Cara Meningkatkan Perekonomian Pedesaan Agar Semakin Maju

0
721
Cara Meningkatkan Perekonomian Pedesaan Agar Semakin Maju

Solusi untuk mengurangi keinginan masyarakat desa untuk bekerja ke luar negeri adalah dengan meningkatkan ekonomi pedesaan. Dengan dukungan pemerintah, program peningkatan ekonomi desa sangat diperlukan. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara meningkatkan perekonomian pedesaan agar desa semakin maju.

  1. Mengembangkan Produk Usaha Masyarakat

Desa memiliki sumber daya alam serta sumber daya masyarakat yang masih asri dan belum dikelola sama sekali. Untuk itu, masyarakat di desa bisa mengembangkan produk usaha masyarakat agar perekonomian pedesaan bisa meningkat. Cara meningkatkan perekonomian pedesaan ini bisa dilakukan dengan berfokus terhadap satu komoditi lokal.

Di samping fokus pada komoditi lokal, masyarakat yang terampil dalam kerajinan bisa membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat desa. Dengan hal ini, rasanya tidak mungkin jika perekonomian desa akan turun. Justru hal ini malah akan meningkatkan perekonomian pedesaan serta membuat desa menjadi dikenal masyarakat luas.

  1. Mengembangkan Sektor Pertanian

Tanah yang subur menjadi modal yang utama untuk melakukan industri pertanian yang lebih modern. Apabila sebelumnya petani menggemburkan tanah dengan menggunakan cangkul, maka pemerintah bisa mengupayakan petani dengan menggunakan traktor. Tidak hanya itu, benih beserta  pupuk juga harus diupayakan oleh pemerintah dan mampu dikelola dengan benar.

Baca Juga  Teknik Pengelolaan Keuangan Desa

Benih yang unggul dapat memberikan panen beberapa kali dalam setahun, apalagi ditambah pupuk yang bagus dan murah dapat menyejahterakan petani. Tidak hanya pemerintah saja yang harus ikut andil dalam mengembangkan pertanian, akan tetapi juga masyarakat juga harus aktif. Tujuannya agar potensi dari sektor pertanian menjadi terangkat dan ekonomi desa meningkat.

  1. Mengelola Desa Wisata

Desa menjadi tempat yang sejuk untuk melepaskan penat karena alam dan suasana di desa masih sangat sejuk. Di beberapa desa di Indonesia saat ini mulai mengembangkan desa wisata karena ini menjadi potensi untuk meningkatkan ekonomi pedesaan. Di samping itu, warga desa yang belum mendapat pekerjaan bisa mendapatkan lapangan pekerjaan baru.

Dalam mengelola desa wisata, rumah-rumah penduduk desa harus siap untuk dijadikan homestay atau tempat untuk menginap. Sebuah desa wisata ini juga harus ditambah dengan toko yang menjual potensi masyarakat di sekitar desa seperti toko oleh-oleh atau toko kerajinan. Tujuannya tentu saja meningkatkan perekonomian pedesaan agar desa tersebut tidak tertinggal.

  1. Mengembangkan Sektor Perikanan
Baca Juga  Uraian Tugas Pendamping Desa

Cara mengembangkan perekonomian pedesaan berikutnya adalah mengembangkan sektor perikanan. Sungai dan lautan menjadi modal dasar untuk mengembangkan potensi desa yang sangat berlimpah dan tidak habis. Maka dari itu tidak ada alasan sedikitpun bahwa Indonesia miskin. Apabila kita memiliki kemauan, apa saja bisa dijadikan untuk mencari uang.

Sektor perikanan bisa ditingkatkan dengan modernisasi pada bidang eksplorasi laut. Hal ini sangat diperlukan dalam mengembangkan sektor pertanian. Di samping itu, industri garam serta rumput laut adalah potensi yang banyak terabaikan padahal memiliki potensi yang menaikkan ekonomi desa. Garam dan rumput laut bisa dijual di dalam maupun ke luar negeri.

  1. Mengembangkan Sarana Olahraga

Di dalam tubuh yang sehat tentunya terdapat jiwa yang kuat. Menurut istilah ini, seseorang harus berolahraga agar badan tetap sehat dan bugar. Tidak hanya warga kota saja, warga desa juga harus berolahraga. Untuk berolahraga juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara yang mudah sampai cara yang susah bisa dilakukan.

Baca Juga  Daya Beli Masyarakat Lemah, Ini Penjelasan dari Nielsen Indonesia

Lahan desa yang terbengkalai bisa dikembangkan menjadi sarana olahraga multifungsi yang dapat digunakan oleh seluruh warga desa. Jika masyarakat desa sudah aktif berolahraga, maka pemerintah desa bisa menggelar pertandingan antar desa tiap cabang olahraga. Hal ini tentunya akan meningkatkan persatuan dan sportivitas masyarakat desa dan kemungkinan ekonomi desa juga naik.

  1. Mengelola Sektor Pemasaran

Pemasaran menjadi hal yang bisa menunjang hidupnya ekonomi pedesaan. Akses transportasi antar desa juga harus didukung oleh pemerintah dan pemerintah bisa membangun pasar rakyat sebagai tempat perputaran uang dan barang. Kegiatan ini menjadi hal yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat desa agar perekonomian pedesaan jadi meningkat.

Desa memiliki sumber daya alam dan manusia yang masih belum dimanfaatkan. Pemerintah harus ikut andil dalam mengembangkan ekonomi desa sehingga masyarakat desa tidak tertinggal. Mengingat zaman sudah semakin maju, warga desa harus berinovasi dengan mencoba menerapkan cara meningkatkan perekonomian pedesaan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here