Contoh Investasi di Pedesaan Yang Mudah Diterapkan

0
482
Contoh Investasi di Pedesaan Yang Mudah Diterapkan

Berkembangnya dunia teknologi membuat masyarakat kota dan desa semakin dekat. Ditambah makin meningkatnya sarana infrastruktur, menjadikan desa menyimpan potensi bisnis yang tak kalah menarik. Nah, disini akan dijabarkan mengenai contoh investasi di pedesaan yang mungkin dapat menjadi inspirasi buat kamu.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum berinvestasi di pedesaan adalah kamu harus mempelajari kebiasaan dari masyarakat desa tersebut. Kebiasaan yang dimaksud adalah kebutuhan apa yang sering dibutuhkan masyarakat pedesaan serta kemana dan untuk apa saja mereka membelanjakan uangnya.

Misalnya jika didesa tersebut mayoritas adalah petani padi konvensional maka kamu dapat menyediakan kebutuhan sehari–hari mereka maupun kebutuhan dari kegiatan pertanian yang mereka lakukan. Dengan mempelajari kebiasaan tersebut kamu juga akan menjadi tahu sirkulasi keuangan mereka.

Dengan mengetahui perputaran keuangan para petani padi konvensional akan terjadi tiga atau empat bulan sekali sesuai masa panen padi yang mereka tanam. Mengetahui hal tersebut akan berguna untuk strategi bisnis kamu. Jika telah memahami kebiasaan-kebiasaan masyarakat didesa, kamu bisa memilih beberapa contoh investasi di pedesaan berikut yang dapat segera kamu terapkan :

Baca Juga  Startup-Startup Untuk Pembangunan Desa

1. Pertanian

Jenis invesasi ini merupakan jenis yang layak dipertimbangkan untukmu. Dengan perkembangan teknologi ada banyak jenis pertanian modern yang patut dicoba dan mudah untuk dikembangkan. Dengan kemajuan itu pula kamu tak membutuhkan banyak lahan atau berkubang dengan lumpur di sawah untuk menjadi petani.

Kamu bisa memilih jenis usaha pertanian yang disesuaikan dengan lahan, potensi dan yang terpenting adalah modal dan peluang. Misal jika tak memiliki banyak lahan, kamu bisa mencoba menjadi petani sayur organik, atau menyediakan bibit untuk para petani.

Atau kamu bisa berinvestasi di pada bisnis tanaman hias. Selain sebagai bahan dekorasi rumah maupun gedung, saat ini semakin banyak orang yang peduli dengan lingkungan. Kebanyakan dari mereka membeli tanaman hias dengan untuk melestarikan lingkungan hidup.

2. Perdagangan

Untuk masuk pada bisnis kategori ini kamu perlu terlebih dahulu memetakan demografi masyarakat sekitar. Kamu dapat mengadopsi sesuatu yang tumbuh dan berkembang di kota untuk mencoba memasarkannya di pedesaan, tentu dengan berbagai penyesuaian.

Baca Juga  Peluang Usaha Kerjasama Tanpa Modal yang Wajib Anda Coba

Toko kelontong konvensional yang di desain sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti minimarket menjadi salah satu contoh investasi pedesaan di bidang ini. Kamu juga dapat mencoba berbagai jenis frenchise modern yang dikembangkan untuk target pasar masyarakat pedesaan.

3. Peternakan

Beternak secara modern menjadi salah satu jenis investasi yang sedang happening belakangan ini. Yang harus diperhatikan dalam investasi jenis ini adalah perawatan dan pemberian pakan yang tepat. Baiknya sebelum memulai usaha ini kamu harus belajar kepada orang – orang yang telah ahli di bidangnya untuk mengurangi resiko kerugian akibat minimnya pengetahuan.

4. Jasa Perbaikan

Perkembangan teknologi membawa dampak signifikan tak hanya bagi masyarakat di perkotaan namun juga di pedesaan. Kini dengan semakin luasnya jaringan listrik dan internet membuat permintaan akan telepon seluler dan komputer di pedesaan meningkat.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berinvestasi dalam jasa service baik telepon seluler, komputer/laptop maupun alat-alat elektronik lainnya.

5. Jasa Persewaan Barang dan Alat

Jasa persewaan dapat kamu pilih mengingat pada umumnya masyarakat pedesaan enggan membeli barang-barang yang terlalu mahal dan jarang digunakan. Kamu dapat mengadopsi bisnis persewaan yang berkembang di kota untuk dipasarkan di desa-desa. Berinvastasi pada usaha persewaan transportasi hingga pada persewaan barang-barang untuk kebutuhan fotografi atau videografi layak untuk dipertimbangkan.

Baca Juga  Buka Warung Bakso, Berapa Biayanya?

6. Jasa Catering

Di pedesaan semakin banyak permintaan terhadap makanan dalam jumlah besar untuk acara ataupun hal lainnya. Dengan masih sedkitnya persaingan dan dengan pemasaran yang tepat, kamu bisa meraih kesuksesan jika berinvestasi pada bisnis ini.

Itulah beberapa contoh investasi di pedesaan yang mungkin dapat menjadi inspirasi buat kamu. Hal yang harus kamu ingat adalah dibutuhkan analisa pangsa pasar dikarenakan perbedaan kebiasaan dari satu desa dan desa lainnya.

Pada dasarnya membuka sebuah usaha yang baru membutuhkan kemauan serta kerja keras. Disini komitmen serta kemauan yang kuat sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here