Waduk Jatibarang, Goa Kreo hingga wisata agro yang siap untuk memberikan suasana liburan berbeda. Kapan lagi mencoba panen jambu kristal, padi hingga pare secara langsung?

  1. Menikmati Desa Tertinggi di Dieng Kulon

Bagi penikmat Dieng Culture Fest (DFC) tentu tak asing dengan desa wisata yang satu ini. Desa Dieng Kulon menjadi salah satu tempat diadakannya Dieng Culture Fest. Acara tahunan ini sudah cukup populer di antara para wisatawan. Setiap tahunnya banyak wisatawan yang berbondong-bondong menyaksikan peristiwa ini. Mengikuti DFC pasti turut menghantarkan wisatwan ke Desa Dieng Kulon.

Baca Juga  Rencana Pengembangan Desa Wisata di Daerah 3T

Desa yang satu ini terletak di kecamatan Bantur, kabupaten Banjarnegara. Fasilitas di desa ini juga telah dibangun cukup lengkap, sehingga akan memudahkan para wisatawan yang berkunjung. Bagi penyuka udara sejuk pegunungan, nampaknya wajib untuk berkunjung ke desa ini. Sembari mengunjungi desa wisata ini pengunjung juga dapat sekaligus menikmati berbagai wisata yang ada di sekitar Dieng.

Selain kelima desa di atas, sebenarnya masih banyak desa wisata Jawa Tengah yang menarik untuk di kunjungi. Pastinya setiap desa wisata menyimpan keunikan masing-masing. Tentunya tidak akan membuat pengunjung rugi ketika mengunjunginya. Jadi tunggu apalagi? Siap menjelajah desa wisata di Jawa Tengah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here