Contoh Crowdfunding Yang Terkenal Di Indonesia

0
869
Contoh Crowdfunding Yang Terkenal Di Indonesia

Crowdfunding adalah meminta bantuan dari kerumunan orang (crow) yaitu untuk melakukan pendanaan atau donasi dari sejumlah uang. Digunakan untuk kebutuhan tertentu (proyek profit atau non profit), dan juga bisa dengan sebuah hadiah (rewards) atau tanpa hadiah tertentu. Biasanya crowdfunding dilakukan secara online, dan di Indonesia sendiri belum terlalu terkenal dan masih relatif baru. Sebelum mengetahui contoh crowdfunding yang terkenal di Indonesia, lebih baik mengetahui dimana bisa mengumpulkan crowdfunding tersebut.

Dimanakah Bisa Mengumpulkan Crowdfunding?

Tersedia banyak platform yang menawarkan kepada anda untuk mengumpulkan pendanaan dengan mudah dan juga aman. Contoh crowdfunding yang sering dikenal atau bisa disebut paling mainstream adalah IndieGoGo, Kickstarter, dan RocketHub. Namun, itu semua memiliki situs dengan keunikan masing-masing yang berbeda-beda.

Tetapi pada intinya konsep umumnya tetap sama, yaitu pencipta kampanye bisa membuat profil berisi video singkat dengan beberapa gambar pendukung dan lainnya. Dan harus berlomba-lomba membuat profil semenarik mungkin karena tiap kampanye diberikan deadline.

Beberapa Top Situs Crowdfunding

Terdapat beberapa situs contoh crowdfunding yang cukup terkenal namanya di dunia maya. Yang dapat mempermudah serta membantu anda untuk menemukan sumber pendanaan sebagai bisnis sampingan, proyek-proyek profit atau lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya:

  1. Kickstarter
Baca Juga  7 Tips Membuat Crowdfounding Agar Sukses Mendapat Banyak Modal

Contoh crowdfunding yang pertama ada kickstarter, yakni sebuah situs yang meningkatkan pendanaan dari proyek-proyek kreatif yang berbasis sumbangan. Dan juga merupakan salah satu platform lama yang telah mengalami perkembangan atau pertumbuhan yang baik. Kickstarter ini juga sudah banyak menghasilkan kampanye besar dalam beberapa tahun terakhir.

  1. Crowdfunder

Yang kedua crowdfunder yaitu platform crowdfunding untuk bisnis. Dengan jaringan sosial yang berkembang dari investor, usaha kecil, startups teknologi, dan usaha sosial (bisnis finansial berkelanjutan atau menguntungkan untuk tujuan dampak sosial).

Crowdfunder ini menawarkan perpaduan dari crowdfunding berbasis sumbangan serta investasi dari individu, angel investor, dan orang-orang dari investor dengan syarat tertentu. Crowdfunder ini diterjemahkan crowdfunding dan investasi, yang membantu mengembangkan ekosistem kewirausahaan serta akses untuk modal luar Silicon Valley.

  1. Indiegogo

Contoh crowdfunding selanjutnya adalah Indiegogo. Merupakan sebuah situs yang fokus pada penggalangan dana berbasis sumbangan untuk pemusik, kebutuhan dari keuangan pribadi, fans dan badan amal. Indiegogo ini sudah berkembang secara internasional karena fleksibilitas mereka. Yakni dengan pendekatan yang luas serta awal mereka dalam industry.

  1. Rockethub
Baca Juga  10 Alasan Pentingnya Website Bagi Usaha Anda

Rockethub, yang merupakan situs crowdfunding yang berbasis sumbangan dana untuk berbagai macam-macam proyek kreatif. Program yang dimiliki seperti Launchpad FuelPad yang berguna untuk membantu pemilik sebuah kampanye dan potensi promosi serta mitra pemasaran yang terhubung dan juga ikut berkolaborasi untuk keberhasilan dari kampanye tersebut.

  1. Somolend

Contoh crowdfunding selanjutnya adalah Somolend yakni merupakan situs crowdfunding untuk pinjaman pengusaha kecil di AS. Dengan menyediakan dana investasi yang berbasis hutang untuk sebuah usaha yang berkualitas dengan operasi yang ada dan pendapatan. Somolend tersebut sudah bermitra dengan bank guna memberikan pinjaman. Serta untuk membantu pemilik usaha kecil dengan membawa teman-teman mereka dan juga keluarga dalam usaha.

  1. Crowdrise

Crowdrise juga merupakan contoh crowdfunding, yakni merupakan situs dari crowdfunding yang berbasis sumbangan amal. Memiliki komunitas orang-orang yang peduli dengan sesame, tersedia sebuah poin sistem unik yang berguna untuk membantu melacak dan mengungkapkan berapa banyak anggota atau organisasi yang membuat kampanye.

  1. Invested.in

Apabila anda ingin membuat komunitas crowdfunding sendiri guna untuk mendukung penggalangan dana berbasis sumbangan untuk kelompok tertentu. Karena invested.in ini merupakan perusahaan yang berbasis di Venice yang merupakan nama “white label” penyedia dari perangkat lunak atas. Yang akan memberikan anda alat untuk memulai dan tumbuh sendiri.

  1. AngelList
Baca Juga  Pengertian Dan Sistem Crowdfunding Yang Dapat Dijadikan Pedoman Berbisnis

Contoh crowdfunding selanjutnya ada AngelList, yaitu situs crowdfunding yang cocok untuk seorang start-up pada bidang teknologi. Yakni crowd dalam AngelList ini terdiri dari para investor terakreditasi. Serta lembaga atas AngelList ini telah mendanai dengan meningkatnya jumlah transaksi pilih startup teknologi.

Itulah beberapa contoh crowdfunding yang bisa anda ketahui. Semoga situs-situs tersebut dapat membantu anda untuk menemukan sumber pendanaan sebagai bisnis sampingan, proyek profit atau non profit serta amal yang anda buat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here