Contoh Peluang Usaha di Desa, Berikut Ulasan dan Penjelasan Masing-masing Caranya        

0
430

 

Desa memiliki alam yang asri dan alami. Udara yang sejuk dan keadaan alam yang indah menjadikan kesan terindah tersendiri. Sehingga menjadikan banyak orang kota yang penuh penat di kota pergi berlibur ke desa. Memang desa dapat dijadikan destinasi wisata yang cocok untuk didatangi.

Karena kondisi alam yang memadai ini dapat dijadikan peluang bagi warga desa. Sehingga desa tidak lagi menjadi yang terbelakang dan dibilang miskin. Dengan potensi yang dapat digali dan disesuaikan dengan kondisi alami desa dapat mengembangkan sumber daya manusia yang ada di desa juga. Sehingga warga desa tidak perlu lagi merantau jauh-jauh ke kota.

Berbagai contoh peluang usaha yang dapat anda tiru ketika anda tinggal di desa antara lain sebagai berikut ini:

1. Menjadi tengkulak

Hasil alam desa seperti sayuran, buah-buahan, beras, jagung dan lain sebagainya dapat menjadi peluang anda. Dengan membeli dari para petani dengan harga yang murah dan jumlah yang banyak dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Dengan menjualnya kembali ke kota masukkan ke supermarket-supermarket di kota atau dijual secara online sayuran segar mampu menghasilkan keuntungan yang banyak.

Baca Juga  Ingin Menjadi Suplier, Website Ini Buka Peluang Usaha Itu

Apalagi kebutuhan sayur dan buah di kota sangat banyak. Anda juga dapat menjadi tengkulak sayur-sayuran dan buah-buahan organik tanpa pestisida. Sayur dan buah seperti organik tersebut akan sangat laris di pasaran kota. Atau bisa juga dengan membuat sayuran dan buah-buahan potong yang fresh dijual secara online dan langsung kirim ke rumah masing-masing. Dengan kualitas kebersihan buah dan sayur pastinya akan menarik banyak pelanggan.

2. Peluang usaha menjual ikan dan ayam hasil ternak sendiri

Dengan lahan yang cukup luas, anda bisa memelihara banyak hewan ternak, seperti ayam, kambing ataupun sapi. Bahkan bisa juga membuat kolam-kolam berisi ikan seperti lele, mujair atau gurame. Semua hewan ternak tersebut dapat menghasilkan banyak keuntungan. Seperti ayam menghasilkan telur ayam, selain dagingnya yang dapat dijual telurnya pun dapat bermanfaat. Kemudian kambing, daging kambingnya dapat anda jual pada pedagang-pedagang daging yang ada di kota. Atau di jual kepada penjual rumah makan sate kambing atau segala olahan dari kambing.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Terbaru! Cek Disini

Sapi pun demikian, dengan memelihara sepasang sapi, anda dapat memanfaatkan susunya juga mengembangbiakkan sapi tersebut. Semakin banyak sapi yang dipelihara, susu semakin melimpah. Susu dapat dijual tanpa diolah ataupun diolah menjadi makanan atau minuman yang enak, dapat dijual secara online. Dengan kemasan yang menarik dan rasa yang enak pastinya akan banyak yang berminat. Atau memasuki pasar-pasar kota seperti supermarket misalnya. Mereka pasti akan berminat menjual kembali hasil olahan susu anda apalagi kemasan menarik rasa juga sudah dipastikan enak.

Untuk berbagai macam ikan tawar, ketika masa panen tiba anda dapat menjualnya ke kota. Seperti ke kafe atau ke rumah makan yang menyediakan olahan masakan dari bahan Ikan. Atau bisa juga ikan tersebut anda olah menjadi masakan yang bisa anda jual di depan rumah sebagai lauk. Dengan harga yang murah dan rasanya gurih dan enak menjadikan banyak warga desa yang membeli lauk di tempat anda.

3. Peluang usaha membuka toko sembako

Sembako merupakan kebutuhan yang memang diperlukan oleh semua orang. Anda dapat menjual seperti beras, tepung, minyak atau bahkan sayur-sayuran segar ketika pagi hari. Sehingga warga desa tidak perlu pergi ke pasar untuk berbelanja sayuran. Jadi ketika berjualan sayur para warga juga pastinya membutuhkan kebutuhan yang lain, dapat langsung membeli ke toko sembako anda. Tanpa harus pergi ke pasar. Menguntungkan dan membantu warga desa lebih efisien.

Baca Juga  Peluang Usaha Minuman di Desa Yang Menjanjikan

Demikian peluang usaha yang dapat dilakukan di desa. Desa dengan penduduk yang cukup banyak, dapat menjadikan peluang usaha. Jadi anda tidak perlu lagi pergi ke kota. Cukup cari potensi yang ada di dalam diri anda dan cari potensi yang ada di desa. Memang segala macam usaha harus dengan kerja keras. Agar hasilnya akan memuaskan. Jangan cepat menyerah dan putus asa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here