Cara UKM Memasarkan Sepatu Rajut Unik

sepatu rajut unik

BERDESA.COM – Dulu sepatu rajut hanya digunakan di dalam rumah, itupun tak boleh terkena air, benangnya yang kelewat lembut bakal rontok dan rusak jika basah. Kini, sepatu rajut unik itu tak ubahnya sepatu umumnya, bisa dikenakan orang dewasa, kuat tetapi masih memancarkan keunikan karena terkesan lembut dan warna-warna yang asyik. Itulah yang membuat kaum perempuan kepincut dengan sepatu jenis ini.

Seorang perajut sepatu Mariatul, warga Imogiri, Bantul mengungkapkan, warnanya yang lucu dan bentuknya yang imut membuat sepatu rajut yang dia buat banjir pesanan. “ Sebagian besar orang dewasa, biasanya ibu-ibu muda,” ujarnya. Keunikan lainnya, kata Sri, panggilan akrabnya, sepatu rajut tidak ada di toko-toko melainkan harus melalui tahap memesan model tertentu baru beberapa hari kemudian sepatu tiba ditangan.

Karena sifatnya yang harus melakukan order dulu maka sepatu jenis ini lebih banyak dijual secara online. “ Kami menjual melalui Facebook dan media sosial lainnya,” jelas Sri. Alhasil, Sri kini sudah memiliki workshop pembuatan sepatu rajut miliknya sendiri dan mengusung nama Sepatu Rajut Indonesia. Karena makin kewalahan dengan pesanan, Sri kemudian merekrut beberapa tetangganya, mengajari mereka merajut dan membantunya memenuhi pesanan.

Sri terus melaju, kini dia menjual sepatu rajut unik buatan rumah produksinya di www.usahadesa.com. Di E commerce khusus produk desa dan UKM itu Sri menggelar beragam disain sepatu rajut dengan warna-warna menarik. Tapi apakah sepatu rajut tidak gampang rusak ketika dipakai?

Berbeda dengan benang rajut dari wol yang lembut, sepatu rajut dibalut rajutan dengan benang berbahan nilon dan teknik rajut yang kuat. Sepatu rajut sejatinya bukan murni rajutan melainkan berbahan dasar sepatu lalu dilapisi rajut di sekujur permukaannya dengan teknik rajut unik dan kombinasi warna serta aksesori. Hasilnya, sepatu yang kuat sekaligus modis.

Harga sepatu rajut bervariasi mulai dari Rp. 120 ribu per pasang. “ Harga sepatu rajut jauh lebih murah dibanding sepatu-sepatu perempuan yang ada di toko. Dengan harga yang murah calon pembeli bisa memilih warna, model, ukuran dan disain yang disukainya. Tinggal pesan saja melalui www.usahadesa.com,” kata Sri.(aryadji)

Foto: Berdesa.doc

Baca juga: Sepatu Rajut Unik, Cantik dan Tak Perlu Mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*