Contoh Peluang Usaha Desa Yang Bisa Dikembangkan di Desa  

0
2599

Apabila anda berkeinginan untuk mengembangkan sebuah usaha di desa, anda tidak perlu pesimis. Alasannya adalah karena apa yang anda kembangkan nantinya bisa meraih pangsa pasar di luar daerah dengan keberadaan internet sebagai salah satu media promosi yang memiliki sejuta manfaat. Namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Hal pertama yang penting untuk anda perhatikan tentu saja apa yang akan anda pilih sebagai peluang usaha desa yang akan anda kembangkan. Memilih peluang usaha yang tepat ini nantinya juga akan mempengaruhi apa langkah yang akan anda ambil selanjutnya.

Lalu apa sajakah contoh peluang usaha yang bisa anda ambil? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Usaha Tanaman Hidroponik

Contoh peluang usaha desa yang pertama yang bisa anda andalkan adalah dengan membuka usaha tanaman hidroponik. Usaha tanaman hidroponik ini memang seringkali identik dengan lokasi lahan yang terbatas seperti di perkotaan. Namun bukan berarti di desa sistem tanam ini tidak akan sia-sia meski desa identik memiliki lahan yang lebih luas.

Alasan tepat untuk memilih usaha tanaman hidroponik ini karena hasil dari tanaman hidroponik ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal ketimbang hasil dari tanaman sistem tanam konvensional. Selain itu, dukungan lingkungan sekitar juga lebih mendukung untuk tanaman berkembang lebih optimal sehingga hasilnya akan lebih baik tentunya.

2. Membuka Pom Bensin Mini

Peluang usaha kedua yang bisa diandalkan sebagai peluang usaha desa adalah dengan membuka pom bensin mini. Kebutuhan akan bahan bakar di desa seringkali menjadi hambatan bagi perkembangan masyarakat desa yang sekarang juga membutuhkan mobilitas. Keberadaan pom bensin ini juga dianggap dapat menggerakkan gerak ekonomi masyarakat desa.

Meskipun modal dari peluang usaha ini cukup besar yakni berkisar antara tujuh juta rupiah, namun peluang usaha yang terkait dengan kebutuhan primer yang dalam hal ini merupakan bahan bakar kendaraan setidaknya menjanjikan peluang usaha anda takkan sepi. Oleh karena itulah peluang usaha yang satu ini bisa anda pertimbangkan apabila memiliki modal yang cukup.

3. Ternak Ayam Kampung Dengan Metode Yang Tepat

Harga ayam kampung jauh lebih mahal ketimbang ayam pedaging lainnya. Oleh karena itulah peluang usaha ini merupakan salah satu peluang usaha desa yang sangat cocok dan tepat untuk anda yang memiliki domisili di desa. Apalagi dalam usaha ternak tersebut anda mengandalkan metode yang dapat meningkatkan kualitas hasil ternak.

Bebeapa metode khusus yang bisa anda andalkan adalah seperti metode umbaran dimana ayam dilepaskan sehingga anda membutuhkan lahan yang cukup untuk metode ini. Metode kedua adalah semi intensif dan yang ketiga adakah model intensif yang mana ternak ditempatkan dalam kandang dan dirawat dengan pemberian pakan secara intensif.

4. Membuka Usaha Ternak Kroto

Selain ayam kampung, salah satu peluang usaha ternak yang memiliki modal terjangkau dan dapat anda andalkan serta menguntungkan yakni ternak kroto. Ternak kroto memang memiliki pangsa pasar yang lebih kecil yakni hanya dijual untuk pakan seperti burung atau ikan. Namun, perawatan dari ternak kroto ini kebih mudah dan juga harganya cenderung stabil.

Anda juga bisa mengandalkan peluang usaha desa ini sebagai pekerjaan sampingan karena ternaknya yang cenderung mudah mulai dari tempat ternak hingga perawatannya. Untuk tempat ternak anda bisa menggunakan toples bekas yang mana untuk panennya berkisar antara 15 hingga 20 hari. Untuk setiap toples anda bisa mendapatkan 1 hingga 2 ons semut kroto.

5. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan menjadi salah satu peluang usaha desa yang tidak pernah ada habisnya untuk terus dikembangkan. Alasannya adalah karena bahan baku yang mudah ditemui dan harga jual kerajinan tangan yang menjanjikan bisa didapatkan dengan peluang usaha ini. Bahkan pangsa pasarnya juga bisa dikembangkan hingga ke luar negeri sekalipun.

Oleh karena itulah, anda perlu memahami potensi apa yang ada di sekitar kediaman desa  anda sehingga dengan tepat dapat mengembangkan produk yang memiliki nilai jual tinggi dan juga dapat menembus pasar internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here