Cara Mengusir Kemiskinan di Desa: Prukades!

Cara Mengusir Kemiskinan di Desa: Prukades!

Berdesa.com – Inilah salahsatu cara yang diyakini mujarab memerangi kemiskinan di Indonesia adalah: Prukades. Prukades adalah singkatan dari Produk Unggulan Kawasan Pedesaan yakni langkah memajukan desa dengan menciptakan produk unggulan desa. Memiliki produk unggulan akan memudahkan desa membangun akses pasar dan berbagai hambatan yang selama ini dihadapi warga desa dalam membangun percepatan ekonomi.

Prukades adalah program pertama dari empat prioritas yang dicanangkan Kementerian Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) dalam Program Dana Desa. Jika sebuah desa telah menemukan produk unggulan untuk dikembangkan maka lebih mudah bagi desa membangun akses pasar dan bakal bisa dikembangkan dalam skala yang besar sehingga lebih menguntungkan.

Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo menjelaskan, kemiskinan yang masih dialami banyak desa di Indonesia terjadi karena masyarakat desa tidak memiliki kesempatan untuk memiliki usaha. Ada berbagai persoalan kenapa itu terjadi, beberapa diantaranya adalah masalah permodalan dan akses pasar yang lemah.

Menteri Desa menjelaskan, kemiskinan bakal bisa diatasi jika desa sudah menemukan produk unggulannya. Hal ini sudah terbukti di Kabupaten Pandeglang. Pandeglang adalah kabupaten dengan 174 desa tertinggal dari total 326 desa yang ada di kabupaten ini. Setelah mengembangkan Prukades pada desa-desa tertinggal, kabupaten ini memangkas dengan cepat jumlah desa tertinggalnya.”Hanya dalam satu tahun saja jumlah desa tertinggal di Pandeglang menyusut tinggal 54 desa,” kata Eko disela rapat dengan sejumlah perwakilan pemerintah kabupaten yang terdapat di wilayah Jawa Barat bagian selatan, awal November lalu. Kabupaten Pandeglang  menargetkan, dengan Prukades, setengah tahun ke depan kabupaten ini sudah tidak memiliki desa tertinggal lagi.

Dicontohkan Eko, mumpung sekarang memasuki musim hujan maka warga desa harus menentukan komodit apa yang bakal ditanam pada masa tanam ini. Jika produk bersama ini telah menjadi kesepakatan warga maka warga lantas bakal menanam komoditas yang sama sehingga ketika panen tiba, desa itu memiliki jumlah komoditas pertanian dalam jumlah yang besar sehingga memudahkan warga mendapatkan pasar karena memiliki komoditas dalam skala yang besar.

Untuk program dana desa 2017 ini Menteri Desa mencanangkan empat program prioritas dana desa yakni penentuan produk unggulan desa, membangun BUMDes, membangun embung sebagai sarana pertanian penyedia air bagi persawahan dan pembangunan sarana olahraga. Program Kementerian Desa ini telah didukung 19 Kementerian dan lembaga seperti Kementerian pertanian yang telah memiliki komitmen untuk memberikan bibit, pupuk dan traktor secara gratis. Dari Kementerian PU akan membantu akses penunjangnya seperti jembatan dan jalan. “ Sedangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membantu memberikan bibit ikan secara gratis pada setiap embung yang dibangun di desa,” tambahnya. Dengan cara ini Menteri Desa yakin kemiskinan di desa-desa di berbagai belahan nusantara bakal bisa dilawan. (aryadji/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*