Ciri Ciri Desa Swadaya Yang Mungkin Belum Banyak Orang Ketahui

0
5838
Ciri Ciri Desa Swadaya Yang Mungkin Belum Banyak Orang Ketahui

Banyak ciri ciri desa yang bergantung pada karakternya. Beberapa diantaranya adalah Desa Tradisional, Desa Swadaya dan Swakarya. Kali ini kita akan membahas ciri ciri Desa Swadaya yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Dari asal katanya, swadaya berasal dari dua kata yakni swa yang artinya sendiri dan daya yang artinya usaha sehingga berari berusaha sendiri. Bisa diartikan bahwa desa swadaya merupakan desa yang mandiri yang memiliki ketergantungan dengan daerah lain. berikut ciri ciri Desa Swadaya:

1 Penduduk Minim

Hampir serupa dengan desa lainnya, salah satu ciri ciri Desa Swadaya adalah penduduknya yang masih sangat jarang.

2 Pendidikan Masyarakat Rendah

Ciri ciri Desa Swadaya yang selanjutnya adalah pendidikan masyarakat yang rendah. Hal ini diakibatkan karena generasi selanjutnya umumnya melanjutkan pekerjaan orang tua sehingga sekolah bukan menjadi pilihan.

3 Mata Pencahariannya Petani

Mata pencaharian juga masuk dalam ciri ciri Desa Swadaya dimana desa ini umumnya memiliki mata pencaharian yang homogen yakni bekerja sebagai petani. Hasil dari pertaniannya pun umumnya terkadang tidak untuk dijual melainkan untuk konsumsi sendiri. Seandainya dijualpun dalam lingkup wilayah yang kecil.

Baca Juga  Sebanyak 82 Ribu Desa Bakal Di-Survei BPS Tahun Ini

4 Topografi Bergunung-gunung atau Berbukit-Bukit

Yang menjadi ciri ciri Desa Swadaya selanjutnya adalah topografi dari wilayah desa tersebut. Yang menyebabkan desa tersebut menjadi lebih swadaya terkadang bukan karena faktor dari masyarakatnya sendiri melainkan dari wilayahnya yang sulit untuk berinteraksi dengan wilayah lainnya.

5 Lembaga Yang Masih Sederhana

Masih berhubungan dengan poin nomor 1, ciri ciri Desa Swadaya selanjutnya adalah lembaga-lembaga yang ada di desa masih sangat sederhana. Hal ini disebabkan jumlah penduduk yang masih sangat minim sehingga kebutuhan akan lembaga-lembaga lainnya masih kurang. Alhasil lembaga didalamnya masih sangat sederhana dan bersifat adat.

6 Kegiatan Penduduk Dipengaruhi Alam

Di poin nomor 6 masih terkait juga dengan poin nomor 4 yakni kegiatan penduduk masih sangat bergantung pada alam. Hal inilah yang menyebabkan aktifitas penduduk masih sangat terbatas dan memilih untuk berswadaya.

7 Kebutuhan Ekonomi

Poin ke tujuh ciri ciri Desa Swadaya adalah kebutuhan ekonominya yang hanya memenuhi kebutuhan sendiri saja. Seperti menanam tanaman pangan yang lebih untuk dikonsumsi untuk sendiri ketimbang untuk dijual di daerah lainnya.

Baca Juga  Jalan-jalan ke Desa Cibuntu, Merasakan Wisata Alam Pedesaan Yang Khas

8 Lokasi Terpencil

Poin nomor 8 dari ciri ciri Desa Swadaya memperjelas poin nomor 4 yakni wilayah fisik desa. Untuk ciri dari Desa Swadaya sendiri adalah lokasinya yang terpencil yang menyebabkan masyarakatnya tidak bergantung banyak pada wilayah lainnya atau pada pemerintah. Meski demikian, bantuan dari pemerintah masih tetap dibutuhkan.

9 Masyarakat Cenderung Tertutup

Hal ini yang mungkin menjadi ciri ciri Desa Swadaya yang berbeda dengan ciri desa lainnya. Masyarakat dari Desa Swadaya cenderung lebih tertutup dibandingkan dengan masyarakat desa lainnya. Alasan yang paling mungkin adalah karena wilayahnya yang memungkinkan penduduk desa swadaya untuk jarang berinteraksi dengan dunia luar.

Itulah ke 9 ciri ciri Desa Swadaya yang perlu dipahami karena beberapa dari ciri tersebut memiliki persamaan dan juga memiliki perbedaan dengan jenis desa lainnya. Perlu adanya pemahaman tersebut adalah agar masyarakat lebih dapat memahami permasalahan yang ada di desa swadaya. Dengan pemahaman tersebut diharapkan pendekatan dari pemerintah dapat diterima oleh masyarakat.

Semoga artikel ini membantu pemahaman anda tentang Desa Swadaya sebagai salah satu keragaman dari jenis desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here