Catat Baik-baik, Inilah Target Presiden Jokowi 2018

0
733

Berdesa.com –  Bukan hanya pesta kembang api untuk merayakan 2018, Pemerintahan Presiden Joko Widodo juga sudah menyusun sederet agenda prioritas yang bakal digenjotnya begitu 2018 tiba. Selain perang terhadap penyakit korupsi yang masih ganas, pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan dan melawan ketimpangan pembangunan antardaerah adalah beberapa target yang dituju. Bagaimana mencapai itu, inilah 10 agenda utama Pemerintahan Jokowi 2018:

  1. Infrastruktur masih Prioritas Utama

Pemerintah terus menggenjot berbagai program infrastruktur yang telah, sedang dan akan berjalan pada 2018. Soalnya, infrastruktur adalah salahsatu modal utama meningkatkan berbagai aspek kualitas hidup warga negara, terutama masalah ekonomi.

  1. Pendidikan dan Kesehatan

Alokasi dana pendidikan dan kesehatan harus disusun berdasarkan ketepatan dan kegunaan. Harus pula disusun pembentukan dana abadi untuk pendidikan karena pendidikan adalah salahsatu faktor paling penting membangun bangsa yang maju.

  1. Belanja Barang

Pemerintah mencanangkan efisiensi anggaran sesuai prioritas nasional. Ini sangat penting karena sudah bukan rahasia lagi, selama ini APBN mengalami kebocoran besar karena permainan kepentingan elit kekuasaan baik pusat maupun daerah. Ini adalah salahsatu langkah memerangi korupsi. Nilai maksimum realisasi belanja K/L 2016.

  1. Subsidi Tepat Sasaran
Baca Juga  Kades Lulusan SD Tidak Masalah Jalankan Regulasi

Subsidi yang dikucurkan pemerintah harus tepat sasaran dan diberikan 40 persen kepada masyarakat lapisan ekonomi paling lemah.

  1. Pengentasan Kemiskinan

Mengawal Program Keluarga Harapan (PKH) hingga mencapai target 10 juta keluarga. Sampai detik ini kemiskinan masih menjadi masalah krusial di berbagai wilayah nusantara

  1. Belanja Pertanian

Pertanian harus digenjot. Untuk mengembangkan tanaman holtikultura, sarana irigasi dan subsidi pupuk tepat sasaran

  1. Dana Alokasi Umum

Besaran DAU harus berdasar program dinamis sesuai dengan jumlah pendapatan. Ini akan menciptakan sistem pengalokasian dana yang mampu mendorong percepatan daerah terutama wilayah pedesaan yang menjadi sasaran utama pembangunan saat ini.

  1. Dana Alokasi Khusus

Harus terjadi sinkronisasi program antardaerah dan antarsumber pendanaan untuk mengatasi kesenjangan pelayanan public. Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah salahsatu agenda utama dalam pemerintahan Presiden Jokowi

  1. Dana Desa

Dana Desa harus dimanfaatkan untuk mengurangi kemiskinan, memperbaiki infrastruktur dan menciptakan lapangan kerja di desa. Program ini mendapat dukungan penuh berbagai departemen dan kementerian.

  1. Kawal Nawacita

Sudah bukan jamannya lagi duduk dibalik meja. Para menteri harus turun ke lapangan untuk melakukan checking secara detail program kerja kementerian agar selesai pada 2018.

Baca Juga  Cegah Korupsi Dana Desa dengan Transparansi, Berani?
infografis 10 fokus utama APBN 2018

Perang terhadap korupsi adalah agenda terbesar dalam pemerintahan Jokowi. Presiden meminta APBN benar-benar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan mendorong kemajuan di segala bidang dan jangan sampai menjadi ‘bancakan’ para elit pemerintahan seperti yang sudah banyak terjadi selama ini. Jadi, tunggu apa lagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here