Contoh Proposal Rencana Usaha BUMDES

Setelah sukses menjalankan prosedur pendirian BUMDesa yang menjunjung tinggi partisipasi warga maka tantangan BUMDesa selanjutnya adalah menentukan unit usaha. Penentuan unit usaha bukan sebuah keputusan yang bisa diambil satu pihak dan atas dasar suka atau tidak suka. Sebuah usaha bakal enjadi pilihan BUMDesa dengan beberapa ketentuan, salahsatunya tidak boleh mematikan usaha milik perseorangan warga desa yang telah berjalan.

Usaha BUMDesa juga harus berbasis potensi lokal desa itu karena BUMDesa lahir sebagai lembaga yang akan mengolah potensi BUMDesa dan bukan lembaga swasta ekonomi yang hanya beorientasi profit semata. Di sinilah tantangan BUMDesa, di satu sisi harus mencerminkan diri sebagai lembaga yang pendirian dan prosesnya didukung seluruh warga desa dengan menjadikan seluruh warga ambil bagian dalam proses pendiriannya.

Di sisi lain harus menjelma menjadi lembaga yang mampu mewadahi potensi dan aset yang dimiliki sebuah desa untuk dikembangkan menjadi kekuatan ekonomi desa tersebut. Contoh proposal rencana usaha BUMDesa menjadi sangat penting karena mendirikan usaha harus memiliki visi yang jelas menyangkut keberlangsungan hidup usaha tersebut. Berdesa.com menyodorkan sebuah contoh proposal rencana usaha BUMDesa sebagai referensi desa-desa yang sedang berproses melahirkan usaha dalam BUMDesa-nya.

Contoh Proposal Rencana Usaha BUMDES

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*