Cara Promosi Online Praktis dan Terpadu Bagi UMKM

Cara Promosi Online Praktis dan Terpadu Bagi UMKM

BERDESA.COM – Siapa yang menolak asyiknya memelototi Facebook atau sosial media seharian? Itulah yang membuat 80-an juta orang Indonesia memiliki sosial media, termasuk UMKM. Tapi tahukah Anda, sebagian orang malah merasa rugi kalau waktunya habis untuk melayari sosial media. Mereka adalah sebagian rombongan ibu pegiat UMKM.

Situasi ini terungkap dalam diskusi antarUMKM yang digelar www.usahadesa.com di Kantor Usahadesa di Jl. Samirono 7, Yogyakarta, pertengahan Mei lalu. Seperti diungkapkan Yogayanti pengusaha produsen ketela siap olah bermerek Mahioka. Yanti menyatakan, hingga saat ini dirinya belum sepenuhnya aktif jual beli online karena kawatir transaksi online akan membuatnya kehilangan banyak  waktu yang bisa dia gunakan untuk menjual produk ketelanya. “ Soale seringkali orang yang nanya-nanya produk kita belum tentu beli sehingga malah menghabiskan waktu,” katanya dalam akses Jawa dalam diskusi yang dihadiri 50-an pegiat UMKM ini.

Meski Yanti juga menggunakan Sosial media untuk menjual produk usaha rumahannya tapi porsi marketing sosial media masih menjadi masalah baginya. “ Saya sangat ingin memanfaatkan jalur online untuk menjual produk tapi yang tidak menyita waktu,” katanya. Hal yang sama diungkapkan Junjun, pembuat pernak-pernik aksesori handmade, asal Yogyakarta. “ Saya butuh banyak waktu untuk menyelesaikan banyak pesanan secara handmade, jadi kalau kelamaan main Sosmed, malah produksi saya terganggu,” ujar Junjun. Beberapa pegiat UMKM lain juga mengamini situasi yang dialami Junjun dan Yanti. Bahkan meski mereka mulai tahu berjualan melalui toko online adalah peluang yang sesungguhnya sangat prospektif buat mereka.

Tetapi akhirnya mereka mendapat solusinya. Managing Director Usahadesa.com Mohammad Najib menyatakan, sesungguhnya promosi melalui Smedia sosial tidak perlu menghabiskan waktu para pelaku UMKM. “ Yang terpenting rutin dan konsisten memposting. Jadi nggak usah setiap waktu. Sebenarnya kita juga bisa mengatur waktu promosi melalui media sosial. Kita bisa memasang postingan dengan mengatur kapan postingan itu bakal muncul di media sosial kita, misalnya kita bikin seminggu dua kali muncul,” katanya.

Najib juga menyatakan, berjualan melalui Medsos monggo-monggo saja, tapi sesungguhnya ada banyak kelemahan di sana, utamanya mengenai keamanan transaksi. “Kami sarankan transaksinya dilakukan di E-commerce yang sudah teruji,” ujarnya. Jadi, promosi bisa dibangun melalui media sosial tetapi ketika mau bertransaksi, lakukan di E-dagang. Mengarahkan agar calon pembeli melongok produk ke E-commerce juga membuat kita tidak perlu kehabisan waktu untuk media sosial. Cara ini juga jauh lebih aman dan praktis.

Tidak hanya aman saja, melalui toko online maka urusan pengiriman dan sebagainya bakal jauh lebih mudah karena di sana sudah tersedia berbagai pilihan yang bisa dipakai si pembeli, dari cara yang paling murah, pingin lebih cepat dan bisa memilih berbagai perusahaan ekspedisi. Melalui cara ini penjual juga bisa melakukan checking terhadap perjalanan barang menuju pembeli,” katanya.

Salahsatu E Commerce yang memberi kemudahan itu adalah Usahadesa.com. Selain tempatnya jualan produk desa dan UMKM, E-commerce ini juga membantu para vendor-nya mempromosikan produk melalui sistem promosi terpadu yang dikembangkan perusahaan IT ini. Sistem itu akan membuat produk-produk yang dijual di website ini bakal tersebar melalui berbagai media sosial secara kontinu dan sesuai segmennya. Ini akan membantu vendor membidik sasaran pasarnya. “ Kami menciptakan sistem pemasaran ini agar para pelaku UMKM tidak perlu menghabiskan waktu memelototi smartphone untuk melihat media sosial dan akunnya di Usahadesa.com. Kami membantu melakukannya sehingga UMKM bisa fokus pada produksi,” kata Mohammad najib.

E-Commerce yang fokus pada produk-produk pedesaan dan UMKM ini juga menjamin keamanan transaksi bagi para penggunanya. Sistem pada portal jual beli Usahadesa.com sudah lengkap sebagaimana E-commerce lain yang saat ini dipercaya konsumen.” Sistem Usahadesa.com sudah sangat mendukung bagi berlangsungnya transakasi secara aman dan nyaman dan penjual tidak perlu mengeluarkan duit untuk menjadi penjual di sini alias gratis,” kata Najib. Jadi, tak perlu kawatir, bakal masih ada waktu produktif jika bergabung ke Usahadesa.com ini.(dji-1)

Foto: www.bisnis liputan6.com

1 Komentar

  1. izin bookmark gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*