Ciri Ciri Masyarakat Desa Yang Sebaiknya Anda Tahu

0
29644
Ciri Ciri Masyarakat Desa Yang Sebaiknya Anda Tahu

Menurut beberapa ahli, masyarakat desa memiliki ciri khas atau karakteristik khusus yang secara umum ada dan sama di setiap desa di Indonesia. Berikut ini ada beberapa ciri ciri masyarakat desa yang telah dihimpun dari berbagai sumber. Maksud dari pemberian ciri atau karakteristik ini adalah untuk memahami desa lebih lanjut.

Hubungan Kekerabatan Yang Masih Kental

Salah satu ciri ciri masyarakat desa adalah penduduknya masih memiliki hubungan kekerabatan yang kental. Hubungan kekerabatan yang kuat ini cenderung dikarenakan antar kepala keluarga memiliki kemungkinan adanya hubungan keluarga. Faktor yang menyebabkan ciri yang ini adalah karena mobilitas penduduk desa yang masih terbatas.

Akibat adanya hubungan kekerabatan yang masih kental, kehidupan juga memiliki ciri kekeluargaan dan juga memiliki ikatan yang kuat meski tidak memiliki hubungan darah atau keluarga. Maka tak heran jika warga desa sangat mengenal satu sama lainnya.

Mata Pencaharian Yang Hampir Sama

Ciri ciri masyarakat desa yang kedua adalah pekerjaan atau mata pencaharian yang masih sama atau memiliki kesamaan yang mayoritas. Sebagai contoh adalah desa petani yang bermata pencaharian sebagai petni atau desa nelayan yang penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Meskipun mungkin memang ada penduduk yang sudah memiliki pekerjaan yang berbeda.

Baca Juga  16 Kabupaten Terpilih Menjadi Kabupaten Prioritas Terintegrasi 2018-2019

Mata pencaharian dari msayarakat desa juga memiliki ciri ciri yang berpengaruh pada ciri ciri masyarakat desa yakni pekerjaannya masih sangat dipengaruhi oleh alam yakni cuaca dan juga iklim. Seperti contohnya adalah musim melaut bagi nelayan atau musim kering bagi petani. Dengan demikian perekonomian warga juga terpengaruh oleh alam tersebut.

Masyarakat Dekat Dengan Alam

Salah satu ciri ciri masyarakat desa  yang masih terkait dengan mata pencaharian adalah masyarakat desa sangat dekat dengan alam. Kedekatan ini dikarenakan karena masyarakat sangat membutuhkan atau sangat bergantung pada alam sekitar untuk perekonomiannya sehingga masyarakatnya sangat menghargai alam.

Jumlah Masyarakat

Ciri ciri masyarakat desa selanjutnya adalah jumlah masyarakat desa adalah sedikit atau jauh lebih sedikit daripada penduduk kota. Salah satu penyebabnya masih berkaitan dengan mata pencaharian penduduk desa yang mana sebagian besar lahan di desa dimanfaatkan sebagai tanah persawahan sehingga tidak banyak ada penduduk di desa tersebut.

Masyarakat Homogen

Ciri ciri masyarakat desa yang selanjutnya adalah masyarakat desa adalah masyarakat yang homogen. Yang dimaksud sebagai homogen disini adalah masyarakatnya memiliki kesamanan dalam hal mata pencaharian seperti yang telah disebut diatas, agama, adat istiadat dan juga kesamaan lainnya yang membuat suatu desa itu unik.

Baca Juga  Sindawa Tarang: Dana Desa Jangan Dipolitisir

Kesamaan lainnya yang menjadi ciri ciri masyarakat desa adalah kesamaan kesukuan yang mana juga memberikan ikatan yang semakin kuat pada masyarakat desa. Oleh karena itulah, hubungan antar masyarakat desa ini berorientasi pada nilai nilai kebersamaan yang saling menjaga kerukunan.

Itulah beberapa ciri ciri masyarakat desa yang perlu untuk dipahami. Pemahaman akan masyarakat desa ini bukanlah untuk memberikan sebuah diskriminasi sosial melainkan sebagai upaya pemahaman pada nilai-nilai positif dalam masyarakat desa yang perlu dijaga kelestariannya agar selalu terjaga keasrian dan juga kenyamanannya sebagai desa.

Meskipun tak selalu sama, namun banyak pendapat ahli seperti Paul H. Landis yang juga memberi pendapat mengenai ciri ciri masyarakat desa yang secara garis besar sama dengan ciri ciri diatas. Semoga dengan memahami ciri ciri tersebut kita juga bisa lebih memahami masyarakat desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here