Contoh AD ART BUMDES

3
7670
Mendirikan BUM Desa
Mendirikan Dan Mengembangkan BUM Desa untuk memajukan Ekonomi Desa

Salahsatu titik sulit pendirian BUMDesa adalah menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Sangat bisa dimaklumi mengingat selama ini tugas para perangkat desa lebih banyak pada urusan administrasi dan politik. Apalagi penyusunan AD/ART BUMDesa mempersyaratkan partisipasi warga sebagai pemilik lembaga.

Untuk mendorong percepatan pendirian BUMDesa www.Berdesa.com menyediakan contoh AD ART BUMDesa untuk dijadikan refereni bagi desa-desa yang saat ini sedang mulai membangun kekuatan ekonominya melalui BUMDesa. Silakan cermati dan sesuaikan isi AD ART ini dengan potensi dan kebutuhan desa Anda.

Anggaran dasar ini memuat berbagai kebutuhan lembaga BUMDesa mulai dari visi, misi, tempat, kedudukan dan berbagai kebijakan keorganisasian BUMDesa ketika mulai berjalan sebagai lembaga remi nanti. AD ART jelas kebutuhan yang sangat fundamental bagi BUMDesa menjalankan dirinya karena aturan-aturan di dalamnya adalah pedoman yang wajib ditaati seluruh proses keorgnisasian BUMDesa.

Kepatuhan sebuah institusi terhadap AD ART akan sangat berpengaruh terhadap perjalanan sebuah organisasi. Selain menjadi syarat legalitas, AD ART adlah koridor yang akan memberi arah sebuah organisasi dan bagaimana sebuah organisasi menuju tujuannya.

Baca Juga  Kemendes Pastikan BUMDes Punya Payung Hukum

 Download Contoh AD ART BUMDES

3 KOMENTAR

  1. Semoga org2 yg berkepentingan dalam pengembangan ekonomi desa melalui BUMDesa peka trhadap kebutuhan dasar ini…semoga..

    Aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here