Contoh Peluang Usaha Modal Kecil di Desa Berkembang Yang Menguntungkan

0
16299
Contoh Peluang Usaha Modal Kecil di Desa Berkembang Yang Menguntungkan

Peluang usaha modal kecil di desa berkembang menjadi salahsatu sorotan saat ini. Di satu sisi desa yang sedang berkembang membuka banyak peluang meningkatkan ekonomi warga desa. Di sisi lain, peluang usaha modal kecil di desa berkembang adalah daya dorong bagi perkembangan ekonomi desa.

Usaha dengan modal kecil memiliki beberapa keunggulan. Pertama, lebih mudah dilakukan karena jika terjadi  tingkat resiko yang juga kecil secara finansial.  Kedua, tidak membutuhkan banyak tenaga kerja bahkan sebagian besar bisa dilakukan sendiri.

Berbeda dengan usaha dengan modal besar yang beresiko tinggi. Usaha modal besar mempersyaratkan hasil yang seimbang dengan usaha yang juga bervolume besar. Biasanya, bakal butuh banyak pekerja, kantor yang besar dan sebagainya. Biaya operasionalnya juga menjadi sangat besar.

Jenis usaha dengan modal besar dan tenaga kerja lebih dari satu orang mensyaratkan visi bisnis yang kuat, pasar yang jelas dan kekuatan modal yang pasti. Sebab jika tidak, bisa jadi usaha malah akan gulung tikar karena duit habis untuk bayar gaji karyawan sementara produk tidak pernah sampai ke pasar.

Beberapa jenis peluang usaha dengan modal kecil di desa berkembang bisa Anda bangun dengan berdasar beberapa modal yang sudah Anda miliki tetapi tidak Anda sadari. Modal seperti apakah itu?

  1. Usaha bermodal keahlian khusus

Usaha seperti ini biasanya berupa jasa karena berdasar kemampuan khusus. Misalnya, kemampuan memagkas rambut (barbershop), jasa disain grafis, jasa menjahit. Usaha seperti ini tidak membutuhkan modal uang yang besar untuk menjalankannya.

Keahlian khusus yang Anda miliki akan tersebar sendiri dengan cepat. Apalagi kehidupan warga desa memiliki ikatan sosial yang kuat satu sama lain sehingga tak butuh waktu lama kemampuan Anda bakal dikenal dan disukai banyak orang.

2. Usaha yang bisa dibuka di rumah

Karena tidak perlu menyewa tempat, maka usaha jenis ini termasuk jenis usaha dengan modal kecil di desa berkembang yang bisa Anda jalankan. Biasanya warga desa menggunakan sebagian ruangan depan rumahnya sebagai ruang usaha.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan di Desa Nan Menggiurkan

Yang termasuk dalam usaha ini seperti toko kelontong, laundry, usaha kuliner, ternak ayam, budidaya produk pertanian dan sebagainya.

Berikut ini beberapa peluang yang bisa Anda jalankan sebagai usaha dengan modal kecil di daerah pedesaan.

  1. Usaha kuliner membuat makanan kecil

Usaha memproduksi makanan di rumah adalah salahsatunya misalnya jenis snack atau makanan ringan lainnya. Anda bisa menitipkan makanan yang Anda buat ke warung-warung terutama kantin sekolah, kantor desa dan pusat keramaian lainnya.

Jenis makanan ini seperti puding, donat dan sebagainya. Usaha ini bermodal kecil tetapi bisa terus mengembang jika semakin banyak warung yang Anda titipi. Anda juga bisa meraup keuntungan dengan menerima pesanan untuk berbagai acara.

Cara mendapatkan pesanan adalah melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan jarigan pertemanan seperti grup WA. Biasanya para Ibu akan memanfaatkan pertemanan seperti arisan, kumpulan ibu pengajian dan sebagainya sebagai sasaran pemesanan kuenya.

Jangan salah, sekarang ini Anda juga bisa menjual melalui online dengan membuka akun gratis di Online Market. Ketekunan Anda menawarkan melalui media sosial adalah salahsatu kunci keberhasilannya.

  1. Barber Shop

Jasa potong rambut adalah salah satu peluang usaha modal kecil di desa berkembang. Usaha ini bisa menghasilkan pendapatan tinggi karena berbasis keahlian khusus dalam memoles paras orang.

Anda bahkan bisa memulai usaha ini dengan memanfaatkan ruang teras rumah Anda. Balai paras sederhana hanya butuh cermin, gunting, sisir, colokan listrik untuk alat cukur elektrik dan beberapa perkakas yang tidak perlu beli di toko.

Yang terpenting adalah, Anda membuktikan diri memiliki kemampuan mengubah penampilan orang melalui keahlian Anda memotong rambut. Jika beberapa orang puas dengan potongan rambut Anda, dengan sendirinya dia akan mempromosikan kehebatan Anda.

Jika kios potong rambut Anda mulai ramai, saat itu Anda mulai menambahkan berbagi layanan seperti perawatan wajah, creambath dan sekaligus berjualan aneka kosmetik. Pekerjaan pangkas rambut banyak dilakukan pria tetapi untuk usaha yang berkaitan dengan kosmetik umumnya dijalankan kaum perempuan.

  1. Jasa Disain grafis
Baca Juga  Memiliki Keterampilan di Bidang Bangunan? Buka Jasa Perbaikan dan Renovasi Rumah Yuk!

Kemampuan membuat disain tidak hanya ditopang kemampuan mengoperasionalkan computer saja. Melainkan musti pula memiliki kemampuan seni sehingga disain yang dibuat akan terlihat indah dan bisa menyampaikan pesan melalui gambar dan tulisan.

Sekarang ini kebutuhan seni disain grafis bukan hanya kebutuhan orang kota melainkan juga warga pedesaan. Beragam aktivitas membutuhkan jasa ini seperti pernikahan, khitanan hingga pembuatan tulisan untuk toko, bengkel dan sebagainya.

Anda bisa mengembangkan usaha ini hingga pada pembuatan materinya dalam bentuk cetak atau menggunakan bahan yang lain. Seorang pemuda di Desa Kebasen, Kecamatan Kebasen, Banyumas, menciptakan omset puluhan juta sebulan dengan menjual seni menulis di atas kayu.

Dari studio-nya yang bernama Jegos, Budi Haryanto, nama pemuda itu, menciptakan aneka tulisan dan gambar di atas permukaan kayu sebagai kanvasnya dan dijual online. Budi mengerjakan puluhan pesanan setiap minggu.

  1. Membuka Bimbingan Belajar

Orang-orang di desa sudah sadar pentingnya pendidikan untuk anak-anak mereka. Termasuk memikirkan tambahan pelajaran bagi anaknya agar makin pintar. Maka membuka bimbingan belajar adalah salahsatu peluang usaha modal kecil di desa berkembang.

Usaha ini bisa Anda jalankan di salahsatu ruangan rumah Anda.  Awalnya , tawarkan bimbingan belajar untuk beberapa anak di lingkungan Anda lebih dahulu dengan bayaran yang murah saja. Setelah melihat hasilnya, para orangtua bakal pasti bakal tertarik menitipkan anaknya ke lembaga pendidikan Anda.

Modal yang Anda butuhkan adalah ruangan minimal 3×4 meter. Bisa dengan karpet atau meja kursi, papan tulis white board dan buku-buku sesuai kurikulum peserta didik. Selebihnya adalah waktu khusus, penguasaan materi dan kemampuan membuat anak-anak betah belajar.

  1. Jasa Pengelolaan Web

Ini adalah jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari mana saja termasuk di desa terpencil sekalipun. Yang terpenting memiliki jaringan internet dan tentusaja kemampuan Anda menguasai pernak-pernik dunia website.

Hebatnya pekerjaan ini adalah Anda hanya butuh laptop dan saluran internet saja untuk bisa melakukan promosi ke seluruh penjuru dunia. Anda bisa menawarkan jasa mulai dari pembuatan website, mengelola konten hingga melayani peningkatan kunjungan web.

Baca Juga  Usaha Kreatif Daur Ulang Sampah

Jasa ini bakal tambah menarik jika Anda juga menjalankan promosi pendamping web itu melalui media sosial sehingga Anda bisa membuktikan pada pemesan web bahwa web yang Anda kelola terbukti bisa menciptakan transaksi.

  1. Ternak ayam kampung

Lahan yang luas di desa adalah modal besar bagi Anda beternak ayam kampung. Anda hanya harus mendirikan pagar keliling berbahan bambu agar ayam-ayam itu tak berkeliaran. Harga daging ayam kampung memiliki harga yang cukup stabil di pasar.

Untuk mempermudah penghitungan target pendapatan, Anda harus membuat jadwal kapan harus mulai mengambil bibit ayam baru untuk dibesarkan, menandai ayam yang siap dijual dan mengolah bahan makanan ayam yang begizi namun efisien dengan menggunakan berbagai bahan yang ada di desa.

Jika ayam kampung siap konsumsi Anda sudah rutin jumlahnya dalam kurun waktu tertentu maka Anda bahkan tidak perlu pergi ke pasar untuk menjualnya melainkan akan banyak pembeli yang datang ke rumah Anda.

Keuntungan dari usaha ini cukup menggiurkan karena bibit ayam bisa Anda dapatkan sendiri dari ayam betina yang Anda pelihara. Keunggulan lain usaha ini adalah Anda bisa mendapatka kecukupan gizi keluarga karena bisa lebih sering mengkonsumsi daging ayam kampung yang sehat itu.

Inilah beberapa contoh peluang usaha modal kecil di desa berkembang yang bisa Anda jalankan. Namun demikian semua usaha ini harus pula didahuui survey dan pengamatan yang detail terhadap  kondisi, situasi dan potensi pasar yang ada.

Pastikan, apakah warga desa Anda atau desa tetangga Anda memang benar-benar membutuhkan produk yang akan Anda buat atau keahlian yang Anda miliki. Buatlah skema usaha untuk memastikan usaha itu memiliki segmen yang jelas, bahan baku yang mudah didapat dan model promosi yang hemat. Selamat memulai. (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here